Selain Susah Buang Air Besar, Ini 4 Tanda Lain Jika Tubuh Kurang Serat

quota.ID – Selama ini jika tubuh kita kurang serat, maka salah satu indikator yang paling sering terlihat adalah akan mengalami kesusahan BAB (buang air besar).

Umumnya, kebutuhan akan serat dalam tubuh akan terpenuhi jika mencapai 38 gram untuk pria dewasa dan 30-32 gram untuk wanita dewasa.

Serat sendiri adalah jenis mineral yang tidak mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia. Secara umum, serat hampir sama seperti zat karbohidrat yang mampu memberikan energi kepada tubuh, namun bedanya serat lebih rendah kalori.

Meskipun sulit untuk dicerna dalam tubuh, namun serat diketahui bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apakah tubuh kita sudah cukup serat atau belum dengan melihat tanda-tanda yang muncul.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh dipanaskan Kembali

Selain susah BAB, ternyata ada tanda lain yang harus kita ketahui jika tubuh kita mengalami kekurangan serat. Melansir dari laman kesehatan Care2, berikut ini adalah sejumlah tanda ketika tubuh kita kurang serat yang harus di waspadai.

4 Tanda Lain Jika Tubuh Kurang Serat

1. Meningkatnya kolesterol dalam tubuh

Meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh tak melulu di sebabkan oleh faktor makanan berlemak yang kita konsumsi.

Mengkonsum makanan yang kurang serat pun akan menimbulkan tanda yang sama. Apabila tubuh mengalami kekurangan hal tersebut bisa meningkatkan angka kolesterol jahat dalam tubuh.

Pasalnya, kandungan serat yang ada dalam makanan diketahui mampu menyerap zat berbahaya yang dapat menambah kolesterol jahat.

Dalam sebuah penelitian kesehatan dijelaskan, adanya kaitan yang erat antara tingginya serat yang di konsumsi dengan menurunnya kadar kolesterol total dan LDL hingga 60-70 persen.

Baca Juga :  Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Batu Ginjal

2. Terjadi kenaikan berat badan

Apabila anda mengeluhkan berat badan anda cenderung naik akhir-akhir ini, awas, bisa jadi itu karena tubuh anda sedang kekurangan serat.

Mengkonsumsi makanan dengan tingi bisa membuat perut anda merasa kenyang lebih lama. Sementara jenis makanan yang rendah serat sendiri biasanya tidak membuat perut cepat kenyang.

Hal itu berimbas pada kebiasaan seseorang yang cenderung makan berlebih dan membuat berat badan meningkat.

3. Perut merasa cepat lapar

Tingginya kandungan serat dalam makanan yang kita konsumsi, akan membuat perut kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dengan takaran yang pas, akan membuat perut kita kenyang dan tak mudah lapar.

Akan tetapi, jika kita sudah makan dan tak lama kemudian merasa lapar lagi, bisa jadi makanan yang kita konsumsi tak cukup mengandung banyak serat.

Baca Juga :  Ingin Tidur Lebih Nyenyak, Coba Konsumsi Makanan & Minuman Ini

4. Sakit perut dan sudah buang air besar

Tanda yang terakhir ini merukan yang umum yang sering kita alami jika tubuh kekurangan serat. Ketika tubuh mengalami kekurangan serat, hal tersebut membuat sistem pencernaan tubuh bergerak dengan lambat.

Imbasnya, kondisi kesehatan seperti sembelit kronis bisa terjadi pada tubuh apabila kekurangan serat khususnya serat larut yang mampu mendorong pergerakan usus.

Karena itu, pastikan anda melengkapi menu makanan anda sehari-hari dengan jenis makanan yang kaya akan serat. Anda bisa bisa memperolehnya dari mengkonsumsi beberapajenis  sayur, buah, gandum, dan biji-bijian.

Selain melancarkan saluran pencernaan, kandungan serat dalam tubuh juga bisa menurunkan penyerapan gula dalam darah sehingga menyeimbangkan kadar gula dan mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Topic:

Just For You