Terungkap, Ini Alasan Mengapa iPhone Tidak Dilengkapi Memori Eksternal

quota.ID – Bagi pengguna perangkat iPhone, pasti sudah tahu jika smartphone besutan Apple ini hadir tanpa di lengkapi dengan memori eksternal, sejak dari seri pertama perangkat ini hadir.

Namun, tahukah anda apa alasan pihak Apple meniadakan slot memori eksternal ini ?. Tak banyak yang paham apa tujuan dari perusahaan melakukan ini.

Meski sebenarnya, kehadiran slot memori eksternal sendiri dinilai sangat bermanfaat bagi banyak orang karena mampu memberikan ruang penyimpanan tambahan pada HP, namun nampaknya pihak Apple sendiri enggan mengadopsi fitur ini.

Lantas, apa sebenarnya yang menjadi alasan Apple tidak mau menyediakan slot memori eksternal di perangkat iOS mereka? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Alasan Mengapa iPhone Tidak Memiliki Slot Memori Eksternal

Buat kalian yang kepo dan penasaran apa sebenarnya maksud dibalik tidak disediakannya slot microSD di perangkat iPhone ini, berikut beberapa alasan yang paling masuk akal.

Baca Juga :  Jangan Asal Beli, Begini Cara Membedakan iPhone Asli Atau Palsu

1. Mengutamakan Desain

Sudah jadi rahasia umum, jika saat ini perusahaan smartphone berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan desain setipis dan seringan mungkin.

Nah, untuk memenuhi tuntutan tersebut harus ada yang dikorbankan guna mendapat desain yang tipis dan ideal. Untuk iPhone sendiri, salah satu yang jadi tumbal adalah hilangnya slot memori eksternal pada perangkat tersebut.

Bahkan tak hanya slot microSD saja yang dihilangkan, pihak Apple juga menghilangkan jack audio 3.5mm guna mendapatkan desain smartphone yang setipis mungkin.

2. Praktis dan Ekonomis

Dengan hilangnya fitur penyimpanan memori eksternal ini, pengguna lebih di mudahkan dalam pengoperasian perangkat. Selain itu, pengguna juga tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli MicroSD.

Biasanya, ketika suatu perangkat smartphone dilengkapi dengan slot penyimpanan eksternal hal itu dianggap menyulitkan penggunanya karena harus membeli memori tambahan dan melepas-pasang saat dibutuhkan.

Baca Juga :  Tahun 2020 Semua Ponsel Wajib Pakai Android 10, Ini Alasannya

Bahkan, jika tidak hati-hati dalam mengoperasikannya, slot memori eksternal ini bisa beresiko membuat data yang tersimpan di memori eksternal menjadi hilang.

Karenanya, pengguna harus lebih dahulu masuk menu pengaturan untuk bisa melepas kartu memori secara aman agar data tidak mengalami corrupt dan beresiko rusak atau hilang.

3. Beralih Ke Penyimpanan Awan/iCloud

Sebagai ganti hilangknya slot microSD di perangkat iPhone ini, pihak Apple menawarkan alternatif penyimpanan lain yakni penyimpanan berbasis cloud atau awan.

Cloud Storage atau penyimpanan awan milik Apple yang bernama iCLoud merupakan solusi jika pengguna ingin mendapatkan penyimpanan lebih.

iCLoud ini mirip dengan layanan Google Drive ataupun Dropbox di mana pengguna dapat menyimpan data pribadi mereka dan mengaksesnya kapan pun dan di mana pun.

Selain lebih praktis, metode penyimpanan ini juga dinilai lebih aman karena pengguna tidak perlu khawatir tentang kerusakan data layaknya penggunaan microSD.

Baca Juga :  Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harga Smartphone Gaming Black Shark 2

4. Memori Ekstenal Bikin Lemot

Dari sejumlah kasus, memang ditemui jika penggunaan penyimpanan eksternal akan membuat perangkat menjadi lemot.

Apalagi jika pengguna mengaplikasi microSD abal-abal, hal itu justru dapat menyebabkan device failure karena kualitas memori eksternal yang digunakan kurang bagus.

5. Apple Ingin Untung Lebih

Dilihat dari kacamata bisnis, hilangnya slot memeori eksternal dari perangkat iPhone merupakan strategi bisnis yang cukup menggiurkan.

Bagaimana bisa demikian ? ini analisanya. Misalnya, produk terbaru Apple yaitu iPhone 11 dengan kapasitas penyimpanan 64GB dibanderol seharga $699 (sekitar Rp9.8 juta), sementara untuk penyimpanan 128GB dibanderol seharga $749 (sekitar Rp10.5 juta).

Hal itu berarti, jika pengguna ingin memiliki produk iPhone dengan memori internal yang besar maka mereka harus rela mengeluarkan uang lebih. Hal ini jelas membuat Apple lebih untung.

Bagaimana? sekarang sudah paham kan mengapa iPhone kamu tidak dilengkapi dengan slot penyimpanan Eksternal.

Topic:

Just For You