Atasi Knalpot Motor Bocor disaat Darurat, Coba Pakai Cara Ini

  • Whatsapp
Atasi Knalpot Motor Bocor disaat Darurat, Coba Pakai Cara Ini

quota.ID – Knalpot motor kesayangan kalian bocor saat dalam perjalanan? tenang, untuk atasi knalpot motor bocor tersebut bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya bisa menggunakan bungkus rokok. Kok bisa?

Seperti yang kita ketahui dan alami bersama, salah satu permasalahan bikers yang kerap terjadi adalah masalah knalpot bocor secara tiba-tiba saat di perjalanan.

Bacaan Lainnya

Masalah knalpot yang bocor tentu akan berimbas pada kinerja mesin yang jadi tidak optimal, sehingga tenaga motor jadi loyo dan menjadi pemicu munculnya suara knalpot menembak.

Umumnya, terjadinya kebocoran ini terjadi pada bagian kepala leher knalpot yang menempel ke head silinder.

Hal ini terjadi dikarenakan paking knalpot yang mulai aus, muncul renggang dan ketika sedang digunakan dalam perjalann jaraj jauh bisanya akan semakin parah dan pastinya akan membuat gas buang jadi bocor dan bikin tenaga motor jadi ngedrop.

Untuk mengatasi disaat genting sepeti ini, coba lakukan tips berikut ini.

Baca Juga :  4 Tips Perawatan Untuk Motor Kopling Agar Tetap Awet

Atasi Knalpot Motor Bocor Disaat Darurat

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam kondisi darurat ketika mengalami knalpot bocor, yakni:

  • Gunakan Lem Sealer

Jika dalam kondisi mendesak dan anda tidak menemukan toko yang menjual paking knalpot yang sesuai, maka bisa menggunakan lem sealer bisa menjadi alternatif buat mengatasi knalpot bocor ini untuk sementara waktu.

Tapi harus diperhatikan, bukan sembarangan lem sealer yang bisa digunakan, cari tipe lem sealer yang punya spek yang tahan terhadap panas dengan suhu tinggi.

Cara pakainya cukup dioleskan ke semua permukaan paking baik itu bagian atas maupun bawah hingga merata.

Lalu oleskan di pinggir lubang pipa buang sebelum ujung knalpot dipasang untuk dikencangkan bautnya.

  • Gunakan Bungkus Rokok

Ini merupakan alternatif yang harus dilakukan jika memang dalam kondisi yang cukup darurat dan Anda tidak menemukan bengkel karena berada di jauh dari perkampungan yang ada penduduknya.

Anda bisa menggunakan bungkus rokok, terutama bagian aluminium foil yang biasa terdapat di dalam bungkusan rokok.

Baca Juga :  Tips Agar Ban Motor Awet dan Tidak Cepat Botak

Cara menggunakanya juga cukup mudah, setelah anda menunggu mesin dan knalpot menjadi dingin maka buka knalpot tersebut lalu tinggal lilitkan di bagian ujung kepala knalpot secara melingkar .

Ini akan secara efektif sementara waktu untuk atasi knalpot motor bocor saat dalam perjalanan.

Namun, jika anda sudah menemukan bengkel yang maka ada baiknya untuk segera dilakukan perbaikan secara benar dan lakukan pergantian paking knalpot yang sesuai.

Demikian tips atasi knalpot motor bocor disaat genting dan darurat dengan menggunakan beberapa metode yang sudah kami jelaskan diatas.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *