Benahkah Ban Tubeless Bisa Lebih Awet Jika diisi Nitrogen ?

– dengan mengisi Nitrogen ke ban jenis tubelss di percaya dapat membuat ban jadi lebih tahan lama. benarkah demikan ? Cek faktanya disini –

quota.ID – Hampi semua kendaraan keluaran terbaru sudah mengadopsi penggunaan ban tubeless. Ada banyak kelebihan ban jenis ini di banding dengan ban yang masih menggunakan ban dalam.

Salah satunya, adalah soal durability  atau daya tahan. Ban tubeless diklaim lebih awet dan tahan lama di banding dengan ban konvensional pada umumnya.

Ban tubeless ini memiliki sistem yang cukup baik, sehingga pemilik motor tak perlu khawatir jika tekanan angin ban akan berkurang, karena ban jenis ini didesain untuk mencegah berkurangnya tekanan angin pada ban.

Baca Juga :  Yuk Cari Tahu Perbedaan Oli Mobil Sintetis dan Non Sintetis

Selain itu, pemilik kendaraan juga tak perlu di repotkan dengan rutin mengisi tekanan angin ban. Karena tekanan yang sama pada ban tubeless bisa bertahan hingga 3 bulan tanpa perawatan khusus.

Kendati demikian ada beberapa hal yang juga patut di perhatikaan mengenai perawatan ban tubeless ini agar bisa makin awet. Salah satunya adalah dengan mengisi nitrogen ke ban jenis tubeless ini di percaya dapat membuat ban jadi lebih tahan lama. benarkah demikan ?

Isi Nitrogen Bikin Ban Tubeless Lebih Awet

Melansir dari laman Federal Oil, pernyataan tersebut memang benar adanya. Bahwa  ban tubeless bisa lebih awet jika di isi dengan Nitrogen.

Hal ini dikarenakan, nitrogen mampu mengurangi panas saat ban digunakan dalam waktu yang lama dan kecepatan tinggi di jalanan aspal yang panas.

Baca Juga :  Begini Cara Memanaskan Mobil Matic yang Sesuai Anjuran

Selain itu, dengan melakukan pengisian nitrogen pada ban tubeless juga dinilai berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada ban tubeless.

Dibandingkan dengan pengisian angin biasa, nitrogen bisa lebih bertahan lama sehingga sangat optimal menjaga tekanan ban meski digunakan setiap harinya.

Perhatikan juga tekanan angin ban yang dibutuhkan oleh tiap-tiap kendaraan. Usahakan untuk mengisi nitrogen sesuai dengan pentujuk atau arahan yang sudah disarankan oleh pabrikan kendaraan anda.

Selain mengisi dengan Nitrogen, untuk menjaga agar ban tubeless tetap awe adalah dengan selalu memeriksa seal  pada bagian pinggir ban.

Ban tubeless umumnya memiliki sebuah pelindung atau seal,  yang berguna untuk mencegah angin dan udara keluar. Seal  inilah yang mampu membuat ban terisi angin tanpa adanya ban dalam.

Baca Juga :  Tips Hilangkan Bau Bensin di Kabin Mobil dengan Bahan Alami

Ketika ban jenis ini bocor karena misalnya tertancap paku atau sejenisnya, usahakan untuk menambalnya ke bengkel tambal ban yang memiliki peralatan tambal ban tubeless.

Untuk menambal dan memperbaiki kebocoran ban tubeless, cara dan peralatan khusus yang digunakan juga sangat sederhana, yakni menusukkan karet tambal ke tempat yang mengeluarkan angin.

Hal ini berguna untuk tetap melindungi seal yang berada diantara pelek dan ban tetap terjaga sehingga ban tubeless pun menjadi lebih awet dan tahan lama.

Topic:

Just For You