Begini Cara Memanaskan Mobil Matic yang Sesuai Anjuran

quota.ID – Sudah menjadi kebiasaan pemilik kendaraan roda empat untuk memanaskan mobil mereka setiap pagi sebelum di gunakan untuk bepergian.

Entah itu mobil tipe matic maupun mobil manual, memanaskan mesin mobil dipagi hari berguna untuk melancarkan sirkulasi oli mesin sehingga bisa melumasi ruang mesin secara sempurna sebelum dikendarai.

Khusus untuk pemilik mobil matic, terdapat cara tersendiri untuk memanaskan mesin kendaraan mereka. Pada saat memanaskan mobil matic, sangat disarankan untuk tetap mempertahankan tuas transmisi pada posisi P (Parking).

Editors’ picks

Baca Juga :  Benahkah Ban Tubeless Bisa Lebih Awet Jika diisi Nitrogen ?

Hal itu bertujuan demi keamanan, dimana pada posisi ini mobil tidak akan bergerak atau bergesar. Hal itu diungkapkan oleh Achmad Mu’min yang merupakan seorang Technical Leader Auto2000 Tebet Soepomo.

“Untuk keamanan, lebih baik di posisi P,” jelas Mu’min mewanti-wanti, seperti dikutip dari laman detik oto.

Apa yang dianjurkan oleh Mu’min ini berbanding terbalik dengan mitos mengenai memanaskan mobil matic yang selama ini di percayai oleh pemilik kendaran tipe matic.

Dimana selama ini, banyak yang menganggap kalau memanaskan mesin mobil matic di posisi tuas P itu tidak dianjurkan, karena dugaannya sistem pelumasan belum bekerja, sehingga dalam jangka panjang akan membuat transmisi tidak awet.

Baca Juga :  Tips Agar Ban Motor Awet dan Tidak Cepat Botak

Namun, menurut Mu’min itu merupakan kesalahan besar yang sudah terlanjur di yakini. “Jadi itu salah besar ya. Untuk pelumasan oli matic, mau posisi apa pun (tuasnya), pelumasan akan sesuai kebutuhan dan nggak ada yang menyebabkan AT (Automatic Transmission) cepat rusak,” jelas Mu’min.

Labih lanjut, Mu’min menjelaskan jika menempatkan tuas pada posisi P ketika memanaskan mobil matic hal itu bertujuan demi keamanan selama proses memanaskan mesin mobil.

Sebab, menurut Mu’min dengan posisi tuas dalam keadaan P akan membuat mobil tidak akan gampang bergeser.

Pasalnya, ketika posisi tuas digeser ke posisi N saat memanaskan mobil dengan tipe otomatic ini, di khawatirkan mobil bisa maju atau mundur seketika saat dipanaskan. Hal itu dikarenakan tidak adanya cengkeraman mesin ke transmisi.

Baca Juga :  Boeing dan Porsche Kerja Sama Kembangkan Mobil Terbang

Apalagi jika tuas hand brake tidak ditarik, kecerobohan ini bisa berakibat fatal karena mobil matic bisa saja meluncur tak terkendali.

Jadi, sekali lagi pastikan posisi tuas dalam posisi P ketika sedang memanaskan mobil matic kesayangan anda.

Topic:

Just For You