Rincian Biaya Perbaikan Jika Mobil Terendam Banjir

  • Whatsapp
Rincian Biaya Perbaikan Jika Mobil Terendam Banjir

quota.ID – Bencana banjir yang melanda disejumlah wilayah di tanah air beberapa waktu lalu menyisakan keprihatinan tersendiri bagi banyak orang. Tak hanya merendam sejumlah rumah warga, banjir juga merengut korban jiwa dan harta benda.

Meski kini banjir sudah mulai berangsur surut, namun hal ini masih menyisakan persoalan lain. Perbaikan rumah tinggal dan barang-barang yang terendam banjir membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Bacaan Lainnya

Terutama mereka yang memiliki kendaraan, baik itu roda empat maupun kendaran bermotor yang ikut terendam pada saat banjir melanda. Dipastikan biaya perbaikan yang harus di keluarkan untuk memperbaiki kendaraan ini cukup menguras isi dompet.

Jika anda merupakan salah satu korban dan sedang bingung merinci berapa biaya perbaikan untuk mobil atau kendaraan anda yang terendam banjir, mungkin ulasan berikut ini bisa sedikit mencerahkan anda.

Rincian Biaya Perbaikan Jika Mobil Terendam Banjir

Menurut penjelasan dari Rocky Yonathan, KA Bengkel Auto2000 yang berlokasi Kebayoran Lama, sebenarnya untuk mobil yang terendam banjir, jika ditangani dengan baik, tidak banyak komponen yang harus diganti.

Baca Juga :  Hanya dibuat 40 Unit, Hypercar Besutan Pagani dibanderol Rp 49 M

“Kalau kita di Auto2000, ada paket servis untuk mobil yang terendam banjir. Pertama, tingkatan light, yaitu kendaraan terendam air sampai menyentuh karpet dasar, kedua medium terendam sampai menyentuh sandaran jok, dan ketiga heavy yang terendam sampai plafon,” jelas Rocky.

Lantas berapa kira-kira biaya perbaikannya? lebih lanjut Rocky menjelaskan, jika estimeasi biaya untuk memperbaiki mobil yang terendam banjir didasarkan pada tingkatan-tingkatan yang sudah di sebutkan diatas.

  • Jika Mobil Terendam Hanya Sampai Karpet Dasar

Misal untuk untuk kategori light (terendam hanya sampai karpet dasar), dengan mobil low cost green car (LCGC) seperti Agya dan Calya biaya jasanya Rp3 juta, ekonomi seperti Avanza Rp3,7 juta, standar seperti Sienta, Yaris, dan Vios Rp4,5 juta, medium dengan mobil seperti Innova dan Altis Rp6,5 juta, hingga CBU Rp8,5 juta.

  • Jika Mobil Terendam Sampai Sandaran jok

Apabila mobil terendam hingga menyentuh sandaran jok, maka perbaikannya akan meliputi pelepasan jok untuk dibersihkan dan dikeringkan, pemeriksaan motor power window, AC, audio, bahan bakar, dan peerbaikan komponen lainnya.

Baca Juga :  Boeing dan Porsche Kerja Sama Kembangkan Mobil Terbang

Biaya perbaikan jika mobil terendam sampai sandaran jok sekitar Rp 10 juta sampai Rp 16 juta.

  • Jika Mobil Terendam Sampai Plafon

Sementara jika  mobil anda terendam hingga plafon atau bahkan teremdam hingga atap, maka biaya perbaikan berkisar antara Rp 16 juta hingga Rp 20 jutaan.

Selain itu, Rocky juga mengingatkan apabila mobil anda terendam banjir sangat di sarankan untuk membawanya ke bengkel resmi yang sudah terpercaya. Pastikan untuk menyewa derek atau menggunakan towing untuk menuju bengkel.

Sebab, jika dipaksakan untuk dijalankan, takut terkena water hammer, yang berakibat kerusakan akan bertambah parah.

Namun perlu diingat, biaya yang sudah disebutkan diatas bisa saja berubah sesuai dengan kondisi mobil anda. Bisa lebih murah atau justru bisa lebih mahal tergantung tingkat kerusakan komponen yang lainnya.

Dengan mengetahui estimasi biaya perbaikan mobil milik anda yang terendam sesuai dengan kondisi saat terendam banjir, anda bisa memperkirakan berapa kira-kira biaya yang harus anda siapkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *