3 Cara Cek Smartphone Samsung Anda Asli Atau Replika (KW)

3 Cara Cek Smartphone Samsung Anda Asli Atau Replika (KW) – Saat ini, vendor smartphone asal Korea Selatan ini didapuk sebagai perusahaan dengan varian smartphone paling banyak di minati oleh banyak kalangan.

Meski kini banyak bermunculan brand-brand baru yang menawarkan spesifikasi tinggi dan harga yang cukup terjangkau, namun sampai saat ini Samsung masih kokoh di puncak teratas dan masih mempunyai banyak pengguna setia.

Namun, kepopuleran produk smartphone asal negeri Gingseng ini juga di manfaatkan oleh pihak lain untuk mengkloning produk mereka dan menciptakan smartphone replika atau KW yang mirip dengan produk buatan Samsung.

Bahkan tak jarang, pengguna atau konsumen yang masih awam bisa tertipu karena memang tampilan smartphone Samsung yang asli dan replika (KW) secara umum bisa sama persis.

Terutama untuk anda yang ingin membeli smartphone Samsung bekas atau second, ada baiknya untuk lebih dahulu melakukan pengecekan terhadap smartphone yang akan anda beli guna menghindari aksi penipuan.

Karena itu, kali ini redaksi quota.ID akan memberikan 3 tips bagaimana cara membedakan apakah smartphone Samsung yang akan anda beli tersebut asli atau replika (KW). Simak ulasannya berikut ini:

3 Cara Cek Smartphone Samsung Anda Asli Atau Replika (KW)

  • Menggunakan LCD Test

Untuk mengecek keaslian smartphone Samsung bekas/second yang hendak anda beli, anda bisa mengeceknya dengan menggunakan cara ybg di sebut dengan LCD test.

Cara di dapat anda coba denga cara mengetikan *#0*# pada layar panggilan. Jika smartphone samsung anda Asli, nantinya akan muncul beberapa informasi mengenai ponsel anda seperti layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada ponsel dan lain sebagainya.

Selanjutnya, anda lakukan LCD test dengan mengetikan *#*#4636#*#* di layar panggilan telepon tersebut. Jika Smartphone tersebut merupakan smartphone asli, maka di layar akan ditampikan informasi mengenai spesifikasinya.

Namun apabila smartphone tersebut adalah smartphone Samsung abal-abal atau palsu (replika/KW) maka informasi spesfikasi tidak dapat ditampilkan di layar.

  • Cek No IMEI Ponsel

Langkah selanjutnya untuk mengecek apakah Smartphone Samsung asli atau replika (KW) bisa dilakukan dengan mengecek IMEI ponsel tersebut dan mencocokannya.

Caranya, melalui layar panggilan ponsel ketikan *#06#, maka secara otomatis layar ponsel akan menampilkan no IMEI. Anda bisa mencocokan no IMEI dilayar dengan no IMEI yang tertera di dus atau box penyimpanan hp.

Jika no IMEInya sama, maka smartphone tersebut asli. Akan tetapi jika no IMEI berbeda sebaiknya anda urungkan saja niat untuk membeli HP Samsung bekas tersebut karena bisa saja itu adalah HP replika atau palsu.

Lalu, bagaimana jika dus atau box penyimpanan tidak ada?, bagaiumana cara mencocokaknya ?. Untuk kasus seperti ini, setelah anda melakukan cek no IMEI melalui *#06# dan mendapat informasi no IMEInya selanjutnya silahkan buka situs https://www.imei.info/.

Masukan no IMEI yang ada dilayar ke ke situs tersebut dan cocokkan informasinya, mulai dari merk, model, spesifikasi dan informasi lainnya. Apabila sesuai dengan jenis smartphone anda maka, smartphone tersebut asli.

  • Gunakan Software Samsung KIES

Untuk cara yang terakhir dalam mengecek apakah smartphone Samsung tersebut asli atau replika, anda bisa memanfaatkan software bernama Samsung KIES.

Namun, untuk cara ini anda harus mempunyai PC atau Laptop untuk melakukan pengencekan. Jika PC ataupun laptop anda telah terinstal aplikasi Samsung Kies ini, langkah untuk mengecek keaslian hp Samsung yang akan anda beli ini pun cukup mudah.

Setelah anda menginstall software Sasung KIES ini di PC ataupun laptop, selanjutnya anda hanya perlu menghubungkan smartphone Samsung anda pada PC atau pun laptop dengan kabel data.

Nantinya, pada layar PC atau laptop akan menampilkan informasi bahwa ponsel anda bisa terkoneksi dan terhubung. Hal itu berarti  ponsel yang akan anda beli memang merupakan produk asli milik Samsung.

Namun apabila, smartphone anda tidak mau terkoneksi, atau software Samsung KIES tidak bisa membaca smartphone yang anda hubungkan, itu berarti smartphone tersebut merupakan smartphone palsu/replika.

Demikian tips bagaimana cara mengecek keaslian smartphone Samsung, apakah asli atau replika (KW), cukup mudah bukan. Dengan melakukan test seperti yang sudah disebut diatas, anda bisa terhindar dari aksi penipuan yang tentunya akan merugikan anda. Selamat Mencoba!

Topic:

Just For You