Jangan Asal Beli, Begini Cara Membedakan iPhone Asli Atau Palsu

quota.ID – Salah satu alasan mengapa ponsel iPhone hanya di gunakan oleh kalangan tertentu saja adalah karena harganya yang cukup menguras isi dompet.

Konsumen yang ingin memiliki produk smartphone besutan Apple ini setidaknya harus merogoh kocek hingga belasan juta Rupiah untuk bisa memiliki ponsel iPhone terbaru.

Karena itu, tak jarang buat sebagian orang yang ngebet ingin memiliki salah satu varian iPhone rela membeli produk smartphone seken atau iPhone bekas pakai, dengan harapan bisa mendapat harga yang lebih murah ketimbang harus membeli produk anyar.

Namun, masalahnya seringkali produk iPhone ini menjadi target pemalsuan smartphone. Mengingat peminat iPhone yang cukup tinggi, maka tak heran jika bisnis “haram” smartphone palsu ini juga banyak memakan korban.

Karenanya, jika anda bermaksud untuk membeli iPhone bekas, beberapa cara berikut ini bisa anda gunakan untuk membedakan apakah iPhone seken yang akan anda beli tersebut asli atau merupakan iPhone palsu/rekondisi.

Cara Membedakan iPhone Asli Atau Palsu

Ketika anda bermaksud membeli iPhone bekas atau ada seseorang yang menawari anda untuk membeli iPhone seken, jangan langsug tergiur untuk segera membelinya.

Baca Juga :  Cara Membuat Tulisan Tebal & Miring Di Chat WhatsApp

Pastikan iPhone yang akan anda beli tersebut merupakan barang asli, bukan barang palsu atau rekondisi. Untuk membedakannya, berikut yang harus anda lakukan:

  • Cek Apakah Ada App Store-nya

Banyak iPhone palsu merupakan produk kloningan, dimana sebenarnya itu adalah smartphone biasa namun di buat semirip mungkin dengan produk iPhone untuk mengecoh pembeli.

Karenanya, untuk memastikannya lebih dahulu buka smartphonenya dan cek, apakah ada aplikasi App Store pada iPhone yang hendak anda beli. Jangan sampai justru anda mendapati aplikasi Google Play Store, karena memang banyak iPhone tiruan yang menyerupai iPhone asli namun sistemnya menggunakan Android.

  • Pastikan Menjalankan iOS bukan Android

iPhone merupakan smartphone yang menjalankan sistem operasi iOS. Hal ini tentu terlihat berbeda dengan smartphone kebanyakan yang menjalankan OS Android.

Namun, mudahnya melakukan custom pada OS Android membuat tampilan iPhone Palsu ini juga bisa dibuat semirip mungkin dengan tampilan iOS.

Untuk memastikannya, silahkan buka menu setting dan lihat sistem operasi yang digunakan.

  • Cek Dengan iTunes

Perangkat iPhone biasanya sudah dibekali dengan sistem yang akan mendeteksi dan saling terhubung satu sama lainnya.

Salah satu yang bisa menjadi indikator apakah iPhone yang hendak anda beli tersebut asli atau palsu adalah dengan menggunakan aplikasi iTunes.

Baca Juga :  Sebelum Kena Hack, Buruan Update Google Chrome Sekarang

Caranya, install aplikasi iTunes di PC atau laptop lalu hubungkan perangkat iPhone dengan PC/Laptop tersebut. Jika iPhone terbaca oleh sistem di PC/Laptop maka bisa dipastikan itu adalah barang asli. Namun jika terdapat pesan error yang muncul, ada baiknya urungkan niat anda untuk membeli iPhone tersebut.

  • Cek IMEI di Website resmi

Ketika membeli Iphone, pastikan dilengkapi dengan dus atau box pembungkus. Periksa IMEI yang terdapat di box/dus pembungkus lalu masukan ke website resmi Apple.

Jika keterangan yang ditampilan dalam laman website resmi Apple tersebut sesuai dengan keterangan di box, maka dapat dipastikan iPhone tersebut asli. Jika tidak bisa atau IMEI tidak ditemukan maka bisa jadi iPhone itu palsu.

  • Bandingkan Dengan iPhone yang Asli

Selanjutnya, untuk membedakan apakah iPhone tersebut asli atau bukan bisa membandingkannya dengan iPhone milik teman yang memang merupakan produk asli.

iPhone asli menggunakan Retina Display, sehingga tampilan layar menjadi sangat jernih. Ketika anda membandingkan dengan iPhone asi dan layar tampak buram dibanding yang asli, maka bisa jadi ipHone tersebut tidak menggunakan retina display dan kemungkinan adalah iPhone palsu.

  • Cek Tombol Screenshot

iPhone asli, bisa melakukan SS (screenshot) dengan cara menekan tombol kunci dan Home secara bersamaan. Jika iPhone yang hendak anda beli tak bisa melakukan itu, bisa dipastikan itu adalah barang palsu.

  • Cek Apakah Ada MicroSD
Baca Juga :  3 Cara Cek Smartphone Samsung Anda Asli Atau Replika (KW)

Perangkat iPhone asli buatan resmi Apple tidak menyediakan slot microsd. Jika ada yang menawarkan iPhone namun dilengkapi dengan fitur memori eksternal tersebut, maka kemungkinan itu adalah iPhone palsu.

  • Harga yang Tidak Wajar

Harga memang tak pernah bohong. Seperti sudah disebutkan di awal, harga sebuah perangkat iPhone asli tergolong cukup mahal untuk kalangan dengan gaji pas-pasan.

Begitupun dengan ponsel bekasnya. Meski merupakan barang seken namun tetap saja harga iPhone bekas ini tetap memiliki harga yang cukup tinggi.

Apabila ada yang menawarkan iPhone dengan harga jauh di bawah harga normal ada baiknya anda sedikit curiga, karen abisa jadi itu adalah barang palsu.

  • Usahakan Beli di Tempat Terpercaya

Jika memang berniat untuk membeli iPhone bekas, ada baiknya anda membelinya di tempat resmi dan terpercaya. Bisa juga anda membeli dari seseorang yang memang anda kenal baik, dan tak mungkin menipu anda.

Namun sekali lagi, tetap lakukan langkah-langkah dan cara membedakan iPhone yang sudah di jelaskan diatas guna memastikan iPhone yang hendak anda beli tersebut adalah iPhone asli.

Topic:

Just For You