Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar, Bunda Harus Tahu

quota.ID – Kadang kala anak akan malas untuk belajar, karena di umur mereka akan lebih menyukai aktivitas menyenangkan seperti bermain misalnya dibandingkan dengan kegiatan yang dianggap membosankan seperti membaca buku.

Bunda yang terlalu khawatir, hal tersebut bukan sesuatu yang langka dan memang wajar terjadi pada buah hati.

Walaupun begitu, sikap anak malas belajar seringkali merepotkan dan membuat orang tua pusing bukan kepalang. Tapi kondisi ini, tidak tidak boleh membuat bunda memaksa si  kecil untuk melakukan hal tersebut.

Karena paksaan akan membuat anak menjadi lebih tertekan dan justru semakin menghindari kegiatan belajar setiap hari. Tapi di sisi berbeda, sekadar menyuruh pun juga tidak akan membuat anak termotivasi untuk melakukan hal itu

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh dipanaskan Kembali

Malah kemungkinan besar, sang buah hati akan merasa tidak mendapat dukungan dari orang tuanya. Menurut Jeniifer Fredricks, PhD, yang merupakan seorang profesor pengembangan SDM di Connecticut College  mengatakan bahwa tindakan sederhana seperti memotivasi anak dapat berdampak positif bagi buah hati.

Tidak hanya itu saja, American Psychological Association  mengatakan bahwa kebosanan anak yang tidak segera diatasi akan dapat berakibat fatal.

Bahkan seorang profesor pendidikan di University of California,  yang bernama Jacquelynne Eccles, PhD, juga menyebutkan bahwa anak-anak yang merasa proses belajar sebagai kegiatan yang membosankan akan lebih mudah frustasi daam berbagai hal.

Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh bunda untuk memotivasi anak dalam hal belajar? mungkin bunda bisa menggunakan cara ini!

Baca Juga :  Manfaat Jengkol yang Luar Biasa Untuk Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes

Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Berikut beberapa tips dalam memberikan motivasi kepada anak supaya lebih giat belajar:

  • Ikut Terlibat

Salah satu cara paling tepat untuk mengatasi anak yang malas belajar ialah dengan ikut terlibat dalam pendidikan yang mereka lakukan.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois Center for Parent-Child Studies  menyebutkan, dengan terlibat dalam urusan akademik anak adalah suatu langkah penting yang harus dilakukan oleh para bunda.

  • Bimbingan Positif

Selain ikut terlibat, bunda juga bisa melakukan bimbingan positif dengan membuat kegiatan belajar di rumah dan sekolah menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi si buah hati.

Disini bunda bisa mencoba untuk menceritakan pengalaman menyenangkan yang pernah dialami saat sekolah dulu sambil menemani si  kecil belajar.

Baca Juga :  7 Jenis Makanan Tidak Bikin Gendut Walaupun di Konsumsi Malam Hari

Hal itu secara tidak langsung akan membuatnya termotivasi dan biasanya akan membuat anak lebih terbuka tentang masalah-masalah yang ia hadapi.

  • Ajukan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan juga merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebagai langkah memotivasi anak. Bunda bisa selalu menanyakan kepada buah hati apa yang ia pelajari.

Agar buah hati tidak tegang, usahakan membicarakannya dalam obrolan yang santai sehingga anak menjadi lebih nyaman dan tidak tertekan.

Demikian, beberapa hal yang bisa bunda lakukan untuk membantu atau memotivasi anak agar lebih giat dalam belajar.

Topic:

Just For You