Begini Cara Mengatasi Mata Kering yang disarankan Oleh Dokter Mata

quota.ID – Bebarapa tanda yang mengindikasikan jika seseorang mengalami mata kering adalah mata yang begitu mudah lelah, terasa perih, sering berair, kemerahan yang periodik, serta terasa seperti ada yang menjanggal dipermukaan mata.

Menurut dokter spesialis mata di Dry Eye Center Jakarta Eye Center (JEC), Nina Asrini Noor menjelaskan “Mata kering adalah suatu kondisi hilangnya keseimbangan dari komponen air mata yang menyebabkan kualitas dan kuantitas air mata menjadi terganggu” jelas dr Nina.

Salah satu penyebab terjadinya mata kering adalah aktivitas dengan atensi visual yang tinggi dalam durasi waktu yang lumayan lama, seperti menatap smartphone maupun layar monitor komputer/laptop.

Editors’ picks

Baca Juga :  Waduh, Xiaomi Jadi Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

Jika tidak ditangani dengan segera, kondisi mata kering yang di alami ini dapat memicu menurunnya kualitas hidup seseorang. Bahkan, yang terparah dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan mata secara permanen, cukup menakutkan bukan.

Nah, pabila tanda-tanda yang sudah di sebutkan diatas sudah mulai anda rasakan, sebaiknya segera lakukan pengobatan yang tepat guna mengatasi mata kering yang tengah anda alami tersebut.

“Kunci pertama adalah atur pola hidup, itu dulu. Kalau pola hidupnya enggak diatur, kita akan kejar-kejaran. Mau kapan sembuhnya kalau begitu?” ucap dr Nina menjelaskan.

Karena itu, menurut dr Nina menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian seperti menghindari paparan AC yang terlalu lama atau langsung serta mengurangi frekuensi penggunaan atau menatap monitor atau gadget terlalu lama, bisa mengurangi resiko terkena mata kering.

Baca Juga :  Jangan Anggap Remeh Penyakit Impetigo Pada Bayi

“Begitu juga dengan penggunaan lensa kontak. Sangat dianjurkan untuk mengikuti instruksi dokter mengenai penggunaan dan perawatannya,” jelas dr Nina lebih lanjut.

Namun, apabila kondisi mata kering sudah terlajur anda alami, beberapa tips dari dokter ahli mata dalam mengatasi mata kering berikut ini bisa coba anda praktekan agar tak semakin menjadi bertambah parah.

Anda bisa mencoba mengurangi kondisi mata anda yang kering tersebut dengan mengompresnya menggunakan air hangat pada kelopak mata selama beberapa menit.

Selain itu, terutama bagi wanita disarankan untuk selalu menjaga kebersihan di area kelopak mata salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus sisa make-up yang di gunakan pada area sekitar mata hingga bersih.

Baca Juga :  5 Bahan Herbal Alami Untuk Atasi Kulit Kaki Kering, Gatal dan Mengelupas

Tak ketinggalan, imbangi pula dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Pasalnya, apabila tubuh mengalami dehidrasi, hal tersebut juga dapat membuat mata menjadi lebih kering.

Kendati demikian, apabila kondisi mata kering yang anda alami terus berlanjut dan tak kunjung membaik setelah beberapa hari, ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter spesialis mata guna dilakukan pemeriksaan lengkap untuk menentukan bagaimana penanganan selanjutnya.

“Karena tidak semua mata kering itu sama, tergantung pada lapisan air mata yang terganggu. Sehingga pengobatannya pun bermacam-macam, beda penyebab juga beda penanganan,” tutup dr Nina memberikan penjelasan terkait kondisi mata kering ini.

Topic:

Just For You