Mau Lebih Hemat Kuota Data Saat Main Instagram ?, Coba Pakai Cara Ini

quota.ID – Siapa yang tak kenal dengan media sosial yang satu ini, Instagram. Terutama mereka para generasi milenial atau yang sudah akrab dengan internet dan teknologi digital, bisa dipastikan memiliki akun platform media sosial berbagi foto dan video ini.

Instagram merupakan salah satu aplikasi medos yang cukup favorit untuk berbagi foto dan video, selain facebook. Namun sayangnya, di balik popularitasnya tersebut jika sering menggunakan Instagram akan berimbas pada kuota data yang tersedot juga semakin banyak karena di gunakan untuk memuat foto/gambar  serta video.

Bahkan, aplikasi instagram merupakan salah satu aplikasi yang di ketahui merupakan aplikasi yang paling banyak menguras kuota data. Menyadari akan permasalahan tersebut, kini pihak Instagram telah merilis fitur baru yang bisa membantu para penggunanya untuk menghemat kuota data saat membuka layanan instagram.

Editors’ picks

Baca Juga :  Cara Mempassword File PDF Secara Online dan Offline Agar Lebih Aman

Untuk saat ini, fitur baru ini masih dalam tahap pengembangan dan hanya tersedia untuk smartphone dengan basis sistem operasi Android dan khusus digunakan oleh pengguna di negara-negara berkembang yang memiliki akses internet terbatas.

Buat anda yang ingin mencoba fitur baru ini untuk menghemat kuota data saat main Instagram berikut cara-caranya, yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Cara Lebih Hemat Kuota Data Saat Main Instagram

Untuk melakukan penghematan kuota data saat membuka aplikasi instagram, pastikan terlebih dahulu anda sudah memperbaharui aplikasi anda ke versi yang terbaru.

Selanjutnya masuk ke menu “Pengaturan”, kemudian pilih “akun”, selanjutnya pilih “Pengaturan Data Seluler”. Pilih pada opsi “Penghemat Data” dengan menggeser tombol kearah  kanan dan pastikan tombol sudah berubah menjadi warna biru.

Baca Juga :  Mau Pintar Bahasa Asing Tanpa Kursus, Coba Aplikasi Berikut Ini

Akan muncul tiga  opsi yang bisa anda pilih, yakni, Tidak Pernah, Wi-Fi Saja dan juga Seluler+Wi-Fi. Apabila anda memilih opsi “Tidak Pernah”, maka Instagram hanya akan menampilkan gambar atau video dengan resolusi yang rendah.

Sementara jika memilih opsi “WiFi Saja”, aplikasi akan memuat foto atau video beresolusi tinggi hanya ketika sedang di gunakan di jaringan Wi-Fi.

Sementara untuk opsi yang terakhir adalah “Seluler dan WiFi”, opsi ini bisa dipilih jika pengguna ingin memuat gambar atau video dengan resolusi tinggi dengan menggunakan kuota data mobile dan juga jaringan WiFi.

Hal ini berarti jika ana memilih opsi terakhir, maka foto dan video yang termuat akan selalu dalam resolusi tinggi. Karena fokus kita adalah menghemat kuota, maka redaksi quota.ID sarankan untuk memilih opsi yang pertama saja, yakni opsi “tidak pernah”.

Baca Juga :  Cara Membuka Smartphone yang Terkunci, Karena Lupa Password

Sebenarnya, fitur baru untuk menghemat kuota data ini sudah dirilis dan bisa digunakan sejak 5 juni 2019 lalu,namun masih banyak pengguna yang masih belum mengetahui fitur baru dari Instagram ini.

Pihak Instagram menjelaskan, jika nantinya mode hemat kuota data saat membuka layanan mereka ini akan meluncur secara global dan menjangkau semua negara pengguna secara bertahap.

Topic:

Just For You