Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai Keramik

  • Whatsapp
Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai Keramik

quota.ID – Menempelnya sisa-sisa semen yang mengering di permukaan lantai keramik, membuat banyak pemilik rumah yang menjadi kesal. Karena seperti kita ketahui, cara menghilangkan bekas semen ini memang sulit dilakukan jika tidak tahu caranya.

Hal ini umumnya kerap dihadapi oleh mereka yang baru selesai membangun atau merenovasi rumah. Tukang atau pekerja yang merenovasi atau membangun hunian anda tidak cermat dalam melakukan pekerjaannya, dimana sisa-sisa semen yang tercecer dilantai tidak segera di bersihkan ketika masih dalam kondisi basah.

Muat Lebih

Namun apalah daya, nasi sudah menjadi bubur. Tak perlu kesal yang berkepanjangan, sebaiknya ikuti tips berikut ini jika ingin lantai keramik anda kinclong dan bersih dari sisa-sisa semen yang mengering.

Baca Juga :  Inspirasi Desain Rumah Minimalis Tampak Depan 1 Lantai

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Lantai Keramik

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan lantai keramik rumah anda dari sisa-sisa semen yang mengering.

  • Menggunakan Soda Kue

Cara pertama untuk menghilangkan bekas semen kering yang menempel di lantai keramik adalah dengan menggunakan soda kue.

Baking soda atau soda kue adalah salah satu bahan yang biasa di gunakan dalam proses pembuatan kue, akan tetapi memiliki kegunaan lain yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas semen di keramik rumah anda.

Caranya juga cukup mudah, ambil beberapa sendok soda kue dan jadikan pasta dengan mencampurnya dengan sedikit air, lalu oleskan pada area keramik yang terdapat semen menempel.

Diamkan dahulu beberapa saat, lalu sikat permukaan keramik hingga bersih. Terakhir, siram dengan air hangat, lalu lanjutkan dengan mengepelnya seperti biasa menggunakan cairan untuk membersihkan atau pel lantai.

  • Menggunakan Cuka

Berikutnya, selain soda kue cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan sisa semen yang menempel di latai keramik rumah anda.

Baca Juga :  Rumah Minimalis Modern Tahun 2020, Cocok Untuk Pasangan Millenial

Caranya juga mudah, tinggal siramkan cuka di lantai yang terdapat sisa semen lalu diamkan beberapa saat. Lalu sikat hingga bersih dan siram.

  • Perasan Jeruk Lemon

Sama halnya dengan cuka, kandungan asam yang cukup tinggi pada  air perasan jeruk lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai keramik dari sisa-sisa semen.

Caranya, ambil buah lemon lalu belah menjadi dua. Kemudian, gosokan belahan buah lemon tersebut kepermukaan keramik. Diamkan beberapa saat, sikat lalu siram dengan air hingga bersih.

  • Menggunakan Garam

Garam juga bisa bisa digunkan untuk menghilankan bekas noda semen di lantai keramik. Caranya, cukup taburkan garam halus ke permukaan keramik, lalu diamkan semalaman.

Esok hari, sikat lantai yang sudah ditaburi garam tersebut lalu siram dengan iar bersih. Terakhir, pel dengan cairan pembersih lantai.

  • Menggunakan Larutan HCL

Cara ini merupakan yang cukup ampuh karena sudah terbukti. Menggunakan cairan HCL bisa dengan mudah menghilangkan bekas semen yang mengering di lantai keramik rumah anda.

Anda bisa membeli larutan ini di toko kimia, lalu ambil beberapa sendok HCL dan camurkan dengan air. Siram kepermukaan keramik lalu sikat hingga bersih.

Baca Juga :  Perbedaan KPR Syariah dan KPR Konvensional yang Harus Anda Ketahui

Perlu diingat, karena cairan kimia ini cukup berbahaya dan memiliki kandungan asam yang cukup tinggi jangan terlalu banyak menggunakan cairan ini di keramik lantai anda karena dapat membuat rusak permukaan keramik.

Selain itu, gunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan anda dari terkena cairan ini.

  • Menggunakan Hidrogen Peroksida

Sama halnya dengan larutan HCL, bahan kimia ini juga memiliki kegunaan yang sama. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah, campurkan hidrogen peroksida dengan tepung putih hingga menjadi pasta.

Lalu oleskan kepermukaan lantai dan biarkan semalaman, esok hari sikat dan bersihkan lantai seperti biasanya.

Demikian, tips dan cara menghilangkan bekas semen di keramik lantai rumah anda.

Untuk meminimalkan terjadinya masalah ini kembali, berikan pengerahan kepada tukang atau pekerja yang merenovasi rumah anda untuk segera membersihkan sisa semen yang masih menempel sewaktu masih basah.

Karena, jika sudah mengering kaan sangat susah untuk di bersihkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *