Supaya Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi Android di Smartphone Anda

quota.IDSupaya Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi Android di Smartphone Anda – Keamanan data dalam perangkat smartphone anda, merupakan prioritas utama. Menjaganya tetap aman, adalah tanggung jawab anda sepenuhnya.

Data-data penting milik kita, misal file dokumen, isi galeri yang bersifat privat serta beberapa aplikasi penting semisal aplikasi perbankan, aplikasi sosial media dan chatt harus kita jaga kerahasiaannya dan hanya kita sebagai pemilik yang boleh membukanya.

Kendati demikian, ada momen-monen tertentu di mana smartphone kita harus di pakai oleh orang lain, entah teman atau saudara yang meminjam smartphone kita untuk mereka gunakan, misal untuk menelpon, main game, mendengarkan lagu dan sebagainya.

Jika anda berada dalam situasi tersebut, pasti anda akan merasa deg-degan dan waspada, apalagi jika dalam smartphone anda tersimpan beberapa file atau isi gallery cukup sensitif.

Takutnya, saudara atau teman anda iseng mengotak-atik smartphone anda dan membuka file “rawan” tersebut. Jika sampai ketahuan, bisa berbahaya dan cukup memalukan bukan ?

Baca Juga :  Cara Mempassword File PDF Secara Online dan Offline Agar Lebih Aman

Nah, guna mengantisipasi kejadian tersebut tak menimpa anda, ada baiknya anda memproteksi isi gallery dan beberapa aplikasi penting tersebut dengan menguncinya dan hanya anda yang bisa membukanya.

Karena itu, pada kesempatan kali ini, tim redaksi quota.ID sudah mempersiapkan tutorial bagaimana cara mengunci aplikasi android di smartphone anda, agar aman dari tangan-tangan jahil yang mengotak-atik semartphone anda.

Cara Mengunci Aplikasi Android

Untuk cara mengunci aplikasi pada smartphone android, andabisa melakukannya dengan dua cara, yakni dengan bantuan aplikasi pihak ketiga dan juga bisa tanpa bantuan aplikasi.

Cara Mengunci Aplikasi Tanpa Bantuan Aplikasi pihak Ketiga

Perlu anda ingat, bahwa cara ini tidak berlaku untuk semua tipe smartphone. Tips cara mengunci aplikasi tanpa bantuan aplikasi ini hanya berlaku jika memang smartphone android milik anda sudah terdapat fitur bawaan pengunci aplikasi.

Jika smartphone anda mendukung fitur ini, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  • Silahkan masuk ke menu pengaturan
  • elanjutnya scroll kebawah dan cari opsi Pengaturan Tambahan
  • Langkah berikutnya klik opsi Privasi
  • Kemudian tap pada menu opsi Lock Indivindual Apps dan pilih opsi Choose Apps to lock
  • Langkah berikutnya, anda diharuskan untuk membuat pola untuk kunci terlebih dahulu, dimana pola tersebut di gunakan sebagai password untuk membuka aplikasi.
  • Jika pola telah anda dibuat, maka langkah selanjutnya tinggal memilih aplikasi mana saja ingin di kunci
  • Kini, aplikasi anda sudah terkunci sepenuhnya dan di perlukan pola yang sebelumnya anda buat untuk membuka aplikasi tersebut.
Baca Juga :  Akun Instagram Kamu Di Hack ? Begini Cara Memulihkannya Kembali

Cara Mengunci Aplikasi Dengan Bantuan Aplikasi pihak Ketiga

Cara berikutnya dalam mengunci aplikasi android adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Caraini lebih efektif dan bisa di gunakan untuksemua tipe smartphone.

Beriktu panduannya untuk anda:

  1. Untuk cara mengunci aplikasi di Android dengan bantuan aplikasi ini, kami menyarankan aplikasi pengunci bernama App Lock.
  2. Langkap pertaman, Download terlebih dahulu App Lock melalui market aplikasi resmi, Google Play Store lalu install pada perangkat smartphone anda.
  3. Selanjutnya buka App Lock dan kita akan melangkah pada settingan aplikasi tersebut. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat pola keamanan untuk kode kunci aplikasinya terlebih dahulu.
  4. Buatlah pola yang unik dan berbeda dengan pola pengunci layar, yang sekiranya hanya anda sendiri yang tahu dan bisa membukanya, ulangi kembali membuat polanya sekali lagi untuk mengkonformasi.
  5. Berikutnya, masukan alamat email anda yang masih aktif,  ini berguna untuk menerima kode konfirmasi dan berjaga-jaga jikalau suatu saat anda lupa pola yang anda buat.
  6. Selanjutnya, akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di samrtphone anda.
  7. Pilih aplikasi yang ingin anda kunci dengan cara tap/sentuh pada nama aplikasi yang ada dalam daftar tersebut.
  8. Akan muncul notifikasi ijin aplikasi, dan pastikan anda memberikan hak akses untuk aplikasi App Lock tersebut
  9. Pastikan logo gembok berwarna pada App Lock berubah berwarna hijau.
  10. Kini aplikasi anda sudah sepenuhnya terkunci. Untuk membuka aplikasinya masukan pola yang sudah anda buat sebelumnya.
Baca Juga :  Pengguna Kartu Tri, Begini Cara Setting APN 3 Agar Internet Makin Ngebut

Demikian cara mengunci aplikasi android di smartphone kesayangan anda. Dengan cara ini “rahasia” anda dijamin akan aman dan tak perlu khawatir lagi jika suatu saat smartphone anda di pinjam oleh orang lain. Selamat mencoba.

Topic:

Just For You