Begini Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Awet

  • Whatsapp
Begini Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Awet

quota.ID – Banyak orang yang menganggap sepele mengenai cara menyimpan bawang merah. Padahal jika tidak disimpan dengan baik, bawang merah akan mudah sekali membusuk.

Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu yang harus ada dalam setiap jenis masakan. Rasa dan aromanya yang khas akan semakin menambah rasa nikmat pada masakan.

Muat Lebih

Para ibu-ibu rumah tangga, biasanya membeli bawang merah dalam jumlah yang cukup banyak untuk persediaan. Agar bisa tahan lama, bumbu masakan ini haruslah disimpan dengan cara yang benar.

Berikut ini adalah tips, bagaimana cara menyimpan bawang merah agar awet dan bisa tahan lama.

  • Simpan Bawang Secara Utuh

Hal pertama yang harus bunda ketahui, cara menyimpan bawag merah adlah dengan memastikan untuk menyimpan bawang merah tersebut dalam kondisi utuh, bukan yang sudah terpotong-potong.

Baca Juga :  #5 Jenis Tanaman Herbal Dengan Khasiat Yang Luar Biasa

Karena itu, pastikan ketika meracik bumbu untuk masakan gunakan takaran yang pas untuk bawang merah agar tidak tersisa potongannya. Selain itu, lebih baik jika menyimpan bawang merah di tempat yang terbuka.

Hal ini berguna agar supaya bawang tidak cepat membusuk. Siapkan wadah berjaring, entah itu yang teruat dari plastik ataupun wadah dari anyaman bambu untuk menyimpan bumbu masakan ini.

  • Jemur Bawang Sesekali

Jika sempat, jemurlah bawang yang anda simpan di bawah sinar matahari langsung. Tak perlu lama-lama, cukup 10 sampai 15 menit saja.

Hal ini berguna untuk mengurangi kadar kelembaban yang ada pada bagian permukaan dalam bawang merah yang tertutup.

  • Jangan Campur Bawang Merah dan Putih

Saat menyimpan bawang merah, pastikan untuk tidak mencampur kedua jenis bawang tersebut.  Karena, masing-masing dari jenis bawang ini akan mengeluarkan jenis gas yang berbeda pula

Gas uang keluar tersebut bisa mempengaruhi terjadinya proses pembusukan secara yang terjadi lebih cepat. Karenanya, pastikan untuk menyimpan kedua jenis bawang ini dalam wadah yang terpisah.

  • Simpan Bawang Kupas di Kulkas
Baca Juga :  Mengenali Karakter Seseorang, dilihat Dari Bentuk Wajahnya

Terakhir, jika anda membeli bawang merah yang sudah dikupas anda bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Namun, pastikan anda menggunakan wadah yang tertutup rapat saat menyimpan bawang merah kupas di dalam kupas. Agar aroma bawang tidak mengkontaminasi makanan atau minuman lain yang ada dalam kulkas.

Demikian tips bagaimana cara menyimpan bawang merah agar tetap awet, sehingga bisa tahan lama. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *