Cara Pencegahan Virus Corona yang Harus Anda Ketahui

  • Whatsapp
Cara Pencegahan Virus Corona yang Harus Anda Ketahui

quota.ID – Munculnya wabah virus mematikan bernama virus corona, menimbulkan kepanikan dan ketakutan di seluruh dunia, termasuk di tanah air. Karena itu, anda perlu mengetahui cara pencegahan virus corona ini agar bisa terhindar dari kemungkinan infeksi virus berbahaya ini.

Seperti diketahui, virus corona ini sendiri adalah termasuk dalam keluarga besar virus sejenis seperti yang menyebabkan MERS-CoV dan SARS-CoV.

Muat Lebih

Secara umum, penyebaran virus ini terjadi antara sesama hewan. Namun demikian, diketahui terdapat enam jenis di antaranya bisa juga menyerang manusia, termasuk di antaranya adalah virus yang saat ini sedang mewabah di Tiongkok, virus corona.

Virus ini menjadi sangat menakutkan karena bisa dengan mudah menular dan menyebar. Yang lebih mengerikan, orang yang terjangkit virus ini tidak menunjukkan perubahan atau gejala yang signifikan.

Umumnya, gejala yang timbul apabila terjangkit virus corona hanya berupa flu biasa pada umumnya, sehingga banyak yang tak menyadarinya.

Baca Juga :  Cara Mudah Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami

Oleh karena itu, kita wajib mengetahui bagaimana cara pencegahan virus corona ini agar jangan sampai menginfeksi diri kita dengan menerapkan beberapa langkah pencegahan berikut ini.

Cara Pencegahan Virus Corona

Sesuai anjuran yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, di informasikan bagi seluruh masyarakat internasional untuk melakukan tindakan pencegahan dari penyebaran virus ini.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada vaksin atau obay yang secara spesifik dapat menyembuhkan atau menangani virus corona ini. Jadi, seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berikut ini hal-hal yang harus anda lakukan sebagau upaya atau cara pencegahan virus corona dalam kehidupan sehari hari:

  • Selalu membersihkan tangan secara rutin, setelah memagang instalasi publik. Misalnya, dari kereta, eskalator atau fasiliatas yang digunakan banyak orang.
  • Jangan memegang mulut, hidung dan mata, apabila belum membersihkan tangan.
  • Ketika mencuci tangan tersebut, selalu air bersih yang mengalir dan gunakan sabun cair (anti bakteri) lalu bilas setidaknya 20 detik.
  • Selalu gunakan lap tangan anda sendiri bukan lap tangan bersama, atau gunakan tisue sekali pakai untuk mengerinkan tangan.
  • Ketika di tempat umum, restoran atau rumah makan jika tidak ada fasilitas untuk mencuci tangan, gunakan alkohol 70-80% hand rub.
  • Selalu menutup mulut dan hidung ketika bersin.
  • Selalu gunakan masker yang sesuai standar ketika bepergian atau berada di keramaian.
Baca Juga :  Jangan Anggap Remeh Penyakit Impetigo Pada Bayi

Selain itu, hendaknya menghindari untuk berpegian ke daerah yang sudah diketahui sebagai wilayah yang terjangkit dengan virus corona ini.

Namun, jika ada hal yang memaksa dan mengharuskan anda untuk mengnjungi wilayah yang terjangkit sebaiknya lakukan hal berikut ini untuk cara pencegahan virus corona:

  1. Selalu gunakan masker standar dan sarung tangan
  2. Hindari memegang atau menyentuh hewan atau burung di area yang terjangkit
  3. Hindari kontak langsung dengan pasien terjangkit
  4. Selalu patuhi aturan yang ditetapkan oleh pihak berwenang di wilayah terjangkit
  5. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan sekembalinya dari wilayah yang terjangkit

Demikian informasi mengenai cara pencegahan virus corona yang saat ini sedang mewabah di beberapa wilayah di Tiongkok dan sudah mulai menyebar di beberapa negara lainnya.

Selalu jaga kesehatan anda dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang serta penuhi semua kebutuhan vitamin agar stamina dan kesehata anda selalu dalam kondisi prima.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *