Ketahui Kondisi Kesehatan Tubuh Anda Dari Warna Urine

quota.ID – Ketika buang kecil, seringkali kita mengabaikan warna urine atau air kecing yang kita keluarkan. Padahal jika dicermati, urine yang keluar terkadang akan berbeda-beda.

Umumnya, air seni atau urine akan berwarna kuning pucat ataupun berwarna putih bening. Namun, apabila anda mendapati warna urine anda tiba-tiba berubah menjadi kuning gelap atau warna lain, bisa jadi ada sedikit ganggunan pada kondisi kesehatan tubuh anda.

Urine atau air seni/kencing merupakan kelebihan air dan produk limbah yang disaring dan di proses oleh tubuh dari bagian dalam tubuh dan kemudian dibuang melalui saluran kencing.

Ketika urine berwarna kuning pucat alami, hal itu merupakan kondisi yang normal karena ekskresi zat berwarna dalam darah yang disebut urochrome.

Baca Juga :  Stress Ternyata Bisa Picu Timbulnya Penyakit Kanker

Berubah-ubahnya warna urine, tergantung pada jumlah air yang kita minum setiap harinya. Secara umum, urine akan berwarna dari sangat kuning (hampir putih, ketika tubuh penuh air) hingga berwarna oranye atau kuning gelap (ketika tubuh mengalami dehidrasi).

Ketahui Kondisi Kesehatan Anda Dari Warna Urine

Normalnya, tubuh seseorang akan selalu mengeluarkan urine dalam jumlah tertentu setiap harinya. Hal itu bergantung dari pola makan harian, aktivitas yang dilakukan dalam keseharian atau bahkan efek dari adanya penyakit tertentu yang mungkin belum diketahui sejak awal.

Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui sejak awal kondisi kesehatan kita berdasarkan warna urine yang kita keluarkan.

Secara umum terdapat lima jenis warna urine yang bisa dijadikan penanda. Empat diantaranya merupakan “alarm” jika tubuh kita mengalami gangguan kesehatan yang patut di waspadai.

  • Urine Berwarna Coklat Gelap

Ketika buang air kecil dan urine yang di hasilkan berwarna coklat gelap, sebaiknya ada sedikit waspada terhadap kondisi kesehatan tubuh anda.

Baca Juga :  Cara Mudah Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami

Pasalnya, warna urine coklat gelap tersebut disebabkan oleh andaya darah yang tercampur dalam urine. Warna air kencing yang demikian menjadi tanda bahwa tekanan darah anda sedang mengalami masalah.

Selain itu, ada kemungkinan juga bahwa ginjal anda bermasalah atau tidak bekerja dengan normal sebagaimana mestinya. Apabila urine anda berwarna coklat gelap, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter guna pemeriksaan lebih lengkap.

  • Urine Berwarna Merah Oranye

Saat urine berwarna merah oranye, ini juga menjadi penanda bahwa saluran kemih anda ada yang terluka. Ada juga kemungkinan terkena kanker ginjal, karena itu tidak boleh di abaikan dan harus segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Urine Berwarna Kuning Gelap

Meski tidak berkaitan dengan adanya gangguan kesehatan secara langsung, ketika urine berwarna kunig gelap saat buang air, ini menjadi penanda bahwa tubuh anda kurang cairan atau dehidrasi.

Ketika tubuh tidak mendapat pasokan asupan air dalam jumlah yang cukup, maka air kencing yang dihasilkan akan berubah menjadi berwarna kuning gelap.

  • Urine tampak berbusa atau berbuih
Baca Juga :  Mengenal Diet Air Herbal, Tips Rampingkan Tubuh Dengan Bahan Alami

Ketika urine yang dihasilkan saat buang air kecil nampak berbusa atau berbuih mirip busa sabun deterjen, maka hal itu menjadi penanda jika kemungkinan anda mengalami diabetes.

Busa yang muncul tersebut saat buang ar kecil, biasanya tidak larut dengan sendirinya tetapi masih ada terlihat meski sudah selesai buang air kecil.

Selain diabetes, kencing berbusa juga menjadi penanda jika ginjal anda bermasalah.

  • Urine berwarna kuning muda

Dari kesemuanya, apabila air seni anda berwarna kuning muda saat buang air kecil, hal ini menandakan jika tubuh atau kondisi kesehatan anda dalam keadaan baik-baik saja.

Jadi anda tidak perlu cemas atau khawatir, karena warna kuning muda atau cenderung jernih dari urine anda saat pipis justru menjadi ciri atau tanda bahwa tubuh anda normal dan tak ada gangguan kesehatan apapun.

Topic:

Just For You