Waspada, Penjahat Cyber Bisa Curi Saldo Rekening Lewat Google Calendar

quota.IDWaspada, Penjahat Cyber Bisa Curi Saldo Rekening Lewat Google Calendar – Penjahat cyber kini sudah semakin lihai dalam mencari korban.

Jika dulu scammer identik dengan email palsu, kini mereka telah menemukan cara baru untuk mengelabui korbannya.

Melansir dari laman Phone Arena, para penjahat cyber ini menargetkan para pengguna perngkat Android dengan memanfaatkan fitur yang ada di Google Calendar untuk mencuri saldo rekening korban.

Para scammer ini akan menambahkan undangan ke para calon korbannya melalui Google Calendar. Menariknya, meski si calon korban tidak merespons undangan tersebut di Google Calendar,korban tetap akan menerima undangan tersebut secara otomatis.

Baca Juga :  Ada Lebih Dari 2000 Aplikasi Berbahaya di Google Play Store

Sesaat sebelum event dari undangan yang di kirim olah scammer tersebut akan dimulai, akan muncul pengingat di perangkat smartphone korban.

Isinya, yang mengingatkan kalau si calon korban yang jadi taget ini harus melakukan sejumlah transfer dana ke rekening  pelaku serta meminta informasi penting misalnya nomor rekening dan juga PIN rekening korban.

Begitu pelaku menerima informasi terkait rekening anda, hal berikutnya yang akan terjadi sudah bisa ditebak, pelaku tindak kejahatan dunia maya ini akan menguras habis saldo rekening anda

Selain itu, ada juga modus klasik namun masih cukp efektif untuk mengelabui korban. Pelaku kejahatan cyber ini akan memberitahukan jika korban telah memenangkan lomba atau quiz.

Baca Juga :  Jangan Asal Install, Banyak Aplikasi Anti Virus Palsu di Google Play Store

Namun untuk mengklaim hadiahnya dibutuhkan informasi rekening tertentu dan informasi sensitif lain dari korban. Apabila korban tidak waspada dan kurang berhati-hati bisa saja terpancing dengan modus yang satu ini.

Meski merupakan modus lawas, nyata masih banyak yang kerap terkecoh dengan model penipuan online seperti ini.

Tips agar tak menjadi korban penipuan lewat Google Calendar

Setalah membaca informasi penipuan yang dilakukan lewat Google Calendar ini, ada baiknya anda mulai aware terhadap keamanan data perangkat anda.

Agar tak menjadi korban berikutnya, berikut tips atau cara yang harus anda lakukan:

  • Masuk ke aplikasi Google Calendar di smartphone anda
  • Klik ikon roda gigi di sebelah kanan atas, lalu pilih Settings.
  • Pilih Event Settings, di bawah dropdown Automatically add invitations, pilih No, only show invitations to which I have responded.
  • Scroll ke bawah, klik View dan uncheck Show declined events.
  • Dengan begini, undangan-undangan scam bisa langsung terabaikan setelah pengguna menolaknya.
Baca Juga :  Hanya Lewat Foto, Hacker Bisa Kuasai Smartphone Android Korban

Selain itu, anda juga harus lebih berhati-hati dan waspada terhadap kiriman-kiriman email yang tidak jelas. Abaikan saja jika memang anda tidak pernah ikut atau berpatisipasi dalam acara atau kuis tertentu. Semoga bermanfaat!

Topic:

Just For You