10 Destinasi Wisata di Kediri Yang Wajib di Kunjungi

quota.ID10 Destinasi Wisata di Kediri Yang Wajib di Kunjungi – Jika sedang ada kesampatan untuk datang ke Jawa Timur, salah satu kota atau kabupaten yang wajib dikunjungi adalah Kediri.

Terkenal dengan julukan sebagai Kota tahu, Kediri terletak 130 km sebelah barat daya dari Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya. Kediri juga merupakan kota terbesar nomor tiga di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya.

Dengan luas wilayah mencapai 63,40 km², sudah tentu kota kediri memiliki banyak sekali tempat wisata eksotis dan menawan yang wajib untuk anda datangi.

Mulai dari wisata pantai, gunung, air terjun, hingga wisata sejarah berupa peninggalan candi dan benda-benda purbakala.

Jika anda berkesampatan atau  sedang berencana untuk berlibur ke Jawa Timur, maka Kota kediri kami rekomedasikan di daftar daerah tujuan destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Jawa Timur.

Berikut ini, 10 destinasi wisata di Kediri yang wajib anda kunjungi

  • Pantai Tambakrejo

Kediri memiliki aset wisata pantai yang cukup menawan bernama pantai TambakRejo. Pantai ini sendiri merupakan salah satu daya tarik yang paling eksotis yang ada di Kediri.

Tak mengherankan, karena selain pemandangannya yang indah, pantai ini juga terkenal karena memiliki dua sisi pantai dengan ombak yang berbeda pula.

Di sisi kiri pantai TambakRejo mempunyai ombak yang kecil terhalang oleh gugusan bukit, sementara untuk di sisi kanan pantan memiliki deburan ombak yang lebih besar dan terbentur ke dinding penghalang sehingga menghasilkan cipratan gelombang dan menambah keindahan pantai tersebut.

  • Gunung Klotok

Tak hanya wisata pantai, kediri juga memiliki wisata gunung yang indah yang juga wajib untuk anda kunjungi ketika berada di Kediri.

Gunung Klotok, itulah nama gunung yang terletak kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga :  Indahnya Merbabu Family Park, Tempat Wisata Gratis di Malang

Dengan puncak ketinggian sekitar 536 mdpl, meskipun tak terlalu tinggi dibanding dengan gunung lainnya, namun tetap saja menjadi tempat yang cukup mengasyikkan jika anda memiliki hobi naik gunung atau hanya sekedar ingin menikmati segarnya udara pegunungan.

Satu hal yang membuat gunung Klotok ini istimewa dan wajib dikunjungi adalah adanya sebuah bendera merah putih raksasa yang ada digunung ini dan bisa terlihat dari jauh.

Hal tersebut semakin membuat destinasi wisata di kediri ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi, terutama anda yang suka narsis di Instagram karena merupakan spot yang instagramable, untuk area berfoto.

  • Candi Surawana

Suka dengan sejarah dan cerita-cerita kerajaan jaman dahulu ?.Kediri punya banyak spot wisata sejarah yang bisa anda kunjungi.

Salah satunya adalah Candi Surawana yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Candi ini merupakan candi hindu yang dibangun pada tahun 1390 dan merupakan tempat untuk memuliakan Raja Bhre Wengker.

Dengan poisisi menghadap ke arah barat, Candi Surawaba ini memiliki ukuran 8 x 8 m² m. Menariknya, area wisata di kediri berupa wisata sejarah Candi Surawani ini idak memungut biaya alias grtais ketika anda masuk ke lokasi candi tersebut.

  • Air Terjun Dolo

Ingin menikmati segarnya alam hutan di temani suara gemericik dari air terjun? Silahkan datang ke lokasi wisata di kediri yakni Air Terjun Dolo.

Berlokasi di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri,  untuk menuju lokasi air terjun ini, anda harus mengeluarkan tenaga ekstra karena harus berjalan kaki menuruni tangga yang jaraknya agak lumayan jauh.

Tapi, rasa pegal tersebut akan terbayar tuntas saat anda melihat eksotisme dan pesona dari Air Terjun Dolo ini, sembari melihat pemandangan kota Kediri yang berada jauh di bawah sana.

Untuk masuk kearea wisata di kediri ini, anda cukup merohoh kocek Rp 3.000 untuk harga tiket masuk. Harga yang cukup murah untuk sebuah destinasi wisata yang cukup mengagumkan.

Baca Juga :  Tugu Khatulistiwa, Lokasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Pontianak
  • Museum Fotografi

Anda suka foto-foto, berarti lokasi wisata di kediri yang satu ini juga sangat disayangkan jika tak anda kunjungi.

Museum Fotografi ini berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean No.60/160, Ngronggo, Kota Kediri, Jawa Timur. Di musium fotografi ini banyak terdapat foto-foto yang berkelas yang bisa anda nikmati.

Selain itu, disini juga memiliki banyak sekali koleksi kamera, mulai dari kamera antik, kamera saku, hingga kamera DSLR dari masa ke masa yang tentunya bisa menambah pengetahuan anda tentang kamera, terutama untukanda yang hobby fotografi.

  • Monumen Simpang Lima Gumul

Berada di monumen simpang lima gumul (SLG) serasa sedang berasa di Perancis. Kenapa bisa ? pasalnya desain monumen yang satu ini mirip dengan monumen yang ada di Paris, yaitu monumen L’Arc de Triomphe.

Terletak di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai monumen SLG  dari pusat kota Kediri.

Disini kalian bisa berfoto, dan menikmati indahnya relief dibagian dindingnya yang menggambarkan tentang sejarah kota Kediri dan juga Ganesha.

Selain itu, di dalam gedung monumen SLG ini juga terdapat beberapa ruangan yang digunakan untuk pertemuan, auditorium, ruang serbaguna serta pusat hadiah.

  • Masjid Agung Kediri

Masjid ini merupakan masjid terbesar yang ada di Kediri Jawa Timur yang diresmikan oleh pemerintah pada 2006 lalu. Berlokasi di pusat kota Kediri, masjid Agung Kediri  menghadap langsung ke alun-alun Kediri dan juga Balai Kota Kediri.

Bangunan Masjid yang terlihat megah dengan tiga lantai dan menara yang tinggi menjulang setinggi 49 meter. Buat anda yang Muslim dan ingin berwisata religi, lokasi wisata di kediri ini merupakan destinasi yang sangat sayang untuk dilewatkan.

  • Gua Selomangleng

Lokasi wisata di Kediri berikutnya yang juga harus anda kunjungi jika sedang berada di Jawa Timur adalah Gua Selomangleng.

Nama Selomangleng sendiri merupakan sebuah istilah bahasa jawa yang jika diartikan memilikimakna Batu Miring, hal itu dikarenakan lokasinya yang memang berada disebuah lereng bukit, sehingga terlihat miring.

Baca Juga :  Jelajahi keindahan Danau Matano, Danau Terdalam di Dunia

Lokasi gua Selomangleng ini sendiri berada di Jalan Mastrip, Kota Kediri. Pengunjung yang ingin masuk ke goa ini, diharuskan membayar tiket masuk dahulu sebesar Rp 4000 untuk orang dewasa dan Rp2.500 untuk anak-anak.

Didalam dnding Gua Selomangleng ini ada banyak sekali relief-relief peninggalan jaman dulu yang sudah mulai halus termakan usia. Namun anehnya, banyak pakar sejarah dan arkeolog yang datang kesini masih belum menemukan arti dari relief-relief yang terdapat pada dinding gua Selomangleng tersebut.

  • Taman Wisata Sumber Ubalan

Berlokasi di Desa Minyak Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Taman Wisata Sumber Ubalan merupakan objek wisata hutan lindung yang memiliki mata air jernih di dalamnya.

Untuk bisa menikmati wisata alam berupa hutan lindung ini, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp8.000 untuk anak-anak.

Adakisah unik dan penuh misteri terkait SUmber Ubalan ini. Beberapa penduduk lokal di sekitar wilayah tersebut percaya bahwa air yang berasal dari mata air tersebut dapat membuat awet muda dan juga memperpanjang umur mereka.

Terlepas dri kisah mistisnya tersbeut, taman ini memang mempunyai pemandangan yang menarik dan juga udara yang segar dan masih alami.

Selain itu terdapat pula beberapa wahana menarik seperti kolam perahu, sepeda air, taman anak-anak dan juga kolam renang yang bisa anda coba untuk menambah keseruan anda ketika mengunjungi lokasi wisata di kediri ini.

  • Kampung Inggris Pare

Sejak dahulu, ada sebuah kampung di kota kediri yang terkenal karena banyak penduduknya yang mempunyai kemampuan bahasa inggris yang fasih, bernama kampung Inggris.

Disini, banyak masyarakat dari luar daerah yang sengaja datang untuk khusus belajar bahasa Inggris dan mempratekkannya secara langusng di kehidupan sehari-hari.

Nah, buat anda yang ingin berwisata sekaligus mengasah kemampuan bahasa Inggris anda, lokasi ini cocok untuk anda datangi.

Topic:

Just For You