Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Sirip Hiu di Atap Mobil

quota.ID – Beberapa varian mobil terbaru, pasti dilengkapi dengan tonjolan yang mirip dengan sirip hiu pada atapnya. Namun, banyak pemilik kendaraan yang masih belum ngeh  dengan fungsi sirip hiu di atap mobil ini.

Untuk diketahui, sebenarnya komponen yang satu ini bukan hanya sekedar menjadi pemanis dan membuat mobil menjadi lebih ganteng semata.

Akan tetapi, komponen itu sejatinya adalah merupakan salah satu fitur dalam kendaraaan yang bernama shark fin antenna.

Sesuai dengan namnya, Shark fin antenna sendiri adalah alat penangkapan sinyal yang memiliki bentuk yang menyerupai sirip hiu.

Baca Juga :  Bukan Cuma Karena Aki, Mobil Sulit Distarter Bisa Juga Karena Ini

Dimana modul pada shark fin ini dihubungkan dengan head unit melalui kabel konektor, guna menayalurkan gelombang Satellite Digital Audio Radio Service (SDARS), GPS, Advance Mobile Phone Services (AMPS), dan Personal Communication Service (PCS).

Tak hanya itu, fungsi sirip hiu di atap mobil ini juga dapat meningkatkan nilai estetika pada bagian eksterior kendaraan. Melalui desainnya yang terlihat aerodinamis, adanya shark fin antenna juga dapat meningkatkan kesan sporty  pada kendaraan berjenis sedan.

Meski antena sirip hiu ini sudah tersedia dibeberapa jenis mobil terbaru, namun ada beberapa tipe mobil yang tidak dilengkapi dengan komponen ini.

Untuk anda pemiliki kendaraan yang ingin menerapkan komponen ini di mobil kesayangan, anda bisa memasangnya sendiri atau dilakukan dibengkel variasi mobil kepercayaan anda.

Baca Juga :  Jangan Cuci Pelek Mobil Dengan Sabun Colek. Ini Alasannya

Banyak alasan mengapa pengguna mobil ingin mengganti antena standar dengan bentuk sirip hiu ini. Pertama, pada antena bawaan desainnya terlalu panjang sehingga bisa menimbulkan potensi tersangkut pohon atau benda lain, terlebih jika memiliki garasi dengan desain pintu yang rendah.

Bahkan terkadang pemilik mobil kerap melepas antena ketika ingin menutup mobil dengan sarung. Selain itu, alasan yang sering dikemukakan oleh pemiliki mobil  mengapa ingin mengganti antena bawaan dengan shark fin antenna  adalah untuk menambah kesan sporty  pada kendaraan.

Meski labelnya `aksesori`, namun antena jenis sirip hiu ini juga memiliki manfaat yang sama dengan antena biasa bawaan pabrik, yaitu menerima sinyal yang berasal dari pemancar, dan menterjemahkannya menjadi suara dan gambar.

Baca Juga :  Begini Cara Memanaskan Mobil Matic yang Sesuai Anjuran

Untuk cara memasangnya pun relatif mudah. Tinggal melepas batang antena standar, lalu menggantinya dengan antena sirip hiu. Pastikan untuk menyambungkan kembali kabel yang mencuat dari mobil serta kabel yang ada di `sirip hiu` agar antena bisa berfungsi dengan normal.

Sekedar informasi, sebenarnya selain Shark Fin Antenna ada juga tipe antena eksternal lain yang juga memiliki kegunaan yang sama. Misalnya antena tarik, fixed, printed glass, dan motorized. 

Sekarang sudah paham kan  fungsi sirip hiu di atap mobil kesayangan Anda ? Bukan hanya sekedar hiasan keberadaan komponen ini ternyata juga memiliki fungsi yang cukup vital di kendaraan kesayanagan anda.

Topic:

Just For You