Waspada, Ada Game Minecraft dan GTA V Palsu Yang Berisi Malware

quota.ID – Perusahaan antivirus dan keamanan digital terkemuka, Kaspersky Lab baru saja mengumumkan adanya beberapa judul game populer palsu yang di tengarai menyebarkan malware.

Dalam laporannya ada lebih dari ratusan ribu pengguna yang terkena dampak daripenyebaran malware tersebut dalam kurun waktu 12 bulan dari awal Juni 2018 hingga awal Juni 2019.

Maria Fedorova, peneliti keamanan di Kaspersky Lab menjelaskan “Selama berbulan-bulan kami melihat bahwa pelaku kejahatan cyber mengeksploitasi sektor hiburan untuk menyerang pengguna dengan mengejutkan, baik itu serangkaian acara TV populer, pemutaran perdana film-film top atau video game populer”

Editors’ picks

Baca Juga :  Hanya Lewat Foto, Hacker Bisa Kuasai Smartphone Android Korban

Lebih lanjut, dalam laporan yang mereka rilis, beberapa judul game populer di ketahui di palsukan untuk kemudian didistribusikan kepada para pengguna dengan di dompelngi malware.

Game populer Minecraft menduduki urutan teratas sebagai game yang dipalsukan untuk menyebarkan malware karena judul game tersebut berkontribusi menyumbang sekitar 30 persen dari total serangan, dengan lebih dari 310.000 pengguna yang terinfeksi oleh malware.

Diposisi kedua ada game populer berjudul GTA V, yang diketahui telah berhasil memperdayai pengguna dengan lebih dari 112.000 korban.

Sementara judul game Sims 4 menempati posisi ketiga dengan jumlah korban hampir 105.000 yang terinfeksi malware yang didistribusikan melalui game yang dipalsukan ini.

Baca Juga :  Chip T2, Prosesor Buatan Apple Ini Di Klaim Anti Hacker

“Kami terus mendesak semua orang untuk tetap waspada, menghindari platform digital dan penawaran yang mencurigakan, serta menginstal perangkat lunak keamanan dan melakukan pemindaian keamanan reguler pada semua perangkat yang digunakan untuk bermain gim,” jelas Maria Fedorova, ahli keamanan digital Kaspersky Lab lebih lanjut.

Terkait dengan aktivitas penyebaran malware dengan menggunakan game-game yang dipalsukan tersebut, pihak Kaspersky Lab memberikan tips bagaimana terhindar dari serangan ini.

  • Selalu menggunakan layanan sah dan resmi dengan reputasi yang telah terbukti ketika ingin mendownloadgame melalui internet
  • Perhatikan dengan seksama website yang anda kunjungi ketika ingin mengunduh game. Pastikan websitetersebut menggunakan protokol https dalam layanan mereka.
  • Pastikan kembali situs web tersebut asli dengan memeriksa ulang format URL atau ejaan nama perusahaan yang benar, sebelum memutuskan untuk memulai unduhan.
  • Jangan asal mengklik tautan yang dikirim ke alamat email anda, misalnya iming-iming  yang menjanjikan peluang untuk memainkan game pra-rilis.
  • Gunakan aplikasi anti virus yang telah terbukti untuk mendeteksi malware, mislanya Kaspersky Security Cloud.

Topic:

Just For You