Leukosit rendah (Leukopenia), Penyebab dan Gejalanya

  • Whatsapp
Leukosit rendah (Leukopenia), Penyebab dan Gejalanya

quota.ID – Leukopenia atau dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan nama Leukosit rendah merupakan kondisi kesehatan seseorang dimana jumlah sel darah putih di dalam tubuhnya mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga di bawah normal.

Seperti diketahui, Leukosit atau sel darah putih merupakan salah satu bagian penting dari sistem imun atau kekebalan tubuh manusia yang memiliki peran cukup dalam melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi penyakit yang mengancam.

Muat Lebih

Sel darah putih ini diproduksi oleh sumsum tulang yang selanjutnya akan dialirkan ke seluruh tubuh manusia. Apabila seseorang mengalami kekurangan sel darah putih, maka tubuhnya akan sangat rentan terkena infeksi.

Oleh karena itu, harus diketahui sejak dini apa yang jadi penyebabnya, agar anda tidak mengalami kondisi leukosi rendah.

Dengan mengetahui gejala serta penyebabnya maka anda bisa melakukan tindakan yang diperlukan agar terhindar dari kekurangan sel darah putih yang tidak baik untuk kesehatan anda.

Baca Juga :  Selain Susah Buang Air Besar, Ini 4 Tanda Lain Jika Tubuh Kurang Serat

Penyebab Terjadinya Leukosit Rendah

Seseorang akan di vonis mengalami kekurangan sel darah putih apabila jumlah leukosit dalam darahnya kurang dari batasan normal yang seharusnya.

Menurut standar kesehatan, orang dewasa jumlah leukosit yang normal adalah adalah 4.000-11.000 sel darah putih per mikroliter darah.

Sementara untuk yang masih bayi, jumlah leukosit yang normal adalah 9.000-30.000 sel per mikroliter darah. Apabila setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium, jumlah leukosit tidak berada di angka tersebut atau lebih rendah dari angka tersebut, maka pasien tersebut di katakan mengalami Leukopenia.

Secara umum, apabila seseorang mengalami lekukosit rendah hal itu disebabkan oleh adanya infeksi virus seperti HIV dan hepatitis yang mengganggu kinerja sumsum tulang yang bertugas untuk memproduksi sel darah putih yang berakibat pada menurunnya jumlah sel darah putih pada penderita.

Selain itu, beberapa penyebab lain kondisi leukosit rendah adalah:

  • Terjadinya kelainan bawaan sejak lahir, dimana hal iniĀ  yang menyebabkan menurunnya fungsi sumsung tulang yang memproduksi sel darah putih.
  • Menderita penyakit autoimun, contohnya penyakit Lupus dimana penyakit ini yang menghancurkan leukosit atau bahkan sumsung tulang belakang.
  • Megalami sarkodiosis, yaitu suatu kondisi kesehatan yang dialami oleh seseorang dengan ditandai munculnya penumpukan sel radang atau granuloma yang tersebar di berbagai bagian tubuh penderita.
  • Terkena penyakit kanker atau jenis penyakit lainnya yang merusak sumsung tulang penderita.
  • Merupakan Efek samping dari program kemoterapi serta radioterapi yang sedang dijalani penderita.
Baca Juga :  Yuk Bikin Sendiri Jamu Pelancar Haid, Mudah dan Murah

Gejala Umum yang Nampak Jika Menderita Leukopenia

Apabila seseorang mengalami kondisi kekurangan sel darah putih, maka gejala yang di timbulkan tidak dapat dikenali secara spesifik apakah seseorang menderia Leukopenia atau penyakit lain.

Pasalnya, jika seseorang didiagnosa mengalami Leukosit rendah gejala yang timbul umumnya mirip dengan gejala penyakit lain, misalnya mengalami demam, badan menggigil atau pegal-pegal, dan sakit kepala.

Kendati demikian ada beberapa gejala lain yang harus waspadai dan perlu segera untuk dilakukan pemeriksaan lengkap ke dokter apabila anda mengalami kondisi seperti berikut:

  • Mengalami diare yang terus-menerus atau bahkan disertai dengan keluarnya darah saat BAB.
  • Mengalami mual dan muntah yang cukup parah.
  • Nafsu makan menjadi berkurang hingga merasakan tubuhnya menjadi sangat lemas.
  • Munculnya ruam di kulit penderita.
  • Mengalami penyakit batuk yang tidak kunjung sembuh.
  • Mengalami rasa nyeri pada bagian perut hingga terasa sesak napas.
  • Terasa nyeri saat buang air kecil.

Apabila anda menunjukan gejala-gejala seperti diatas, maka sangat di anjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter guna pemeriksaan lebih lebih lengkap.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Mata Kering yang disarankan Oleh Dokter Mata

Nantinya, akan dilakukan serangkaian pemeriksaan atau cek darah di laboratorim guna memastikan apakah anda mengalami leukosit rendah atau kekurangan sel darah putih atau gejala yang timbul seperti diatas diakibatkan oleh adanya penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.

Sekali lagi di ingatkan, Leukosit rendah adalah kondisi kesehatan yang perlu untuk diwaspadai karena akan memicu penyakit lainnya. Pastikan melakukan pemeriksaan guna memastikan kondisi tersebut, untuk segera di lakukan penanganan yang tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *