Hobi Nyinyir Bisa Berdampak Buruk Untuk Kesehatan. Ini Buktinya!

quota.ID – Dalam beberapa waktu terakhir, kerap kita mendengar kalimat “nyinyir” yang berseliweran di berbagai platform media sosial. Unggahan yang bernada mengejek, bullying, dan cemoohan dari mereka yang hobi nyinyir itupun akhirnya mendapat balasannya.

Satu persatu mereka yang sering membagikan unggahan dengan narasi negatif dan terkesan memojokan pihak lain ini harus berurusan dengan pihak berwajib karena berbenturan dengan UU ITE yang berlaku di Indonesia.

Namun tahukah anda, selain harus berurusan dengan pihak berwajib, hobi nyinyir yang dilakukan tersebut juga bisa membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh pelakunya.

Mungkin banyak diantara mereka yang kerap ber-nyinyir  ria ini akan mengelak bahwa apa yang mereka lakukan bukanlah nyinyir dan tak percaya terhadap efek negatif terhadap kesehatannya.

Baca Juga :  5 Jenis Buah-buahan dengan Manfaat Luar Biasa untuk Ibu Hamil

Akan tetapi, tidak dengan sebuah penelitian yang dilakukan sebuah Universitas ternama ini. Sering nyinyir ternyata bisa membawa dampak buruk terhadap kesehatan seseorang.

Penasaran seperti apa dampak negatifnya, berikut ulasan lengkapnya.

Dampak Negatif Hobi Nyinyir Bagi Tubuh

Melansir dari laman concordia.ca, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Concordia menyebutkan bahwa nyinyir pada orang lain justru menandakan akan adanya gangguan fisiologis yang memengaruhi metabolisme, respon imun, dan fungsi organ dari orang tersebut.

Bahkan tidak hanya itu saja, kepala klinik psikiatrik dari Free University of Berlin, Michael Linden juga menyebutkan jika hobi nyinyir bisa berdapak buruk bagi kesehatan. Dengan terbiasa menyalahkan atau berkomentar negatif tentang orang lain akan bisa menyebabkan penyakit mental.

Baca Juga :  Biji Lamtoro dan Daun Sambiloto Bisa digunakan Untuk Obat Herbal Diabetes

Michael, dalam penjelasannya menyebutkan bahwa kebiasaan negatif ini dipengaruhi oleh trauma masa lalu yang menyebabkan gangguan medis atau dalam dunia kedokteran di sebut PTED (Post Traumatic Embitterment Disorder).

Menurut Michael, Hobi Nyinyir merupakan salah satu cara bagi seorang penerita PTED untuk mengembalikan rasa percaya diri atau pandangan positif pada dirinya sendiri.

Maka dari itu, dengan menyalahkan atau berkata buruk tentang orang lain, secara tidak langsung dia akan merasa lebih baik dan harga dirinya juga selalu terlindungi.

Kadang kala orang yang suka nyinyir itu tidak menyadari bahwa hal tersebut akan menimbulkan pertengkaran dan memancing emosi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Kondisi ini secara tidak langsung juga akan berdampak buruk untuk kesehatan fisik jika dibiarkan terus-menerus.

Karenanya, untuk anda yang kerap kali nyinyir, baik di media sosial maupun di kehidupan nyata, lebih baik mulai sekarang dikurangi atau bahkan dihilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh dipanaskan Kembali

Sebaiknya mulailah bersikap positif baik pada diri sendiri atau juga orang lain. Karena selain akan berdampak buruk pada kesehatan fisik ataupun mental Anda, berkomentar negatif pada orang lain juga akan membuat membuat anda berurusan dengan pihak berwajib jika pihak yang anda nyinyiri tidak terima dan melaporkannya ke Polisi.

Jadi, jika Anda ingin di hargai, lakukan hal yang sama dengan menghargai dan menjaga perasaan orang lain terlebih dahulu.

Hentikan kebiasaan buruk dan Hobi Nyinyir anda agar anda bisa selalu berfikiran positif, memiliki tubuh dan mental yang sehat serta yang pasti tidak harus berurusan dengan pihak berwajib seperti yang dialami oleh mereka yang di ciduk oleh polisi karena unggahan nyinyir mereka di media sosial.

Topic:

Just For You