Jangan Cuci Pelek Mobil Dengan Sabun Colek. Ini Alasannya

quota.ID – Ketika mencuci kendaraan roda empat ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan sabun colek atau deterjen ketika mencuci pada bagian pelek mobil. Kenapa?

Ketika mencuci mobil sangat direkomendasikan untuk menggunakan dua jenis sabun yang berbeda. Ada sabun khusus eksterior terutama bagian bodi mobil dan ada juga sabun khusus untuk bagian bawah/kolong atau area kaki-kaki mobil.

Untuk bagian bodi dan atap mobil, disarankan menggunakan sabun khusus dengan pH balance agar tidak merusak permukaan lapisan cat dan membuat warna menjadi kusam.

Editors’ picks

Baca Juga :  Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Sirip Hiu di Atap Mobil

Sementara untuk bagian kolonng atau bawah mobil serta ban, bisa menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci pakaian yag digunakan sehari-hari.

Namun ingat, sabun colek atau deterjen tersebut jangan digunakan untuk mencuci pelek mobil. Sebab, jika hal tersebut sering dilakukan akan membuat permukaan cat pelek menjadi rusak dan mengelupas.

Hal itu dijelaskan oleh Ade Lesmana yang merupakan Technical Support Otogard seperti dikutip dari laman Detik Oto.

“Untuk mencuci pelek, usahakan pakai sabun pH balance, jangan pakai sabun colek. Kenapa? karena lapisan cat atau krom-kroman pada pelek nantinya akan cepat jadi kuning,” jelas Ade.

Untuk mencuci bagian ini, sebaiknya gunakan juga sabun yang sama dengan yang di gunakan untuk mencuci pada bagian bodi atau atap mobil.

Baca Juga :  Begini Cara Memanaskan Mobil Matic yang Sesuai Anjuran

“Tapi usahakan embernya dipisah ya. Jadi buat cuci pelek embernya sendiri dan buat cuci bodi mobil embernya sendiri,” terang Ade lebih lanjut.

Penggunaan ember yang berbeda untuk menampung cairan sabun ini penting dilakukan. Pasalnya, jika ember untuk sabun bodi dan pelek jadi satu, dikhawatirkan pasir atau debu dari pelek akan ikut menempel pada kain untuk menggosok dan hal tersebut justru akan membuat cat bodi mobil menjadi baret-baret.

Namun, jika ingin menggunakan satu ember sabun saja, sebaiknya cuci bersih lebih dahulu pada bagian bodi dan atap mobil.

Selanjutnya bisa menggunakan sisa sabun untuk mencuci pada bagian pelek mobil di tahap akhir pencucian. Namun, jangan gunakan kembali untuk mencuci bodi ketika selesai digunakan untuk mencuci area pelek mobil tersebut.

Topic:

Just For You