Beberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh dipanaskan Kembali

quota.IDBeberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh dipanaskan Kembali – Seringkali dalam kehidupan sehari-hari, kita mendapati makanan yang kita masak hari ini tidak habis di konsumsi di hari yang sama.

Agar tidak mubadzir dan terbuang sia-sia, ada sebagian yang sengaja menyimpan sisa makanan tersebut lalu dipanaskan kembali untuk di santap keesokan

Meski hal ini merupakan sebuah contoh yang baik karena sangat menghargai makanan, namun ternyata tak semua jenis makanan bisa di panaskan ulang untuk kemudian disantapkembali.

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang apabila dipanaskan ulang justru dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya.

Apa saja jenis makanan yang tak boleh di panaskan ulang kembali ? simak ulasannya berikut ini.

Beberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh dipanaskan Kembali

Dalam beberapa jenis makanan tertentu, ada jenis makanan yang tidak boleh sama sekali di panaskan ulang dan ada juga yang tidak disarankan atau boleh namun dengan pengecualian.

  • Sayuaran akar-akaran dan juga sayur dedaunan
Baca Juga :  Hindari Dua Cara Ini Saat Menyeduh Teh Celup, Biar Makin Nikmat

Pernah makan sayur bening bayam ? jenis makanan sederhana namun menyehatkan ini justru akan berubah jadi berbahaya jika di panaskan kembali.

Usahakan untuk masak jenis makanan dari berbagai jenis sayuran akar dan dedaunan seperti bayam, selada, dan seledri, tauge sekali masak dan habis dalam satu kali konsumsi.

Pemanasan ulang beberapa jenis sayuran tersebut dapat mengubah senyawa nitrit yang ada dalam sayuran melalui konversi panas yang kemudian berubah menjadi nitrosamin.

Senyawa ini diketahui memiliki sifat karsinogenik, jadi sebisa mungkin untuk TIDAK  memanaskan ulang kembali sayuran akar dan berdaun ini demi kesehatan anda.

  • Daging Ayam dan Telur

Jenis makanan yang ada kandungan telur di dalamnya tidak masalah untuk dipanaskan kembali. Akan tetapi, telur yang di masak dengan cara didadar atau telur orak-arik serta telur rebus tidak boleh untuk dipanaskan ulang.

Baca Juga :  Amalan Jawa Kuno ini dipercaya Dapat Membuat Pasangan Segera Memiliki Anak

Telur ini bisa menjadi racun bagi tubuh apabila dipanaskan pada suhu tinggi, terutama jika telur tersebut sudah matang matang atau atau di panaskan kembali.

Begitu juga dengan daging ayam, kandungan protein yang ada dalam daging ayam akan berubah, menyebabkan masalah serius pada pencernaan jika dipanaskan kembali.

Namun dalam kondisi tertentu, apabila ada sisa makanan dari daging ayam anda masih di tolerasi untuk memakannya kembali dengan cara memanaskannya dengan tapi dengan panas yang sangat rendah atau cukup di hangatkan saja.

  • Kentang

Kentang merupakan jenis makanan yang kaya akan karbohidrat yang baik di konsumsi sebagai pengganti nasi.

Kandungan gizi dalam kentang akan jauh berkurang secara signifikan apabila tidak segera di konsumsi atau di biarkan lebih dari satu hari setelah dimasak.

Baca Juga :  Waduh, Xiaomi Jadi Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

INGAT, jangan memanaskan kembali sisa kentang yang sudah dimasak karena bisa menjadi racun yang menyebabkan keracunan makanan yang sangat serius serius.

  • Jamur

Jenis makanan ini merupakan salah satu sumber makanan nabati bergizi dengan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun,akan lain cerita jika jamur ini dikonsumsisetelah di panaskan kembali dari sisa makanan yang dimasak sebelumnya.

Makaanan dari jamur yang dipanaskan ulang karena dapat menyebabkan masalah pencernaan yang cukup serius.

Ada baiknya mengkonsumi makanan jamur ini segera setelah selesai di masak, karena jamur akan dengan cepat memburuk dan menjadi racun apabila tidak cepat dikonsumsi.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis makanan yang tak boleh dipanaskan kembali. Meski ada sisa makanan ada baiknya berikan kepada orang lain yang mau mengkonsumsinya jika masih layak, atau sebaiknya di buang saja demi kesehatan anda sendiri.

Topic:

Just For You