Apakah Jus Kacang Panjang dan Tomat Bisa Sembuhkan Diabetes ? Cek Faktanya Disini

quota.ID – Mengkonsumsi jus kacang panjang dan tomat, selama ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Anggapan ini sudah terlanjur diyakini oleh sebagian masyarakat kita. Namun apakah faktanya demikian?

Seperti kita tahu, penyakit Diabetes atau juga dikenal dengan istilah sehari-hari dengan nama penyakit gula atau kencing manis, merupakan salah satu dari sekian banyak jenis penyakit kronis yang hingga saat ini masih sulit untuk di kendalikan.

Sehingga banyak dari penderita penyakit ini kerap kali harus berakhir dengan kematian, setelah berjuang melawan penyakit ini.

Diabetes Melitus adalah suatu kelompok penyakit metabolic dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena adanya kelainan produksi insulin, kerja dari insulin atau dikarenakan oleh kedua – duanya.

Penyakit ini memiliki tiga gejala khas yaitu banyak makan (polifagi), banyak minum (polidipsi), dan banyak kencing (polyuria).

Untuk metode dan cara penyembuhan penyakit diabetes ini, harus dengan penanganan dan perawatan dokter secara intensif. Selain itu, diet rendah kalori dan menerapkan pola hidup sehat merupakan kunci utama dari proses  penyembuhan penyakit diabetes mellitus ini.

Selain itu, banyak juga dikalangan masyarakat kita yang mencoba alternatif pengobatan lain, salah satunya adalah dengan pengobatan yang memanfaatkan bahan alami atau bahan herbal.

Dari sekian banyak alternatif pengobatan secara alami, salah satu yang cukup populer di kalangan masyarakat yang hingga kini masih diyakini dapat menyembuhkan penyakit diabetes adalah dengan rutin mengkonsumi jus kacang panjang dan tomat.

Baca Juga :  Ingin Tidur Lebih Nyenyak, Coba Konsumsi Makanan & Minuman Ini

Namun, apakah efektifitas dan khasiatnya sudah teruji ? Bagi anda yang penasaran, berikut ulasan lengkap mengenai manfaat jus kacang panjang dan tomat yang sebaiknya anda ketahui.

Apakah Jus Kacang Panjang dan Tomat Bisa Sembuhkan diabetes?

Pada dasarnya, mengonsumsi jus kacang panjang dan tomat yang selama ini yakini dapat menyembuhkan diabetes adalah merupakan salah satu bagian dari terapi pola hidup sehat bagi penderita penyakit kencing manis.

Namun demikian, efektifitas dari mengkonsumsi jus sayur kacang panjang yang dipadukan dengan tomat ini masih butuh penelitian lebih lanjut, karena secara medis hal ini belum bisa di buktikan.

Ahli medis menyebut bahwa mengkonsumsi jus kacang panjang dan tomat ini sebagai bagian dari terapi penerapan pola hidup sehat untuk penderita diabetes.

Oleh karenanya, mengkonsumsi jus yang terbuat dari kedua bahan ini justru lebih efektif apabila dilakukan pada masa awal-awal terdeteksinya penyakit diabetes ini.

Ketika seseorang mulai merasakan gejala diabetes dan sudah mulai terdetaksi, di mana kadar gula darah mengalami lonjakan yang cukup drastis, maka disarankan untuk segera mulai mengkonsumsi jus sayur kacang panjang yang dicampur dengan buah tomat tersebut.

Kedua jenis sayuran yang dibuat jus ini berguna untuk menormalkan kembali kadar gula darah yang mengalami kenaikan. Kendati demikian, penderita tetap harus mengkonsumsi obat-obatan medis untuk penyakit diabetes yang sudah diresepkan oleh dokter yang menangani.

Pemberian kedua jenis sayuran yang sudah dibuat dalam bentuk minuman jus ini dapat menjadi antioksidan bagi tubuh penderita sehingga memperbaiki pola hidup penderita bila rutin dilakukan.

Baca Juga :  Penyakit Pneumonia, Penyebab Utama Kematian Balita di Indonesia

Akan tetapi, ada baiknya pemberian jus ini ini hanya dilakukan diawal dimana gejala penyakit ini mulai terdekteksi.

Setelah 3 bulan kemudian periksa kembali gula darah penderita dan bila memang masih tinggi dan tidak terjadi perubahan, maka pemberian kedua sayuran ini tidak terlalu berperan dan harus dibantu dengan obat diabetes dari dokter.

Namun, jika setelah mengkonsumsi jus kcang panjang dan tomat ini terdapat pengurangan kadar gula darah yang signifikan maka obat – obatan belum diperlukan.

Jadi faktanya, jus kacang panjang dan tomat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sebagai bagian dari penerapan gaya hidup sehat Anda ketika penyakit diabetes telah terdeteksi dari awal, BUKAN untuk obat penyakit diabetes.

Cara Membuat Jus Kacang Panjang dan Tomat

Meskipun campuran kedua bahan ini bukan untuk menyembuhkan, namun tak ada salahnya mengkonsumsi jus alami ini guna mencegah dan menjaga kadar gula darah anda tetap normal.

Berikut ini adalah resep cara membuat jus sayur kacang panjang yang dikombinasi bersama tomat yang bisa anda coba praktekan di rumah:

  • Siapkan 7 helai kacang panjang segar yang masih muda serta dengan 1 buah tomat segar
  • Cuci bersih kedua bahan tersebut dengan air mengalir
  • Lalu potong-potong kacang panjang dan tomat menjadi beberapa bagian kecil, selanjutnya masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan sedikit air, kemudian blender kedua bahan tersebut hingga halus
  • Minumlah jus campuran kacang panjang dan tomat secara rutin 2 kali sehari
  • Untuk menambah rasa agar lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan potongan buah apel yang sudah dipotong-potong dan diblender bersamaaan kedua bahan tadi.
  • Namun perlu anda ingat, untuk tidak menyimpan jus ini. Usahakan untuk menghabiskan saat itu juga ketika jus selesai dibuat.
Baca Juga :  Minum Air Dingin Bisa Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Selain itu, untuk menjaga agar kadar gula darah penderita tidak naik, maka perlu di terapkan pola hidup sehat antara lain dengan:

  • Perbaiki pola makan Anda dengan makan secara teratur 3x per hari sesuai dengan kebutuhan kalori Anda
  • Perbanyak Makan – makanan yang bergizi dan kaya serat.
  • Sebisa mungkin untuk menghindari pantangan makanannya
  • Perbanyak minum air putih minimal 2 L/hari
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stress Anda dengan bijak
  • Rutin berolah raga secara teratur
  • Sebaiknya hindari makanan yang berlemak, bersantan, asam atau pedas
  • Selalu rutin kontrol gula darah setiap bulan
  • Konsumsi obat – obatan yang diberikan oleh dokter secara teratur dan ikuti instruksi dokter yang merawat Anda bila sudah disarankan
  • Usahakan untuk tenangkan pikiran Anda dan nikmati waktu dengan orang terdekat dan Anda sayangi.

Jadi kesimpulannya, mengkonusm jus kacang panjang dan tomat untuk menyembuhkan penyakit diabetes atau kencingmanis ini belum teruji secara medis, karena sampai saat ini belum ada riset yang membuktikan hal tersebut.

Namun apabila mengkonsumsi jus ini sebagai bagian dari penerapan pola hidup sehat, maka mengkonsumsi ramuan ini justru sangat di anjurkan guna menjaga kadar gula darah anda tetap normal.

Topic:

Just For You