Kaca Mobil Tidak Bisa Naik, Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Kaca Mobil Tidak Bisa Naik, Penyebab dan Cara Mengatasinya

quota.ID – Masalah kaca mobil tidak bisa naik atau macet kerap dikeluhkan oleh pemilik kendaraan yang sudah memasuki usia kendaraan di atas 5 tahun.

Ada beberapa penyebab mengapa hal ini bisa terjadi, salah satunya yang cukup sering adalah adanya masalah kelistrikan pada power window tersebut.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, ada beberapa penyabab lain yang juga bisa mengakibatkan kaca mobil tidak bisa naik atau macet. Apa saja penyebabnya? berikut ulasannya.

Penyebab Kaca Mobil Tidak Bisa Naik

Seperti yang dijelaskan oleh mekanik resmi dari Suzuki Indonesia ada beberapa penyebab mengapa kaca mobil kita terasa seret atau bahkan tidak bisa naik sama sekali ketika tombol power window ditekan.

Ini beberapa penyebabnya:

  • Sekering Putus

Umumnya ini terkait dengan kelistrikan dari kendaraan itu sendiri. Power window menggunakan sumber energi listrik untuk menggerakan motor yang menaik turunkan kaca mobil.

Baca Juga :  Cara Membedakan Kulit Jok Motor yang Berkualitas Baik dan Jelek

Jika sekering putus, maka bisa jadi ini akan membuat sistem power window tidak bisa bekerja.

  • Kerusakan Saklar/Tombol Power Window

Jika sekering dalam kondisi bagus, maka pengecekan selanjutnya silahkan pada bagian atau komponen tombol atau saklar untuk menaik turunkan kaca jendala mobil.

Jika tidak ada respon meski tombol sudah ditekan bisa jadi tombol tersebut mengalami kerusakan.

  • Motor Penggerak Rusak

Selanjutnya, cek juga pada bagian motor penggerak yang berfungsi untuk menaik turunkan kaca jendala mobil. Jika mengalami kerusakan atau tidak berfungsi maka sudah selayaknya dilakukan pergantian.

Karena faktor usia pemakaian yag sudah diatas 5 tahun, bisa jadi komponen yang ada dalam motor penggerak sudah lemah atau mengalami aus pada geriginya.

  • Regulator Power Vindow Rusak

Ini merupakan komponen penyambung antara motor penggerak dan kaca jendela mobil. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, imbasnya kaca mobil tidak bisa naik atau turun.

Umumnya kerusakan regulator ini terjadi pada bagian gerigi atau penghubung dudukan kaca yang terlepas atau aus sehingga kaca tidak bisa naik turun.

  • Karet Jendela Kotor dan Keras
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bekas Stiker dengan Mudah

Selain kerusakan komponen dan kelistrikan, masalah kaca mobil macet juga bisa disebabkan oleh karet yang berada di pintu jendela kotor.

Hal inilah yang membuat kaca jendela seret, sehigga sulit turun atau naik.

Cara Mengatasinya

Untuk cara mengatsinya harus didasarkan yang jadi penyebab mengapa power window tersebut menjadi macet.

Jika disebakan oleh kerusakan komponen dan kelistrikan, maka sudah pasti anda harus membawanya ke bengkel atau tempat service guna dilakukan perbaikan atau pergantian komponen.

Namun jika penyebabnya adalah karena karet jendela yang kotor maka Anda bisa mengetasi masalah tersebut sendiri dirumah dengan cara:

  • sediakan perlengkapan mulai dari kain lap, miyak goreng, hingga sikat gigi bekas. Bisa juga menggunakan cairan semir ban.
  • periksa karet jendela mobil yang bentuknya seperti beludru di tempat dudukan kaca di sekeliling pintu bagian atas.
  • bersihkan atau sikat bagian dalam karet dengan sikat gigi agar kotoran yang menempel hilang
  • teteskan minyak goreng ke lap. Setelah itu, lap bagian karet yang telah dibersihkan oleh sikat gigi tadi.
  • lap kembali sisa-sisa minyak yang menempel di karet menggunakan lap kering sampai bersih.
Baca Juga :  Yuk Cari Tahu Penyebab Radiator Mobil Bocor

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab kaca mobil tidak bisa naik atau macet dan juga cara amuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *