Taman Harmoni Surabaya, Tempat Paling Pas Untuk Liburan Keluarga

quota.ID – Jelang akhir tahun, agenda utama keluarga biasanya adalah berlibur. Jika saat ini anda sedang mencari referensi tenpat berlibur yang sedang ngehits di sekitaran Surabaya, kami memiliki rekomendasi tempat wisata yang pas banget untuk dijadikan destinasi, yaitu Taman Harmoni Surabaya.

Taman Harmoni Surabaya atau dikenal juga dengan sebutan Taman Sakura ini berlokasi di Jalan Keputih Tegal Timur 2 No.249 Keputih, Sukolilo, Surabaya. Jika Anda berjalan dari jalan raya, posisi taman ini berada tepat di belakang Terminal Angkot Keputih, Surabaya.

Dari jalan raya, Anda bisa memarkirkan kendaraan melalui jalan masuk di antara dua hutan bambu yang juga menyediakan keindahan luar biasa. Lokasi parkir kendaraan di Taman Harmoni Surabaya ini cukup luas untuk menampung puluhan mobil ataupun motor.

Destinasi Wisata Taman Harmoni Surabaya

Taman Harmoni Surabaya seakan menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan, terlebih lagi saat musim liburan. Baik wisatawan lokal maupun luar kota pasti akan sangat menyukainya.

Dilokasi wisata ini, pengunjung sengaja dimanjakan dengan pemandangan berbagai keindahan bunga yang warna-warni, diantaranya bunga mawar, matahari, sepatu dan yang paling populer adalah bunga sakura.

Baca Juga :  Objek Wisata di Tangerang yang Wajib dikunjungi Saat Akhir Pekan

Khusus pemandangan bunga sakura khas Jepang ini, pengunjung yang ingin melihat dan menikmati indahnya bunga ini tak harus pergi ke jepang untuk bisa melihat bunga sakura, cukup datang saja ke taman Harmoni maka pengunjung bisa langsung melihat bunga sakura tumbuh dan mekar.

Selain itu, hutan bambu juga menjadi lokasi favorit bagi pengunjung saat pertama kali tiba di tempat ini. Tempatnya yang asri dan penataan pohon bambu yang simetris menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang.

Terlebih lagi di Kota Surabaya bisa di katakan jarang banget ada yang namanya pepohonan bambu.

Di Taman Harmoni Surabaya, Anda bisa menjelajah ke kawasan kebun bunga yang berisikan aneka ragam bunga warna warni.

Jika di hitung mungkin tidak akan bisa Anda ketahui jumlahnya, sebab memang jenisnya sangatlah banyak.

Menurut pengelolanya, ragam bunga yang ada di kawasan tersebut terdiri dari, 70 jenis tanaman, 38 jenis pepohonan serta terdapat 31 jenis tanaman semak perdu.

Tapi setiap tahun ragam tanaman ini akan terus di tambah, karena Pemkot Surabaya sendiri memang bertekad menjadikan Taman Bunga Harmoni ini sebagai Taman Bunga Terbesar di dunia.

Baca Juga :  Air Terjun Tesbatan, Surga Tersembunyi di Amarasi dengan Pesona Tiada Duanya

Semua bunga di Taman Harmoni Surabaya ini tampaknya memang sengaja di kelompokkan menurut jenis dan warnanya. Hal itu terlihat dari pemandangannya yang cantik untuk di pandang serta di jadikan sebagai latar belakang foto selfie.

Di taman ini, Pemkot selaku penanggung jawab lokasi taman ini juga menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung seperti toilet, musholla, dan tempat parkir yang cukup luas.

Untuk anak-anak, juga tersedia area bermain yang cukup menyenangkan seperti ayunan, panjat tangga, seluncuran dan mainan jungkat-jungkit. Maka tak mengherankan jika Kota Surabaya mendapat predikat sebagai kota layak anak.

Menariknya, di lokasi tempat wisata ini tersedia fasilitas terapi kaki bagi pengunjung, sehingga selain bisa berlibur dan menikmati indahnya taman ini pengunujung juga bisa sekaligus melakukan refleksi dan terapi kaki.

Dulunya, sebelum di remikan sebagai taman kota pada tahun 2014, Taman Harmoni Surabaya ini merupakan tempat pembuangan sampah terbesar di Surabaya Timur. Maka tidak heran bila sekarang masih terdapat bekas-bekas plastik pada gundukan tanah di taman ini.

Meskipun merupakan bekas tempat pembuangan sampah, namun sudah tidak ada bau sampah sama sekali di lokasi ini.

Rute Menuju Taman Harmoni Surabaya

Taman Harmoni Surabaya ini terletak di Jalan Keputih Tegal Timur 2 No.249 Keputih, Sukolilo, karena itu taman ini juga dikenal dengan nama Taman Keputih.

Baca Juga :  Wisata Sejarah & Edukasi Di Bandung, 4 Museum Ini Wajib dikunjungi

Bila dari jalan raya, posisi taman ini berada tepat di belakang Terminal Angkot Keputih. Dari jalan raya, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya melalui jalan masuk di antara dua hutan bambu. Lokasi parkir kendaraan di Taman Harmoni ini cukup luas untuk menampung puluhan mobil atau motor.

Harga Tiket Masuk Hutan Bambu Keputih Surabaya

Hutan wisata ini dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya. Saat ini untuk biaya tiket masuk Hutan Bambu Keputih Surabaya ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Hanya saja pengunjung yang mengendari sepeda motor atau mobil harus membayar uang parkir yang nilainya kurang lebih Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000,00.

Taman Harmoni Surabaya memang cukup indah, tapi perlu di ingat harus ada kesadaran diri untuk menjaganya. Dalam hal ini yang di maksud, Anda tidak perlu susah-susah untuk merawatnya, namun pastikan anda memiliki etika yang bagus apabila ingin berfoto di taman ini.

Paling tidak yang bisa Anda lakukan adalah dengan anda tidak menginjak-injak tanaman, demikian Anda sudah termasuk menjaga keindahan dari taman ini.

Topic:

Just For You