Penyebab Mengapa Knalpot Motor Injeksi Keluar Asap

  • Whatsapp
Penyebab Mengapa Knalpot Motor Injeksi Keluar Asap

quota.ID – Saat ini hampir semua sepeda motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Motor injeksi dinilai merupakan salah satu motor yang lebih ramah lingkungan dan juga irit bahan bakar.

Maka tak heran jika saat ini banyak masyarakat yeng memilih untuk membeli motor tipe seperti ini.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, dalam beberapa kasus ditemui meski motor injeksi ini dikenal sudah lebih ramah lingkungan, tetapi tetap saja ada bikers yang mengalami masalah knalpot berasap hitam.

Bila sudah muncul masalah seperti itu, maka bisa dipastikan ada masalah yang terjadi di motor injeksi Anda yang harus segera di lakukan perbaikan.

Penyebab Knalpot Motor Injeksi Keluar Asap

Jika warna asap yang keluar dari motor injeksi anda berwarna hitam itu berarti proses pembakaran bahan bakar di mesin tidak berjalan baik karena lebih banyak bensin yang masuk dibanding udara, Anda bisa mengatasi ini dengan cara menyetel ulang electronic control unit.

Baca Juga :  Jangan Asal Tempel, Pasang Stiker di Truk Ada Aturannya

Namun, jika asap yang dihasilkan dari pembakaran tersebut berwarna putih itu artinya ada oli mesin yang masuk ke dalam mesin dan mengganggu proses pembakaran bahan bakar.

Nah, rembesan oli yang masuk kedalam ruang pembakaran ini terjadi karena piston yang sudah aus.

Piston yang aus bisa membuat motor kamu berasap karena oli merembes ke mesin dan mengganggu proses pembakaran.

Selain itu, permukaan piston yang sudah baret juga bisa membuat knalpot ngebul karena baretan yang ada di piston ini bisa bawa oli masuk ruang pembakaran juga.

Selanjutnya penyebab motor injeksi mengeluarkan asap adalah sil klep. Bagian ini bisa membuat motor Anda mengeluarkan asap tebal apabila terjadi kebocoran.

Ketika sil klep keras, maka oli yang ada di silinder akan turun dan masuk ke ruang pembakaran. Selain itu, klep yang bocor atau permukaannya sudah tidak rata juga bisa membuat knalpot motor kesayangan kamu ngebul.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka langkah yang paling tepat dalah membawa motor kesayangan Anda ke bengkel resmi untuk dilakukan perbaikan.

Baca Juga :  Jangan Sering Biarkan Ban Motor Kekurangan Angin, Ini Dampaknya

Mengapa harus bengkel resmi? karena motor dengan sistem pembalaran seperti ini sudah didukung dengan komponen yang canggih terutama untuk ECU dan hanya bengkel resmi yang memiliki alatnya dan bisa menyetel sesuai dengan aturan yang disarankan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *