Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia ke Oscar 2020

quota.ID – Kabar gembira datang dari industri perfilman tanah air. Film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku karya sutradara Garin Nugroho berhasil lolos dalam seleksi Oscar dan maju sebagai perwakilan untuk Indonesia.

Informasi ini pertama kali di unggah oleh pertama kali oleh Twitter @WatchmenID, pada Selasa (17/9/2019) kemarin.

Dalam unggahan statusnya, @WatchmenID mengatakan “Kucumbu Tubuh Indahku resmi mewakili Indonesia dalam “92nd Oscars International Feature Film Award” tahun depan, setelah menyingkirkan 2 pesaingnya (Ave Maryam & 27 Steps of May)”.

Editors’ picks

Baca Juga :  5 Hal Menarik Dari Film Spider-Man: Far from Home

Nantinya film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang Oscar 2020 yang akan digelar di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles pada 9 Februari 2020 mendatang.

Film ini sendiri bercerita tentang seorang penari Lengger bernama Juno yang berasal dari sebuah desa kecil di pulau Jawa. Sewaktu kecil, Juno terpaksa harus hidup sendiri sejak ditinggal pergi oleh ayahnya.

Di tengah kesendiriannya tersebut, akhirnya Juno bergabung dengan sebuah sanggar tari Lengger. Sejak itu, Juno pun harus hidup berpindah-pindah tempat, dari satu desa ke desa yang lainnya.

Seiring perjalanan waktu dan bertambahnya usia Juno menjadi kian dewasa, Juno mendapat perhatian dan kasih sayang dari beberapa orang terdekat yang ada di sekelilingnya.

Baca Juga :  Konser WestLife di Indonesia digelar di 4 Daerah Berbeda, Catat Tanggalnya

Ada guru tarinya, ada bibinya yang seorang penjual ayam, ada pamannya yang seorang penjahit, seorang petinju, bahkan seorang Warok.

Semua pengalaman yang dilaluinya membuat Juno memiliki sebuah perjalanan hidup yang membawanya kepada pemahaman akan keindahan hidup.

Kucumbu Tubuh Indahku dikecam dan diboikot di Indonesia

Meski akhirnya film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ ini lolos seleksi dan menjadi wakil Indonesia di ajang bergengsi OSCAR 2020, namun pada kenyataanya film ini sempat menuai kontroversi di tanah air.

Bahkan pemboikotan mengenai film tersebut juga pernah terjadi di Indonesia. Pihak pemboikot menuding jika film ini bermuatan isu sensitif yakni LGBT.

Kendati demikian, dibalik semua kontroversi yang mengiringinya Indonesia juga patut berbangga bahwa ada salah satu film buatan anak bangsa yang bisa lolos di ajang bergengsi bertaraf internasional ini.

Baca Juga :  Komedian Nunung ditangkap Polisi Terkait Narkoba

Nantinya, film ‘Ku cumbu Tubuh Indahku’ yang masuk dalam kategori International Feature Film ini akan bersaing dengan beberapa film lain seperti ‘Parasite’ dari Korea Selatan dan juga ‘Weathering with You’ dari Jepang.

Topic:

Just For You