Jenis Makanan Ini Harus dihindari Penderita Penyakit Jantung

  • Whatsapp
Jenis Makanan Ini Harus dihindari Penderita Penyakit Jantung

quota.ID – Para penderita penyakit jantung, harus memperhatikan betul setiap makanan yang dikonsumsinya. Hal ini penting dilakukan guna tetap menjaga jantung penderita untuk tetap dalam kondisi normal serta meminimalkan atau menurunkan risiko terjadinya serangan jantung mendadak.

Namun adakalanya sebagian penderita tidak sadar atau bahkan tidak mengetahui jenis makanan apa saja yang dilarang atau sebaiknya di hindari ketika mereka didiagnosa menderita penyakit jantung.

Muat Lebih

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan kami bahas mengenai jenis-jenis makanan yang umum dan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari yang sebaiknya di hindari di konsumsi oleh para penderita penyakit jantung.

Jenis makanan apa saja? berikut ulasannya untuk anda.

Jenis Makanan yang Harus dihindari Penderita Penyakit Jantung

Melansir dari laman TheHealthSite, berikut ini daftar makanan yang tidak boleh di konsumsin oleh mereka yang mengidap penyakit jantung:

  • Fast Food atau Makanan Cepat Saji

Jenis makanan yang satu ini adalah yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Meski mengoda selera, namun bagi penderita penyakit jantung di sarankan untuk menghindari makanan jenis ini.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Pantangan Makanan Untuk Penderita Hepatitis B

Beberapa contoh makanan cepat saji yang harus dihindari seperti, menu kentang goreng di restoran, yang tentu mengandung banyak garam dan lemak yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, makanan yang mengolahnya dengan metode penggorengan konvensional yakni deep fry akan menghasilkan lemak trans yang terbukti dapat meningkatkan jenis kolesterol jahat dan menurunkan jenis lemak yang baik.

Dalam sebuah laopran penelitan kesehatan menyebutkan, bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan cepat saji, mislanya kentang goreng dua hingga tiga kali seminggu beresiko untuk meninggal lebih awal karena serangan jantung.

Karenaitu, untuk anda yang masih sehat maupun yang mengidap penyakit jantung sebaiknya hindari makanan cepat saji ini.

  • Gula atau Makanan Manis

Berikutnya ada jenis makanan manis atau gula. Kandungan gula berlebihan dalam makanan merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit jantung seperti halnya makanan yang asin dan banyak mengandung lemak.

Selain tidak baik untuk kesehatan jantung penderita itu sendiri, mengonsumsi gula dalam kadar yang banyak juga dapat memicu masalah kesehatan lain sepert obesitas atau berat badan berleh, peradangan, kolesterol tinggi, serta memicu munculnya penyakit diabetes.

  • Daging Olahan

Sama halnya dengan makanan cepat saji, daging olahan juga merupakan pantangan makanan bagi pengidap penyakit jantung.

Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Telinga, Terapkan 4 Langkah Berikut Ini

Jenis daging olahan yang dimaksud seperti sosis dan bacon biasanya banyak mengandung lemak jenuh tinggi. Kandugan lemak jenuh dalah jumlah yang cukup tinggi inilah yang jadi alasan mengapa daging olahan sebaiknya  dihindari penderita penyakit jantung.

Menghindari jenis makanan seperti ini juga meminilkan resko terkena penyakit darah tinggi.

  • Margarin

Zat dalam makanan berupa lemak trans yang tinggi adalah yang harus dihindari oleh para penderita sakit jantung. Zat inilah yang banyak terdapat dalam margarin, sehingga makanan ini termasuk jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita.

  • Mie Instan

Mie instant Ini jenis makanan yang termasuk dalam makanan cepat saji. Makanan ini sering kita temui, bahkan menjadi alternatif makanan favorit di saat-saat tertentu, misal saat hujan atau tengah malam.

Namun perlu anda ketahui, sering mengonsumsi mie instan akan meningkatkan risiko perubahan metabolisme karena kandungan natrium yang tinggi, lemak jenuh, dan beban glikemik.

Mereka yang diketahui mengidap sindrom metabolik ini, cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan berisiko mengidap penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Karena itu, untuk yang sudah mengidap penyakit jantung hindari makan mie instan agar tidak memperparah kondisi yang anda derita.

  • Pizza

Sama halnya dengan jenis fast food lainya, Pizza juga menjadi salah satu jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonnsumsi oleh penderita penyakit jantung.

Baca Juga :  Sering Minum Teh Hijau Bisa Turunkan Berat Badan

Jenis makanan ini biasanya diolah dengan jumlah sodium, lemak, serta kalori yang cukup tinggi, dimana hal ini dapat meningkatkan risiko alami terjadinya gangguan jantung.

  • Minuman Bersoda

Dalam sejumlah penelitaian kesehatan yang sudah banyak di publikasikan, di sebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi minuman bersoda cenderung mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini dikarenakan dalam minuman bersoda banyak mengandung bahan kimia yang dapat mengubah bakteri pencernaan dan sehingga membuat orang yang meminumnya rentan mengalami obesitas yang kurang baik bagi penderita penyakit jantung.

  • Minuman Beralkohol

Tak hanya minuman bersoda, minumam beralkohol juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita. Selain di hindari oleh penderita penyakit jantung, penderita penyakit darah tinggi juga wabih menghindari minuman yang satu ini.

Pasalnya mengonsumsi minuman alkohol dapat menaikkan tekanan darah, memicu gagal jantung, stroke, dan penambahan berat badan yang kesemuanya tidak baik untuk kesehatan.

Sebenarnya da banyak jenis makanan lain yang harus di hindari, namun beberapa jenis makanan diatas adalah yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Selain menghindari makanan diatas, pederita juga sebaiknya mulai menerapkan polha hidup sehat dengan rajin berolah raga serta hanya mengonsumsi makan yang di anjurkan saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *