Manfaat Jengkol yang Luar Biasa Untuk Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes

quota.ID – Bau yang menyengat pada jengkol kadang kala membuat beberapa orang menghindarinya. Tapi untuk beberapa orang, mereka sangat menyukai makanan ini karena rasanya yang cukup nikmat. Selain itu terdapat Manfaat Jengkol yang pasti bikin orang ingin menikmatinya jika tahu!

Jengkol atau sering juga di sebut dengan nama jering merupakan jenis tanaman khas wilayah tropis Asia Tenggara. Terkenal khas karena aromanya yang cukup menyengat, jengkol justru menyimpan beragam khasiat yang baik untuk kesehetan.

Penasarann, apa saja manfaat tanaman dengan nama latin Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa Saja Manfaat Jengkol?

Kendati banyak yang tak menyukai jenis makanan ini dikarenakan aromanya yang menyengat, namun faktanya jengkol merupakan jenis makanan yang cukup memiliki harga jual yang cukup tinggi dibeberapa daerah.

Baca Juga :  Jus Kubis, Minuman Alami Untuk Cegah dan Obati Diabetes

Meski kebanyakan penggemar makanan jengkol ini menyantap makanan ini hanya karena rasanya yang nikmat, akan tetapi diblik semua itu tersimpan manfaat jengkol yang luat biasa yang jarang diketahui orang.

Apa saja manfaat dari mengkonsumsi jengkol ini untuk kesehatan, berikut  diantaranya:

Mencegah Anemia

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, jengkol ternyata dapat membantu mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh manusia.

Perlu Anda ketahui, kekurangan zat besi akan mengakibatkan penurunan produksi sel darah merah sehingga membuat pasokan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh menjadi terhambat.

Maka dari itu, mengonsumsi jengkol secara rutin akan bisa membantu tubuh memulihkan anemia.

Mencegah Diabetes

Tidak hanya anemia, Manfaat Jengkol ternyata juga dapat membantu mencegah dan mengatasi diabetes.

Kandungan di dalam bahan makanan dengan bau khas ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Mata Kering yang disarankan Oleh Dokter Mata

Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil, jengkol ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Kondisi tersebut biasanya akan disebabkan oleh kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya.

Walaupun demikian, ibu hamil perlu berhati-hati pada porsi jengkol yang dikonsumsi supaya tidak berbalik menyebabkan masalah kesehatan.

Menyembuhkan Maag

bagi Anda penderita maag, mungkin tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi jengkol untuk menyembuhkan masalah kesehatan lambung tersebut.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jengkol, cenderung membuat lambung terlindungi dan terhindar dari masalah pencernaan seperti halnya maag.

Membantu Pembentukan Jaringan Tubuh

Tahukah Anda, ternyata jengkol mempunyai kandungan protein yang bahkan jauh lebih banyak jika Anda bandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau atau juga kedelai.

Kandungan protein yang tinggi ini akan bisa membantu pembentukan jaringan tubuh.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Baca Juga :  5 Jenis Buah-buahan dengan Manfaat Luar Biasa untuk Ibu Hamil

Manfaat Jengkol yang terakhir dalam ulasan ini yaitu membantu menguatkan tulang. Hal tersebut di karenakan oleh kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi di dalamnya.

Perlu Anda ketahui, mengonsumsi jengkol secara rutin akan bisa membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat, kokoh, dan terhindar dari berbagai penyakit tulang.

Sebenarnya, dengan pengolahan yang tepat aroma pada jengkol bisa diminimalisir sehingga tidak mengganggu ketika akan disantap.

Meski demikian, efek samping berupa aroma yang tak sedap ketika buang air kecil tetap akan anda rasakan. Jadi, pastikan anda membilas bersih closet ketika anda selesai “pipis”agar tak jadi bahan omelan dalam keluarga anda.

Bagaimana sudah paham kan sekarang ? Ternyata di balik baunya yang sangat menyengat, Manfaat Jengkol terutama untuk kesehatan sangat sangatlah beragam. Karenanya, mungkin Anda harus mencoba jenis makanan ini sesekali guna memeperoleh khasiatnya yang luar biasa.

Topic:

Just For You