Manfaat Sikap Optimis Dalam Hidup, Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

quota.ID – Optimisme adalah sikap positif yang ternyata tidak hanya berpengaruh pada keberhasilan karir seseorang. Namun, hal itu ternyata juga mempunyai dampak terhadap kondisi kesehatan. Salah satunya yang mungkin jarang orang tahu adalah Manfaat Sikap Optimis bisa membuat panjang umur.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa sikap optimis dalam diri seseorang bisa membuat mereka panjang umur. Mengapa bisa demikian? Sebab orang yang optimis akan selalu berjuang dalam menjaga kebugaran dan keberhasilan dalam hidup.

Manfaat Sikap Optimis Dalam Kehidupan

Manfaat dari sikap optimis yang bisa membuat panjang umur seseorang adalah menurut penelitian di satu study, akan tetapi di lain penelitian ternyata Manfaat Sikap Optimis ini juga masih banyak yang bahkan jarang diketahui orang.

Editors’ picks

Baca Juga :  7 Jenis Makanan Tidak Bikin Gendut Walaupun di Konsumsi Malam Hari

Penasaran apa saja manfaat dari optimisme dalam hidup ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Tahukah Anda, menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Jurnal Buletin Psikologi pada April 2012 silam, orang yang optimis mempunyai risiko terkena serangan jantung yang lebih kecil dari pada orang yang kadang merasa gelisah atau takut.

Mencegah Stres

Tidak hanya bisa menguruangi risiko penyakit jantung, bersikap optimis juga mampu akan mencegah stres. Pada umumnya optimisme membuat seseorang memandang segala hal dari sisi positif.

Biasanya oang yang optimis cenderung lebih percaya diri dan menganggap kegagalan sebagai sebuah proses menuju keberhasilan sehingga mereka tidak akan mudah tertekan.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh dipanaskan Kembali

Meningkatkan Keinginan Berolahraga

Mempunyai sikap optimis berkaitan dengan keinginan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Hal ini bisa di artikan bahwa sikap optimis mendorong atau meningkatkan keinginan seseorang untuk berolahraga dan menjadi lebih sehat.

Orang Optimis Cenderung Memilih Makanan Sehat

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh JACC, mereka mengungkapkan bahwa orang yang mempunyai sikap optimis akan cenderung memilih makanan yang lebih sehat, seperti halnya sayur dan buah-buahan.

Hal ini secara tidak langsung akan membuat Anda merasa lebih baik, baik secara fisik ataupun mental.

Optimisme Meningkatkan System Kekebalan Tubuh

Manfaat Sikap Optimis lainnya ialah akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kok bisa? hal itu terjadi karena produksi hormon stres yang berkurang.

Baca Juga :  5 Hal yang Bisa Bunda Lakukan untuk Anak, Dalam Rangka Memperingati Sumpah Pemuda

Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh mahasiswa Harvard University mengungkapkan bahwa mereka yang terbiasa optimis pada usia 25 tahun ternyata akan jauh lebih sehat pada usia 45 sampai 60 jika dibandingkan dengan yang tidak menerapkan sikap tersebut.

Hebatnya lagi, penelitian di Amerika mengatakan bahwa perempuan yang optimis mempunyai risiko 14 persen lebih rendah terhadap kematian akibat penyakit berbahaya di usia muda.

Demikian ulasan kami tentang Manfaat Sikap Optimis yang harus Anda lakukan dalam hidup ini. Optimis secara tidak langsung akan membuat Anda berhasil dalam hidup, selain itu Anda juga akan selalu tampil sehat dari pada mereka yang kadang kala merasa resah atau tidak tidak percaya diri.

Topic:

Just For You