5 Hal yang Bisa Bunda Lakukan untuk Anak, Dalam Rangka Memperingati Sumpah Pemuda

quota.ID – Bunda pasti tahu donk, kemaren tanggal 28 Oktober kita memperingati sumpah pemuda. Dalam hal ini nilai-nilai dalam Sumpah Pemuda sudah selayaknya ditanamkan pada diri si buah hati sejak dini.

Namun sangat di sayangkan, kecintaan anak-anak muda zaman sekarang pada negarasepertinya nggak sekuat saat Sumpah Pemuda ini dideklarasikan. Maka dari itu, ada baiknya jika bunda menanamkan rasa nasionalisme pada buah hati.

Tanamkan Nasionalisme Dalam Memperingati Sumpah Pemuda

Selain bunda bisa mengajarkan si buah hati untuk menghafalkan pancasila, sumpah pemuda, dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa di lakukan, antara lain:

Editors’ picks

Baca Juga :  Apa Arti Mimpi Menikah Berdasarkan Kitab Tafsir Mimpi ? Ini Penjelasannya
  • Menceritakan Sejarah Indonesia

Menceritakan sejarah Indonesia pada si kecil bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menanamkan rasa cinta tanah air. Tentu saja, bunda perlu melakukannya dengan cara yang menyenangkan yah.

Misalkan saja bercerita tentang kisah pahlawan-pahlawan nasional akan membuat anak mengetahui perjuangan dan pengorbanan mereka dan secara nggak langsung akan bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta pada tanah air.

  • Mengajarkan Lagu-lagu Nasional

Di zaman sekarang, banyak anak kecil yang lebih suka dan hafal dengan lagu-lagu modern dari pada lagu kebangsaan seperti halnya “Indonesia Raya”. Memang sih, pada dasarnya hal ini nggak bisa menjadi tolak ukur nasionalisme seseorang, tapi akan lebih baik jika bunda mengajarkan lagu-lagu nasional sejak dini.

Baca Juga :  Inovasi Nyeleneh Driver Ojol Serasa Naik Kendaraan Kelas Eksekutif

Tidak hanya itu saja, nilai-nilai yang ada dalam lagu nasional juga lebih baik dan sesuai untuk sikecil daripada lagu-lagu modern yang cenderung ditujukan bagi yang sudah dewasa.

  • Memperkenalkan Keanekaragaman Budaya dan Cara Menghargai Perbedaan

Cara lain yang nggak kalah penting dan harus dilakukan ketika bunda menanamkan rasa nasionalisme pada anak ialah memperkenalkan keanekaragaman budaya dan lain sebagainya di Indonesia. Selain itu bunda juga bisa mengajarkan bagaimana cara menghargai perbedaan tersebut.

Hal ini tentu sangat penting untuk dilakukan supaya anak dapat menghargai perbedaan dan mencintai keberagaman yang ada di Tanah Air. Tidak hanya itu saja, hal ini juga akan membantu si kecil supaya nggak tumbuh menjadi egois dan rasis.

  • Bangga Menggunakan Produk Dalam Negeri
Baca Juga :  Hindari Dua Cara Ini Saat Menyeduh Teh Celup, Biar Makin Nikmat

Bangga memakai beberapa produk dalam negeri juga termasuk salah satu cara menanamkan rasa nasionalisme pada buah hati bunda.

Misalkan saja dengan menggunakan batik, secara nggak  langsung anak akan mengenal tentang produk khas Indonesia tersebut dan nggak merendahkannya dengan yang lain.

  • Mengunjungi Museum Atau Objek Wisata Bersejarah

Selain semua yang telah di ulas di atas, mengajak anak ke museum atau objek wisata bersejarah juga bisa menumbuhkan kecintaannya pada negara.

Dengan mereka melihat secara langsung diorama para pahlawan dan perjuangan mereka, otomatis akan membuat buah hati belajar mengenai perjalanan panjang yang telah ditempuh oleh Indonesia.

Demikian bunda yang bisa quota.ID kupas tentang beberapa hal yang bisa di lakukan Dalam Rangka Memperingati Sumpah Pemuda. Semoga bermanfaat!

Topic:

Just For You