Akun Instagram Kamu Di Hack ? Begini Cara Memulihkannya Kembali

quota.ID – Aksi peretasan terhadap akun-akun media sosial, misalnya akun Instagram saat ini kian marak.

Tak hanya menarget akun-akun milik orang penting saja, namun semua akun yang sekiranya bisa di hack atau diretas pasti di sikat oleh para penjahat cyber ini.

Umumnya, kasus peretasan terhadap akun media sosial terjadi karena kecerobohan si pemilik akun.

Misalnya menggunakan password atau kata sandi yang lemah dan mudah ditebak, menggunakan password yang sama untuk banyak akun dan kurang waspada terhadap kiriman link jebakan atau phising.

Baca Juga :  Apa Perbedaan Libra dan Bitcoin, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Melihat semakin meningkatnya kasus peretasan seperti ini, membuat salah satu raksasa media sosial Facebook yang juga merupakan induk dari media sosial Instagram telah mengembangkan serangkaian fitur untuk mencegah terjadinya aksi peretasan atau hacking ini,.

Selain itu, pihak facebook juga merilis fitur yang membantu dan memudahkan penggunanya untuk memulihkan akun mereka yang jadi korban peretasan.

Untuk Instagram sendiri, pihak perusahaan telah mengumumkan beberapa pembaruan fitur untuk mengamankan akun yang diretas, yakni:

  1. Fitur yang akan membantu para penggunanya untuk mengambil kembali alih akun mereka yang jadi korban peretasan.
  2. Fitur untuk memastikan bahwa nama akun lama pengguna Instagram tetap aman dan tersedia selama beberapa saat setelah nama akun di ganti dengan yang baru.

Oleh karena itu, apabila anda menjadi salah satu korban dari aksi peretasan akun instagram ini, berikut langkah yang harus anda lakukan.

Baca Juga :  Dikabarkan Tumbang, Situs Kemenkominfo Sudah Bisa Di Akses Kembali

Ketika akun instargram anda sudah dikuasi oleh peretas, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengunjungi pusat bantuan Instagram untuk mereset kata sandi anda.

Klik pada opsi “Masalah login?” pada halaman login Instagram lalu pilih “Lupa kata sandi?”. selanjutnya sistem Instagram kemudian akan meminta pengguna untuk memasukan beberapa informasi personal dari pengguna terkait.

Misalnya, alamat email dan nomor telepon yang terasosiasi dengan akun Instagram mereka sebelumnya, atau alamat email dan nomor telepon yang di gunakan saat mendaftar Instagram pertama kali.

Jangan khawatir jika no telepon atau alamat email anda tersebut sudah di ganti atau di hapus oleh peretas dari akun Instagram anda. Instagram tetap akan mengirimkan kode 6 angka acak untuk anda gunakan sebagi login.

Baca Juga :  Waspada, Isi Chat Facebook Messenger Kamu Bisa Diintip Lewat Bug Ini

Ketika anda sudah menerima kode tersebut dan berhasil login ke akn Instagram anada, maka Instagram akan mengambil beberapa upaya tambahan untuk memastikan akun anda aman seratus persen.

Jadi intinya, selama anda masih bisa mengakses elamat email dan no telepon anda, maka akun Instagram anda masih bisa di selamatkan.

Karena itu, pastikan anda selalu menerpkan kemanan ganda pada alamat email anda dan selalu gunakan no telepon yang aktif guna mempermudah pemulihan akun jika suatu saat secara tidak sengaja anda menjadi korban dari tindak kejahatan dunia maya ini.

Topic:

Just For You