Sering Lakukan Ini Saat Masih Muda, Bisa Cegah Alzheimer Saat Tua

quota.ID – Penyakit  Alzheimer erat kaitannya dengan usia yang sudah mulai menua. Meskipun demikian, sebenarnya penyakit dengan ciri khas kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia ini sudah terbentuk pada otak sesorang bahkan sejak usia 30an tahun.

Bagi banyak kalangan, ini merupakan sesuatu yang mungkin terdengar sangat menakutkan. Namun,  dengan menerapkan beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan sejak dini resiko terkena penyakit Alzheimer ini mungkin bisa hindari saat anda tua nanti

Perubahan gaya hidup yang anda lakukan sejak dini dipercaya dapat mempengaruhi risiko Anda terkena Alzheimer, bahkan juga risiko-risiko penyakit lainnya.

Editors’ picks

Baca Juga :  Selain Susah Buang Air Besar, Ini 4 Tanda Lain Jika Tubuh Kurang Serat

Menurut Richard Isaacson, direktur Alzheimer’s Prevention Clinic pada Weill Cornell & New York-Presbyterian Medical Center, New York, USA mengatakan “Satu dari tiga kasus Alzheimer dapat dicegah jika orang tersebut melakukan segalanya dengan benar,”

Karena itu, penting bagi anda yang saat ini masih berusia di bawah 30 tahun untuk mulai merubah pola hidup anda dari yang tidak sehat menjadi lebih sehat guna terhindar dari penyakit ini.

Perubahan pola hidup apa saja yang penting anda lakukan, berikut ini saran yang di berikah oleh para ahli.

4 Aktivitas yang Perlu Dilakukan Sejak Muda Untuk Cegah Alzheimer

  • Berolahraga secara teratur

Sudah bukan rahasia lagi, jika berolah raga secara teratur bisa menghindarkan seseorang dari berbagai ancaman penyakit, salah satunya adalah penyakit Alzheimer ini.

Olahraga dapat melindungi diri anda dari ancaman penyakit ini karena selain berguna untuk meningkatkan aliran darah ke otak, tetapi juga dapat melonggarkan plak amiloid  yang berkembang ketika alzheimer datang

Baca Juga :  Biji Lamtoro dan Daun Sambiloto Bisa digunakan Untuk Obat Herbal Diabetes

Para ahli kesehatan menyarankan, sebaiknya Anda melakukan olahraga setidaknya tiga jam per minggu.

  • Tidur minimal 7 jam sehari

Tidur dan istirahat yang cukup selama masih muda juga bisa menghindarkan risiko terkena penyakit ini di saat anda tua nanti.

Saat seseorang tertidur, maka otak bisa membersihkan plak amiloid yang muncul yang jadi penyebab penyakit ini. Matikan segala barang elektronik, seperti smartphone serta hindari cahaya terang dari layar saat sudah waktunya untuk istirahat.

  • Hindari makanan cepat saji

Sebisa mungkin untuk menghindari mengkonsumsi makanan cepat saji, terutama makanan yang banyak mengandung olahan gula.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah segar, karena menurut ilmu kesehatan otak manusia akan menyusut seiring bertambahnya usia, tetapi orang yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serta diiringi dengan mengurangi daging dan keju dapat kehilangan massa otak yang lebih sedikit.

Baca Juga :  Meredakan Batuk Pada Anak Dengan Bahan Herbal Alami

Dengan mencegah terjadinya penyusutan otak, serta mempertahankan  otak yang lebih besar di kemudian hari dapat bermanfaat untuk melindungi diri dari penyakit seperti alzheimer.

  • Rutin kontrol kesehatan setidaknya setahun sekali

Ini penting dilakukan untuk mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya penyakit lain yang ada dalam tubuh anda.

Pasalnya, seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, kolestrol, dan diabetes lebih berisiko terkena penyakit Alzheimer.

Dengan mengetahui kondisi kesehatan dari tiga jenis penyakit tersebut tersebut sejak dini, maka penanangan dan pengobatannya pun bisa lebih cepat dilakukan. Sehingga tidak memicu munculnya penyakit lainnya.

Topic:

Just For You