Mengapa Smartphone Bisa Meledak & Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya

quota.IDMengapa Smartphone Bisa Meledak & Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya – Tentu para pembaca sekalian masih ingat dengan kasus meledaknya sebuah smartphone Samsung Galaxy Note 7 yang menghebohkan dunia pada 2017 silam.

Dikatahui, smartphone buatan asal pabrikan Korea Selatan tersebut meledak dan terbakar saat pengguna sedang melakukan pengisisan daya smartphone.

Berkaca dari kasus tersebut, mungkin akan terlintas di benak pembaca sekalian, memang apa sih yang menjadi penyebab sebuah perangkat Smartphone tiba-tiba bisa meledak dan terbakar ?

Dari pada penasaran? berikut ulasan lengkap mengapa sebuah smartphone bisa meledak

  • Menggunakan Smartphone Ketika Sedang Dicharge

Menurut sejumlah penelitian, salah satu penyebab mengapa sebuah smartphone bisa meledak adalah, kebiasaan pengguna yang tetap mengggunakan smartphone ketika melakukan pengisian daya.

Apalagi jika penggunaan tersebut untuk melakukan aktivitas berat seperti bermain game misalnya.Selain akan membebani kinerja smartphone, dengan tetap menggunakan smartphone ketika di charge akan membuat daya tahan baterai anda semakin berkurang.

Makanya banyak dari produsen smartphone yang menyarankan penggunanya untuk tidak menggunakan perangkat selama melakukan pengisian daya. Lebih baik perangkat anda di nonaktifkan terlebih dahulu untuk proses charge yang lebih cepat.

  • Mengalami Overheat (Kelebihan Panas)

Kelebihan panas atau diistilahkan dengan overheat juga dapat menyebabkan sebuah smartphone HP meledak. Pasalnya banyak komponen daam smartphone yang rentan dan mudah sekali untuk terbakar.

Overheat atau kelebihan panas pada smartphone ini dapat terjadi apabila perangkat tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Misalnya, ketika diletakkan di dalam jok motor, tertindih saat kamu tidur atau malah menggunakan aksesoris berupa casing tambahan yang tidak memiliki sirkulasi udara.

  • Cacat atau Kerusakan Fisik Baterai

Kerusakan atau cacat fisik yang terjadi pada baterai smartphone juga bisa memicu terjadinya ledakan pada sbuah smartphone. Biasanya disebabkan karena umur baterai yang sudah terlalu tua atau memang keadaan baterai yang sudah bocor dan menggembung.

Karena itu, selalu cek kondisi baterai sangat penting dilakukan guna memastikan smartphone anda tak mengalami kejadian mengerikan tersebut.

  • Menggunakan Charger & Baterai Abal-abal atau Palsu

Bisa dibilang salah satu penyebab utama mengapa sebuah smartphone bisa meledak adalah karena faktor penggunaan charger dan baterai abal-abal atau palsu yang tidak sesuai dengan peruntukan smartphone anda.

Pasalnya banyak pengguna yang belum paham jika penggunaan charger dan baterai non-original apalagi dengan harga sangat murah justru berpotensi untuk menimbulkan kerusakan pada smartphone.

Setiap produsen smartphone pastinya sudah memperhitungkan pengaturan yang berbeda-beda untuk tiap tipenya, misalnya arus yang dialirkan hingga ketahanan baterai saat melakukan pengisian daya.

Sehingga penggunaan perlengkapan yang tidak sesuai dengan standar sebuah smartphone justru dapat menimbulkan kerusakan,

  • Terjatuh Dari Ketinggian

Meski sangat jarang, namun kemungkinan sebuah smartphone bisa meledak saat terjath dari ketinggian juga bisa saja terjadi.

Karena itu selalu waspada dan berhati-hati ketika membawa atau menggenggam smartphone sangat disarankan. Sebaiknya masukan atau simpan smartphone anda dalam Tas ketika sedang tidak di gunakan guna meghindari kejadian smartphone terjatuh.

Topic:

Just For You