Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Anak Sesuai Saran Dokter

Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Anak Sesuai Saran Dokter

quota.ID – Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, banyak orang tua yang memerikan susu tambahan berupa susu sapi. Namun, tidak semua anak bisa minum susu sapi tersebut, karena ada beberapa diantanya yang alergi susu sapi.

Kondisi ini harus mendapat perhatian serius dari orang tua, pasalnya pemberian susu merupakan salah satu alternatif yang paling efisien untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

Muat Lebih

Mengapa Anak Alergi Terhadap Susu Sapi

Alergi susu sapi yang kerap di alami oleh sebagain anak-anak adalah kondisi di mana sistem imunitas tubuh si anak memberikan respons yang berlebihan terhadap kandungan protein yang terdapat dalam susu sapi yang diberikan.

Secara umum, apabila anakĀ  mengalami alergi susu sapi akan menunjukkan beberapa gejala yang khas, berupa gatal-gatal, muntah, serta beberapa tanda seperti berikut ini:

  • Mengalami gangguan pencernaan, seperti kram atau nyeri perut, perut kembung, dan diare.
  • Muncul gatal dan ruam di kulit.
  • Terjadi bengkak-bengkak di bagian tubuh tertentu.
  • Mengalami batuk-batuk.
  • Hidung meler.
  • Mata berair.
  • Rewel atau sering menangis.
Baca Juga :  Muncul 3 Tanda Ini di tubuh Anda, Waspadai Gejala Awal Kanker

Untuk memastikannya, apakah anak anda benar mengalami alergi susu sapi, maka pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter sangat di anjurkan.

Nantinya, dokter akan melakukan serngkaian pemeriksaan media, meliputi pemeriksaan darah, pemeriksaan tinja atau bisa juga dengan tes alergi pada kulit anak.

Biasanya dokter akan menyuntikkan sejumlah kecil protein susu di bawah permukaan kulit anak Anda, lalu akan dilihat reaksinya, apakah anak anda benar alergi terhadap susu formula ini atau hanya alergi biasa.

Hal-hal yang Harus dilakukan Apabila Anak Alergi Susu Sapi

Apabila nantinya dalam pemeriksaan tersebut diketahui secara posiitif buah hati anda mengalami alergi terhadap susu sapi, maka orang tua sebaiknya melakukan tindakan-tindakan berikut ini:

  • Segera hentikan pemberian susu sapi tersebut
  • Karena anak anda dipastikan alergi terhadap susu sapi, maka sebaiknya anak juga harus dihindarkan dari semua produk olahan makanan dan minuman yang mengandung susu sapi
  • Jika anak masih menyusu kepada ibunya, sang Ibu juga harus menghindari mengkonsumsi produk olahan yang terbuat dari susu sapi. Karena, protein susu yang menyebabkan alergi dapat menyatu ke dalam ASI, dan ini akan berbahaya jika diminum oleh si kecil.
  • Ganti susu formula anak dengan susu formula yang berbahan dasar kedelai atau susu soya
Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap dengan Mudah

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak yang Alergi Susu Sapi

Dalam sejumlah penelitian kesehatan yang dilakukan, ada sebuah fakta yang cukup mengejutkan bahwa anak yang tidak mengonsumsi susu sapi cenderung mengalami kekurangan asupan vitamin D.

Tapi sebagai orang tua, Anda tidak perlu risau dan khawatir, karena kebutuhan akan vitamin D tersebut bisa disiasati dengan memberikan makanan yang kaya akan vitamin D, serta mengandung kalsium dan protein.

Bunda bisa memberikan tambahan makanan yang kaya akan vitamin D, yang bisa didapatkan dari sayuran seperti bayam, brokoli, produk olahan kedelai, ikan salmon, tuna, sarden, dan juga telur.

Selain pemberian makanan yang kaya akan vitamin D dan protein, orang tua juga bisa mengajak si kecil untuk bermain di luar ruangan pada pagi hari, agar terkena langsung paparan sinar matahari pagi.

Baca Juga :  Waspadai Penggunaan Gadget Secara Berlebihan Pada Anak dan Remaja

Dalam ilmu kesehatan, di ketahui jika terkana sinar ultraviolet B (UVB) yang didapat dari sinar matahari pagi, maka tubuh anak akan membentuk vitamin D dengan sendirinya secara alami.

Anda bisa mengajak putra-putrii anda untuk bermain dan bercengkarama di bawah paparan sinar matahari pagi selama 10-15 menit,tiga kali seminggu. Ini sudah cukup untuk membuat anak Anda mendapatkan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh.

Intinya, orang tua di tuntut untuk kreatif dan tanggap ketika anak didiagnosis memiliki alergi terhdap susu sapi, dengan memenuhi kenutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, terutama vitamin D dan juga protein yang tidak bisa didapat dari susu sapi tersebut.

Dengan penanganan yang tepat, anak yang alergi susu sapi juga tetap bisa mendapat asupan nutrisi yang cukup untuk menunjang kesehatan si buah hati.

Namun apabila kondis yang dialami oleh anak ini menyebabkan berat badannya sulit naik, sulit mendapatkan asupan makanan yang sehat, sangat sering kambuh, atau muncul reaksi anafilaksis, segeralah bawa Si Kecil ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan dan saran lebih lanjut dari dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *