Mengatasi Sembelit pada Bayi, Ini yang Harus Bunda Lakukan

  • Whatsapp
Mengatasi Sembelit pada Bayi, Ini yang Harus Bunda Lakukan

quota.ID – Meski sembelit atau susah buang air besar merupakan kondisi yang umum dialami oleh bayi, namun kondisi ini harus segera di tangani. Pasalnya, untuk mengatasi sembelit pada bayi diperlukan penanganan yang khusus.

Bunda harus lebih teliti dengan kondisi yang dialami oleh sibuah hati. Misal jika sikecil tidak BAB minimal tiga kali dalam seminggu atau kotorannya keras dan sulit keluar, maka kemungkinan sikecil sedang mengalami sembelit dan harus segera di atasi.

Muat Lebih

Sebelum ke pokok pembahasan mengeai cara mengatasi sembelit pada bayi, sebaiknya bunda lebih dahulu mengetahui apa yang jadi penyebabnya.

Karena dengan mengetahui penyebab terjadi sembelit pada si kecil, penanganan bisa dilakukan dengan tepat.

Baca Juga :  Apakah Jus Kacang Panjang dan Tomat Bisa Sembuhkan Diabetes ? Cek Faktanya Disini

Penyebab Sembelit Pada Bayi

Berikut ini adalah beberapa penyebab paling umum mengapa si kecil bisa mengalami sembelit:

  • Bayi Mulai Makan Makanan Padat

Ini merupakan salah satu penyebab yang paling umum ketika bayi mengalami susah buang air besar. Pasalnya. sistem pencernaan si kecil belum terbiasa dengan adanya makanan padat di dalam lambungnya.

Ditambah lagi jika bunda memberikan makanan yang kurang serat, maka resiko sikecil terkena sembelit makin besar.

  • Bayi Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa memicu timbulnya sembeli pada bayi. Ketika bayi mengalami kekurangan asupan cairan dalam tubuhnya, hal itu berimbas pada tinja menjadi keras dan susah untuk dikeluarkan oleh sistem percernaan.

Penyebab dehidrasi sendiri bisa bermacam-macam, misalnya tumbuh gigi susu atau adanya sariawan atau sikecil sedang pilek, adanya infeksi telinga, atau infeksi tenggorokan, sehingga sikecil malam minum.

  • Salah Minum Susu

Beberapa merk susu formula tertentu memiliki komposisi nutrisi yang lebih sulit dicerna oleh pencernaan bayi. Efeknya, jika sikecil meminum susu formula jenis ini akan menyebabkan tinjanya lebih keras, dan akan susah BAB.

Baca Juga :  Cara Pencegahan Virus Corona yang Harus Anda Ketahui

Selain itu, sembelit juga bisa terjadi karena kemungkinan sikecil alergi susu sapi yang diminumnya.

  • Keracunan atau Alergi Makanan Tertentu

Penyebab terjadinya sembelit bisa juga dikarenakan sikecil keracunan makanan yang diberikan atau alergi terhadap makanan tersebut.

Jika sembelit terjadi setelah mengonsumsi makanan tertentu, sebaiknya hentikan pemberia jenis makanan tersebut

Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Setelah bunda mengetahui apa yang jadi penyebab terjadinya sembelit pada bayi, maka langkah berikutnya adalah segera mengatasi kondisi tersebut.

Perlu diingat, dalam mengatasi sembelit pada bayi perlu dilakukan berdasarkan kelompok umurnya, karena kondisi fisik bayi akan berbeda-beda.

Untuk sikecil yang berusia kurang dari 6 Р12 bulan membutuhkan  penanganan seperti berikut:

  • Ganti Susu Formulanya

Sebagian besar penyebab sembelit pada bayi usia ini adalah terkait susu formula yang dikonsumsinya. Jika merasa tidak yakin, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter anak mengenai susu yang tepat, takaran serta jenis susu formulanya.

  • Berikan Pelembut Tinja

Jika memungkinkan, biasanya dokter juga akan memberikan resep untuk pelembut tinjayang dapat ditambahkan ke dalam susu bayi untuk diberikan tiga kali sehari.

Sementara untuk bayi berkisar usia 1 – 2 tahun, penangannya sebagai berikut berikut:

  • Berikan Makanan yang Tinggi Serat

Berikan sikecil asupan yang tinggi akan serat agar memperlancar percernaanya. Pemberian beberapa jenis buah seperti buah plum, aprikot, persik, atau prune juga sangat dianjurkan.

Baca Juga :  4 Jenis Sayuran Untuk Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Selain itu, memberikan roti gandum dan susu tinggi serat juga disarankan untuk diberikan kepada sikecil. Kemudian, ada baiknya untuk menghindari makanan sereal siap saji yang sudah diproses, seperti corn flake atau rice bubble dan sejenisnya.

  • Berikan Susu Formula Khusus

Bunda bisa memberikan susu formula khusus yag tinggi akan serat. Bunda bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter mengenai susu formula yang tepat untuk mengatasi sembelai pada bayi usia 1-2 tahun ini.

Apabila dalam beberapa hari kondisi sikecil tidak juga membaik dan masih susah untuk buang air besar, maka sebaiknya bawa bayi anda ke dokter guna pemeriksaan yang lebih lengkap.

Meski cara mengatasi sembelit pada bayi ini bisa dilakukan sendiri di rumah, namun dalam beberapa kondisi tertentu penanganan oleh dokter atau tenaga medis juga perlu untuk dilakukan guna penanganan yang lebih tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *