Cara Mengembalikan Foto Yang Terlanjur Di Hapus Smartphone Andoid

quota.ID Cara Mengembalikan Foto Yang Terlanjur Di Hapus Smartphone Andoid – Terkadang ada beberapa kejadian dimana kita secara tidak sengaja telah mengahapus foto-foto yang ada dalam galeri smartphone kita.

Jika foto-foto tersebut tidaklah terlalu penting buat anda mungkin tak jadi masalah. Namun apa jadinya jika foto-foto yang terlanjur di hapus itu adalah foto yang memiliki kenangan tersendiri bagi anda, tentu sangat di sayangkan bukan.

Nah, jika anda saat ini tengah mengalami permasalahan tersebut, dimana foto-foto kenangan anda terhapus secara tidak sengaja, anda masih bisa menyelamatkan foto tersebut.

Terutama untuk anda pengguna smartphone Android, sebenarnya foto yang anda yang terhapus secara tidak sengaja tersebut tidak hilang atau lenyap begitu saja dari storage ponsel kamu.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengaktifkan Drone View Game Mobile Legends Tanpa Root

Karena sistem dalam perangkat Android hanya menghapus index file tersebut saja dari storage ponsel kamu, sementara file asli masih ada sebelum di timpa oleh file lain.

Data yang terhapus dan sudah tidak terindex lagi bisa saja di timpa oleh data lain karena sistem sudah tidak menganggap data tersebut masih ada.

Maka jika anda ingin menyelamatkan foto anda yang terlanjur di hapus, sebaiknya segera melakukan recovery sebelum foto tersebut di timpa oleh file lain.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terlanjur Di Hapus Smartphone Andoid

Untuk merecovery atau menyelamatkan foto-foto yang terlanjur di hapus, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi bernama DiskDigger Photo Recovery .

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di market resmi aplikasi Google Play Store atau melalui link berikut. Setelah anda unduh, selanjutnya install dan jalankan aplikasi tersebut. Untuk cara penggunaanya ikuti petunjuknya berikut ini:

  • Buka aplikasi DiskDigger Photo Recovery lalu pilih Start Basic Photo Scan untuk memulai melakukan pencarian pada foto yang telah terhapus.
  • Selanjutnya, pilih partisi atau media penyimpanan foto anda yang akan di recovery. Pilih opsi pertama jika anda ingin merecovery foto – foto yang telah terhapus pada external memory. Sementara opsi kedua merupakan pilihan jika anda ingin merecovery foto – foto yang telah terhapus pada internal memory.
  • Langkah selanjutnya adalah menentukan, format file yang ingin anda recovery. Untuk format file foto, biasanya adalah format JPG dan PNG, anda bisa mencentang opsi tersebut guna memulihkan foto anda yang terlanjur di hapus.
  • Setalah meenentukan format file foto, selanjuttnya klik OK, dan Tunggulah beberapa saat sampai proses scanning selesai.
  • Jika proses scaning telah selesai, maka akan tampil hasil yang memeprlihatkan jumlah file foto yang berhasil ditemukan.
  • Selanjutnya centanglah pada foto – foto yang ingin anda recovery. Jika anda ingin mengembalikan semua foto, anda dapat melakukan klik pada icon titik tiga lalu pilih Select All.
  • Setelah itu, slanjutnya silahkan klik tombol Recover lalu tentukan lokasi file hasil recovery tersebut. Jika yang direcovery adalah memory internal, maka simpanlah hasil recovery pada SD Card dan sebaliknya.
  • Jika telah muncul pop up berupa tulisan Recovery Complate, maka proses recovery file telah berhasil dan foto-foto and aberhasil diselamatkan.
Baca Juga :  Mau Lebih Hemat Kuota Data Saat Main Instagram ?, Coba Pakai Cara Ini

Sekali perlu anda ingat, sukses atau tidaknya foto yang telah terhapus secara tidak sengaja tadi di kembalikan tergantung pada cepat atau tidaknya anda melakukan recovery pada foto yang terhapus tersebut.

Karena seperti sudah dijelaskan di awal, jika file foto anda belum ditimpa oleh file lain maka kemungkinan besa foto tersebut masih bisa diselamatkan.

Jika anda melakukan recovery foto tersebut secepat mungkin, ketika sadar bahwa foto tersebut telah terhapus secara tidak sengaja, maka kemungkinan besar foto – foto yang telah terhapus tersebut dapat kamu kembalikan dengan tingkat keberhasilan 80-90%.

Topic:

Just For You