Menjaga Kesehatan Telinga, Terapkan 4 Langkah Berikut Ini

Menjaga Kesehatan Telinga, Terapkan 4 Langkah Berikut Ini

quota.ID – Menjaga kesehatan telinga merupakan langkah penting untuk memastikan indera penderangaran kita ini bisa berfungsi dengan baik normal.

Pasalnya, ketika usia seseorang sudah mulai beranjak tua, maka fungsi telinga dapat semakin menurun. Ini juga berlaku untuk indera manusaia yang lain, mata misalnya. Dengan semakin bertambahnya usia maka fungsi-fungsi panca indera kita juga kemungkinan akan mengalami penurunan.

Muat Lebih

Namun demikian, hal tersebut bisa diminimalisir dengan menjaga kesehatan telinga kita sejak dini. Agar nanti saat kita memasuki usia paruh baya dan semakin menua, maka fungsi-fungsi panca indera kita terutama telinga masih bisa berfungsi dengan baik.

Nah, berikut ini adalah 4 langkah penting untuk menjaga kesehatan telinga yang harus anda lakukan sejak dini. Apa saja ? yuk disimak ulasannya berikut ini:

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan jika ingin kesehatan telinga anda tetap terjaga sehingga fungsi penderangan anda bisa tetap baik dan normal.

Baca Juga :  Yuk Bikin Sendiri Jamu Pelancar Haid, Mudah dan Murah

Selalu Bersihkan Telinga Dari Kotoran dengan Cara-Cara yang Benar

Rongga telinga merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling rentan dimasuki oleh kotoran atau benda asing. Maka membersihkan bagian ini merupakan tahap awal dalam menjaga kesehatan indera pendengaran anda.

Banyak anggapan bahwa membersihkan telinga harus menggunakan cutton bud (katen bad).  Padahan hal ini justru tidak disarankan ketika anda membesihkan saluran telinga anda.

Dengan menggunakan atau memasukkan cotton bud ke dalam rongga telinga anda, hal ini justru berisiko untuk mendorong kotoran yang ada di rongga telinga justru semakin masuk ke dalam.

Hal lainnya yang patus diwasapai adalah, dengan memasukkan sesuatu ke dalam rongga telinga seperti katen bad misalnya,  juga berisiko dapat merusak organ sensitif yang ada dalam telinga, misalnya gendang telinga yang merupakan bagian paling vital dari telinga.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan telinga sesuai dengan saran ahli kesehatan atau dokter. Sejatinya, menurut para dokter ahli THT, telinga tak perlu di bersihkan. Karena telinga mempunyai mekanisme membersihkan dirinya sendiri dengan adanya cairan yang mirip lilin cair.

Cairan yang nampak seperti lilin cair yang ada di dalam telinga inilah yang berfungsi untuk mencegah debu dan partikel berbahaya atau benda asing lainnya untuk masuk ke dalam telinga.

Baca Juga :  Hobi Nyinyir Bisa Berdampak Buruk Untuk Kesehatan. Ini Buktinya!

Jika terjadi kelebihan cairan lilin ini, Anda cukup membersihkan daerah yang ada disekitar rongga telinga dengan handuk basah yang lembut. Anda juga bisa meminta bantuan dokter atau ahli terapi dan kesehatan untuk membersihkan telinga Anda dengan bantuan alat khusus.

Hidarkan Telinga Anda Dari Suara Keras

Karena, apabila terlalu sering terpapar dengan suara yang cukup keras dan berlangsung dalam waktu yang lama, dapat membuat kemampuan mendengar Anda menjadi  berkurang.

Lakukan langkah pencegahan berikut agar anda terhindar dari suara keras yang menggangu:

  1. Selalu gunakan pelindung telinga jika lingkungan kerja anda adalah lingkungan kerja yang selalu berada dalam situasi atau penuh dengan suara yang keras.
  2. Jangan dengarkan musik lewat headphone dengan volume penuh. Maksimal hanya di kisaran 60% saja
  3. Jangan dengarkan dua suara keras yang berbeda dalam satu waktu.
  4. Jika nonton konser, gunakan alat atau penyumbat telinga untuk meredam suara agartidak terlalu keras masuk ketelinga anda.

Jaga Telinga Anda Tetap Kering

Telinga yang basah atau lembab lebih beresiko terkena bakteri, dimana jika tidak ditangani dengan tepat akan memnyebabkan infeksi saluran pendengaran anda.

Baca Juga :  Minum Air Dingin Bisa Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Untuk menjaga kesehatan telinga, usahakan untuk selalu membuat telinga anda dalam posisi yang kering. Cara pencegahannya juga cukup mudah, misal jik aanda hobby berenang selalu gunakan penyumbat teligna untuk mencegah air masuk ke saluran telinga.

Saat mandi atau keramas jika ada air yang masuk delam rongga telinga, usahakan untuk segera mengeluarkannya dengan cara memringkan kepala dan tarik cuping telinga Anda untuk merangsang air ke luar.

Selain itu, pastikan untuk sellau mengeringkan telinga anda dengan handuk ketika selesai mandi atau berenang.

Rutin Checkup Ke Dokter

Hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga anda adalah dengan selalu rutin untuk melakukan pemeriksaan ke dokter terkait kesehatan telinga anda.

Terlebih lagi, jika anda sudah mulai memasuki usia 40 tahun keatas. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk memastikan tak ada ganggunag dalam pendegaran anda.

Selain itu, dengan rutin melakukan pemeriksaan telinga juga untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran telinga di dalam telinga.

Demikian, adalah 4 langkah penting yang harus anda lakukan demi menjaga kesehatan indera pendengaran anda. Dengan menerapkan langkah diatas, maka niscaya indera pendengaran anda akan tetap sehat dan dapat berfungsi dengan normal meski usia anda sudah memasuki lansia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *