Suka Typo Karena Fitur auto-correct, Begini Cara Menonaktifkannya

quota.ID – Pernah dengar istilah fitur auto-correct di smartphone? atau baru kali ini tahu tentang fitur tersebut? Meski jadi salah satu fitur yang cukup berguna, nyatanya fitur auto-correct bisa menjadi masalah bagi sebagian orang.

Fitur auto-correct sendiri adalah fitur dimana jika kita mengetik pesan maka secara otomatis kata atau ejaan yang salah akan diperbaiki, tapi pada umumnya hanya mendukung beberapa bahasa saja, misalnya bahasa Inggris.

Meski tujuannya untuk membantu pengguna dalam meminimalisir kesalahan ketik, namun fitur tersebut juga dapat membuat sebagian pengguna frustasi karena sering kali menempatkan kata-kata yang tidak sesuai dengan maksud kalimat yang ingin ditulis.

Editors’ picks

Baca Juga :  Cara Mempassword File PDF Secara Online dan Offline Agar Lebih Aman

Nah, bagi anda yang sering typo karena fitur ini ada baiknya anda nonaktifkan saja fitur ini. Bagaimana caranya ? ikuti panduan berikut ini:

Cara Menonaktifkan Fitur auto-correct di Smartphone Android

Untuk menonaktifkan fitur ini berikut caranya:

  1. Buka menu Settings lalu pilih opsi System
  2. Cari  menu Language & input, kemudian klik menu Virtual Keyboard (nama lebel mungkin akan berbeda tergantung merk smartphone yang anda gunakan)
  3. Selanjutnya pilih Gboard, lalu tap di Text Correction
  4. Terakhir geser tombol Auto-correction jadi nonaktif.

Apabila anda menggunakan aplikasi keyboard untuk keperluan mengetik anda, anda juga bisa menonaktifkan fitur ini. Salah satu aplikasi keyboard yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone android adalah SwiftKey.

Bagi anda yang menggunakan aplikasi keyboard ini, berikut adalah cara menonaktifkan fitur auto-correct di aplikasi SwiftKey:

  1. Buka menu Settings lalu pilih menu System
  2. Cari menu Language & input, lalu pilih menu Virtual Keyboard (nama label mungkin akan berbeda tergantung brand smartphone yang kalian gunakan)
  3. Selanjutnya pilih opsi keyboard SwiftKey lalu pilih menu Typing
  4. Kemudian pilih menu Typing & auto-correct
  5. Terakhir nonaktifkan tombol auto-correct tersebut.
Baca Juga :  Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang Dengan Bantuan Google Maps

Bagaimana cukup mudah bukan cara mengatasi kesalahan ketik yang anda alami karena fitur auto-correct ini.

Namun demikian, karena fitur ini anda nonaktifkan maka ketika akan mengetik pesan atau semacamnya anda harus lebih berhati-hati karena kesalahan ketik kalian tidak akan di perbaiki secara otomatis oleh sistem.

Pastikan anda mengecek dan membaca ulang sekali lagi pesan yang ingin anda kirim. Selamat mencoba.

Topic:

Just For You