Bukan Cuma Karena Aki, Mobil Sulit Distarter Bisa Juga Karena Ini

  • Whatsapp
Bukan Cuma Karena Aki, Mobil Sulit Distarter Bisa Juga Karena Ini

quota.ID – Ketika mobil sulit distarter atau di nyalakan terutama pada pagi hari, pemilik kendaraan akan langsung memvonis jika sumber masalahnya terletak pada aki kendaraan yang soak.

Padahal, kondisi tersebut bukan melulu salah aki sebagai komponen penyimpanan energi. Ada beberapa faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab mengapa mobil sulit distarter.

Bacaan Lainnya

Sebelum memutuskan untuk mengganti aki dengan yang baru ada baiknya cek dulu beberapa komponen lain dalam mobil yang juga bisa menjadi penyebab mengapa kendaraan sulit untuk dinyalakan.

Melansir dari laman gardaoto, beberapa komponen berikut ini juga turut andil menjadi penyabab susahnya mobil di nyalakan saat pagi hari.

Komponen Lain Penyebab Mobil Sulit distarter Selain Aki

  • Busi

Busi merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pembakaran dalam mesin kendaraan. Busi yang bermasalah juga dapat berdampak pada starter yang sulit menyala.

Baca Juga :  Ingat, Aturan Baru Larang Skuter Listrik Untuk Dimodifikasi

Umumnya, permasalahan pada busi ini bisa disebabkan karena kondisi yang kotor atau terdapat kerusakan, sehingga harus diganti dengan yang baru.

Ketika mobil sulit distarter, coba cek bagian ini terlebih dahulu. Apabila busi nampak kotor, maka busi sebaiknya dibersihkan dengan cara digosok menggunakan kertas pembersih atau amplas halus.

Namun, jika  busi sudah usang atau rusak karena waktu pemakaian yang cukup lama maka lebih baik untuk menggantinya saja dengan yang baru.

  • Dinamo ampere

Berikutnya ada komponen yang bernama Dinamo ampere. Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan listrik ke aki, sehingga bisa juga dapat menyebabkan mobil sulit dinyalakan.

Meski pada kendaraan keluaran baru komponen ini umumnya jarang mengalami kerusakan. Namun jika kendaraan anda sudah berusia delapan tahun ke atas, komponen ini rawan terjadi kerusakan.

  • Koil

Komponen ini jika bermasalah juga bisa menyebabkan mobil sulit distarter. Koil berfungsi untuk menggandakan tegangan listrik yang lebih besar ke aki. Arus listrik tersebut kemudian akan mengalir ke komponen pengapian busi dan menimbulkan percikan api.

Baca Juga :  Cara Urus SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) DKI Jakarta

Salah satu ciri jika koil mobil anda bermasalah adalah suhu yang terlampau panas pada komponen ini. Apabila mobil sulit dinyalakan, bisa jadi koil yang jadi biang keroknya. Karena itu cek juga bagian ini.

  • Water Temperature Sensor

Komponen ini merupakan sensor yang berada di sistem starter yang berfungsi untuk menyalakan kendaraan. Adanya masalah yang terkadi pada sensor ini dapat menyebabkan sistem injeksi terganggu yang berdampak pada kesulitan untuk menyalakan mobil.

Jadi ketika mobil kesayangan anda sulit dinyalakan, jangan buru-buru menyalahkan aki sebagai penyebabnya. Cek juga komponen-komponen diatas dan psstikaan juga dalam kondisi yang baik.

Jika semua komponen dalam kondisi prima, barualah keputusan untuk mengganti aki dengan yang baru bisa anda lakukan saat anda mengalami masalah dengan mobil yang sulit distarter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *