Motor Goyang Seperti Ban Kempes, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
Motor Goyang Seperti Ban Kempes, Ini Penyebabnya

quota.ID – Bagi pengendara kendaraan roda dua, seringkali merasakan motor goyang seperti ban kempes, padahal kondisi ban motor masih keras dan tidak kurang angin.

Kondisi motor yang oleng saat dikendarai tentu akan terasa tidak nyaman, bahkan jika tidak waspada bisa menyebabkan kecelakaan.

Bacaan Lainnya

Masalah seperti ini sebenarnya bukanlah masalah yang baru, karena bisa dipastikan setiap pemilik kendaraan roda dua pasti mengelami kondisi ini.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah, apa penyebab motor goyang seperti ban kempes tersebut? daripada penasaran berikut ini penjelasannya.

Penyebab Motor Goyang Seperti Ban Kempes

Ada beberapa penyebab mengapa hal ini bisa terjadi. Untuk tipe motor manual, motor yang oleng seperti ini biasanya disebabkan oleh:

  • Pelek Motor Bengkok

Pertama yang jadi biang kerok mengapa motor terasa goyang layaknya motor kempes terletak pada kaki-kaki motor itu sendiri.

Baca Juga :  Begini Cara Memanaskan Mobil Matic yang Sesuai Anjuran

Utamanya terletak pada pelek yang digunakan yang kemungkinan bengkok atau bermasalah. Hal ini umum terjadi ketika kita secara tidak sengaja menghajar lubang di jalanan dengan cukup keras.

Imbasnya, biasanya pelek akan menjadi sedikit tidak simetris dan akan terasa ketika di gunakan untuk berkendara.

  • Bearing atau Leher Roda Sudah Aus

Berikutnya yang jadi sumber masalah ketika motor terasa oleng, teruata ketika di gunakan untuk menikung dan seperti akan terasa jatuh bisa dipastikan sumber masalahnya ada pada bearing atau laher roda.

Bearing yang sudah aus selain membuat tak nyaman saat berkendara, apabila tidak segera diatasi akan merembet ke komponen yang lain, misal kampas res jadi lebih cepat habis, permukaan ban yang jadi botak sebelah dan sebagainya.

Sementara untuk tipe motor matic, selain dua penyebab diatas, ada penyebab lain mengapa motor terasa oleng saat digunakan berkendara.

Apabila motor matic anda terasa oleng namun kondisi jalan, ban dan juga pelek dalam kondisi normal maka penyebabnya adalah pada engine mounting.

Baca Juga :  Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Lampu Kabut yang Berkualitas Baik

Engine mounting sendiri merupakan part atau komponen yang berfungsi sebagai penyambung serta bantalan untuk meredam getaran dari mesin motor.

Nah, jika komponen  engine mounting ini sudah mengalami aus dan rusak, maka hal tersebut akan berdampak motor matic yang terasa oleng dan geal-geol saat di kendarai.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab mengapa motor goyang seperti ban kempes, baik pada tipe motor manual mapun motor matic.

Padahal jika dilihat secara kasat mata kondisi ban masih bagus, tekanan angin juga masih normal, maka bisa jadi hal-hal diatas yang sudah kami jelaskan yang jadi penyebabnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *