Muslimah Harus Tahu, Ini Arti Mimpi Hamil Menurut Agama Islam

quota.ID – Mimpi hamil yang alami oleh para kaum wanita (muslimah), ternyata memiliki makna tersendiri dalam pandangan agama Islam. Arti mimpi hamil diidentikan dengan kebaikan dan kebahagiaan, namun benarkah demikian ?

Dalam kehidupan nyata, kehamilan merupakan suatu hal yang paling di tunggu-tunggu terutama oleh pasangan yang baru saja menikah.

Namun, ada juga yang menghindari kehamilan dengan alasan tertentu, misalnya belum siap punya anak, atau justru sudah terlalu banyak anak sehingga menghindari kehamilan.

Lalu, bagaimana jika kehamilan tersebut dialami dalam mimpi ? apa makna yang tersirat dalam mimpi hamil tersebut ?

Ini Arti Mimpi Hamil Menurut Agama Islam

Sebelum menuju ke pembahasan mengenai arti mimpi hamil dalam pandangan agama Islam, terlebih dahulu akan di bahas mengenai kriteria mimpi itu sendiri.

Baca Juga :  Yuk Buat Air Alkali Sendiri dirumah, Mudah dan Cepat

Dalam agama Islam, tidak semua mimpi itu dapat diartikan atau mempunyai makna bagi yang mengalami mimpi tersebut.

Sebab, dalam Islam sendiri mimpi yang dialami oleh seseorang di bagi ke dalam tiga kategori.

Pertama, mimpi yang dialami tersebut merupakan mimpi berasal dari Tuhan (al-rukyah minallah), inilah mimpi yang benar yang dapat dijadikan pegangan.

Kedua, mimpi yang berasal dari setan (al-rukyah minasy syaithan) biasanya mimpi yang dialami tersebut berupa hal-hal yang menyeramkan atau tidak diinginkan.

Ketiga, jenis mimpi terakhir adalah mimpi yang berasal dari diri kita sendiri (hadits al-nafs).

Sebagai contoh, mimpi yang berasal dari diri sendiri adalah ketika kita sedang menikmati sebuah tontonan televisi di dunia nyata, dan terbawa sampai ke dalam mimpi. Jenis mimpi yang biasanya di sebut sebagai hadits al-nafs atau mimpi dari kita sendiri.

Terlepas dari jenis mimpi mana yang anda alami, jika seseorang bermimipi hamil menurut pandangan agama Islam hal itu bisa bermakna 2 hal.

Baca Juga :  Ingin Turunkan Berat Badan, Cobalah Untuk Berendam Dengan Air Dingin

Seperti yang terdapat dalam sebuah pendapat yang berasal dari Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsa’i dalam Jami’ Tafasir al-Ahlam yang menyebutkan:

(Mimpi hamil) adapun mimpi hamil jika hal itu dialami oleh perempuan, maka itu adalah pertanda akan bertambahnya harta atau rezeki, sebaliknya jika dialami oleh laki-laki maka itu adalah pertanda akan munculnya kesedihan”

Selain itu, adapula sebagaian adapula yang berpendapat bahwa arti mimpi hamil adalah merupakan petunjuk akan hadirnya kenikmatan dan harta di dunia nyata, entah itu yang memimpikannya adalah laki-laki atau perempuan.

Apabila yang bermimpi adalah anak yang belum dewasa (baligh), maka mimpi tersebut ditujukan kepada orang tuanya.

Baca Juga :  Manfaat Jengkol yang Luar Biasa Untuk Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes

Jika yang bermimpi adalah anak perempuan, maka mimpi tersebut ditujukan kepada ibunya, sedangkan jika yang bermimpi adalah anak laki-laki, maka mimpi tersebut diperuntukkan untuk ayahnya.

Ketika seorang laki-laki melihat istrinya hamil dalam mimpinya, maka di dunia nyata ia sedang mengharapkan sesuatu yang berkaitan dengan urusan duniawi.

jadi kesimpulannya, arti mimpi hamil adalah pertanda baik dimana yang bermimpi tersebut akan memperoleh kebaikan berupa harta atau kenikmatan di dunia nyata baik itu dimimpikan oleh laki-laki atau perempuan.

Namun demikian, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mutlak, karena kembali lagi bahwa segala sesuatu yang terjadi tetap saja Allah SWT yang menentukan semuanya.

wallahu a’lam.

Topic:

Just For You