Obat Alami Panas Dalam Karena Cuaca yang Tidak Menentu

Beberapa bahan berikut, bisa digunakan untuk obat alami panas dalam yang cukup mujarab. Selain mudah didapat juga tak memiliki efek samping

quota.ID – Disadari atau tidak cuaca yang tidak menentu seperti yang terjadi akhir-akhir ini memang berpotensi besar menyebabkan panas dalam.

Dalam dunia medis memang ini bukan penyakit, melainkan hanya merujuk pada gejala-gejala seperti sariawan, sakit tenggorokan, bibir kering, lemas, dan sembelit.

Umumnya, kondisi ini dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi), memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan, atau bahkan karena cuaca panas.

Walau hal ini terlihat sepele, tapi panas dalam cukup merepotkan dan mengganggu kegiatan sehari-hari apabila tidak segera di atasi.

Karenanya, perlu segera dilakuan tindakan untuk mengatasi kondisi ini agar tidak bertambah parah. Untuk obat panas dalam sendiri, saat ini sudah banyak tersedia dan bisa di beli dengan mudah di toko obat maupun apotek.

Baca Juga :  Ingin Tidur Lebih Nyenyak, Coba Konsumsi Makanan & Minuman Ini

Namun, tak ada salahnya untuk mencoba membuat obat panas dalam sendiri dari bahan alami yang ada disekitar kita. Karena selain lebih murah, penggunaan obat alami juga tak beresiko menimbulkan efek samping.

Penarasan bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi panas dalam, simak ulasannya berikut ini.

Obat Alami Panas Dalam dengan Cepat

Panas dalam dapat diatas dengan memperbanyak minum air putih. Namun, penderita juga bisa mengobatinya dengan beberapa obat alami di bawah ini agar kondisi tersebut segera teratasi.

1. Air Garam

Berkumur dengan larutan air garam akan bisa membantu meredakan panas dalam, terutama untuk kamu yang sakit tenggorokan dan sariawan. Mula-mula kami siapkan segalas air putih hangat dan larutkan satu sendok teh garam ke dalamnya aduk.

Kamu bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik sambil mendongak atau mengenai area yang memang sakit. Ingat, agar lebih maksimal, kami bisa melakukan kegiatan tersebut setiap beberapa jam sekali.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Pantangan Makanan Untuk Penderita Hepatitis B

2. Madu

Tidak hanya air garam, kamu juga bisa memanfaatkan madu sebagai obat alami panas dalam yang sangat efektif. Bahkan ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Caranya kamu bisa mencampurkan madu dengan berbagai minuman misalkan aii teh atau air hangat untuk meredakan masalah tenggorokan. Perlu di ketahui bahan alami yang satu ini juga bisa membantu melembabkan bibir kering dan percah-pecah lho.

3. Ampas Teh Celup

Gejala panas dalam seperti halnya sariawan juga bisa diobati dengan ampas teh celup. Bahan alami yang ini bisa kamu pakai untuk mengompres area yang sakit atau luka.

Menurut beberapa orang, daun teh diketahui efektif melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri pada tubuh. Disni kamu bisa mengompres sariawan selama 15 sampai 20 menit tiga kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Ramuan Air Jahe, Madu dan Lemon

Obat alami panas dalam ini mungkin sudah cukup familiar di telinga masyarakat. Karena memang sejak dulu, jahe dan madu terkenal dapat melegakan sakit tenggorokan karena kandungan antibakteri yang ada di dalamnya.

Baca Juga :  Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Tahu

Untuk membuat ramuan ini caranya juga cukup mudah kok, kamu hanya perlu menyeduh jahe dengan setengah gelas air hangat, kemudian ditambahkan dengan satu sendok teh madu dan perasan lemon secukupunya saja yah.

5. Sayur dan Buah

Mengonsumsi sayur dan buah ternyata sangat bermanfaat untuk meredakan panas dalam lho, alasannya karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin, kandungan serat, serta mineral akan bisa membantu meredakan masalah pencernaan.

Bagaimana, cukup mudah bukan mengatasi panas dalam yang sedang dialami dengan beberapa bahan alami yang sudah disebutkan diatas.

Namun, jika panas dalam yang anda alami tak kunjung membaik ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lengkap dan penanganan yang lebih tepat sesuai anjuran dokter.

Topic:

Just For You