Aki Mobil Sering Tekor, 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

quota.IDAki Mobil Sering Tekor, 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya – Aki pada kendaraan merupakan bagian atau komponen kelistrikan yang memiliki peranan sangat penting sebagai sumber energi untuk saat mesin mobil mati atau ketika starter.

Tak hanya berfungsi sebagai sumber energi untuk menyalakan mesin kendaraan, pada saat kendaraan sudah dalam kondisi menyala atau dihidupkan pun aki juga memiliki fungsi yang cukup penting yaitu untuk menstabilkan arus listrik.

Salah satu yang sering dikeluhkan oleh banyak pemilik kendaraan seputar aki ini adalah masalah aki mobil sering mengalami tekor atau ngedrop. Hal itu dikarenakan tidak seimbangnya antara suplai dengan kebutuhan daya listrik.

Editors’ picks

Baca Juga :  Mengintip Desain Motor Hybrid yang Baru Saja dipatenkan Kawasaki

Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan kita wajib paham apa yang jadi penyebab aki mobil sering mengalami tekor, sehingga bisa dicari sumber masalahnya untuk kemudian segera dilakukan perbaikan.

Berikut Ini 4 Penyebab Mengapa Aki Mobil Sering Tekor

  • Pemasangan Aksesoris Mobil Yang Berlebihan

Sejatinya pemasangan aksesoris pada mobil bertujuan untuk mempercantik tampilan kendaraan anda. Akan tetapi pemasangan yang tidak tepat dan berlebihan justru akan membuat aki mobil sering tekor.

Bahkan tak jarang, bebrapa komponen justru akan terbakar karena beban arus yang tidak seimbang.

Salah satu penyababnya adalah karena penggunaan aksesori mobil seperti upgrade sistem audio serta instalasi klakson dan juga lampu tambahan.

Baca Juga :  Tiga Komponen Dalam CVT Motor Matic Ini Harus Tetap Terawat

Aksesori-aksesoris tersebut dapat menyebabkan kebutuhan arus listrik menajdi meningkat, namun arus yang disuplai aki jumlahnya tetap, hal ini yang menjadi penyebab mengapa aki mobil cepat ngedrop.

  • Kendaraan Sudah Lama Tak Dihidupkan

Mobil yang terparkir di garasi rumah dan tak pernah di hidupkan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa juga jadi penyebab aki mobil cepat tekor.

Daya aki mobil mendapat suplai dari sistem kelistrikan mobil agar tetap bisa berfungsi. Ketika mobil mati dalam waktu yang cukup lama maka lama kelamaan daya aki akan habis karena tak terisi.

  • Faktor Kelalaian Pengguna

Penyebab aki kendaraan anda sering tekor juga bisa disebabkan oleh human error. Misalnya, pengemudi yang sering kelupaan mematikan lampu depan pada saat mobil diparkir dan menyalakan head unit  atau AC dengan kondisi mesin mobil mati.

  • Alternator Mengalami Masalah
Baca Juga :  Tiga Komponen Dalam CVT Motor Matic Ini Harus Tetap Terawat

Komponen dalam mobil bernama alternator ini bertugas menjaga kondisi aki tetap penuh agar bisa menyuplai kebutuhan listrik yang diperlukan semua komponen elektrikal di mobil.

Nah, ketika komponen ini mengalami masalah, maka komponen ini tak lagi bisa mensuplai listrik secara maksimal ke aki.

Bagaimana, sudah paham kan  apa yang jadi penyebab aki mobil sering cepat habis ?. Setelah anda temukan penyebab dan sumber masalahnya,lang berikutnya silahkan ambil tindakan dan atasi permasalahan tersebut agar aki mobil anda normal kembali.

Topic:

Just For You