Garansi Motor Bisa Hangus Jika Kalian Melakukan Hal Ini

  • Whatsapp
Garansi Motor Bisa Hangus Jika Kalian Melakukan Hal Ini

quota.ID – Untuk setiap pembelian produk sepeda motor baru, pasti akan di lengkapi dengan garansi motor yang menjamin jika motor yang kalian beli akan memperoleh penggantian jika kemudian di temui ada kesalahan atau cacat produksi.

Garansi untuk sepeda motor baru ini umumnya hanya berlaku antara 1 sampai 3 tahun pertama. Kendati demikian, ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan garansi motor kalian hangus atau tidak bisa diklaim jika motor kalian mengalami kerusakan meski masih masuk dalam waktu garansi.

Bacaan Lainnya

Ini seringkali diabaikan oleh pemilik kendaraan, sehingga ketika akan mengajukan klaim untuk perbaikan dari garansi, pihak perusahaan akan menolak karena beberapa hal.

Apa saja yang bisa bikin garansi motor hangus dan di tolak pertangung jawabannya oleh perusahaan?, berikut hal-hal yang harus kalian katahui.

Beberapa Hal yang Bikin Garansi Motor Hangus

Secara umum, ada 5 penyebab yang menghanguskan garansi motor kalian, yakni:

Baca Juga :  Penyebab Mengapa Knalpot Motor Injeksi Keluar Asap

1. Buku Servis Atau Buku Garansi Hilang

Ini yang kerap terjadi di pemilik kendaraan, karena ceroboh atau tidak teliti, buku servis atau garansi kendaraan seringkali hilang.

Padahal, buku servis dan kartu garansi sangatlah penting untuk menjami motor anda tetap bisa mendapat garansi. Karena itu, pastikan untuk selalu menyimpannya dengan baik.

Buku servis dan garansi ini merupakan bukti pemilik kendaraan melakukan perawatan rutin di bengkel resmi. Jika buku tersebut hilang atau rusak maka dengan sendirinya garansi motor anda akan hilang atau hangus.

2. Servis Bukan dibengkel Resmi

Saat melakukan servis kendaraan tidak dibengkel resmi juga bisa menyebabkan garansi motor hangus lho. Ketika motor baru anda masih dalam masa garansi, maka wajib melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala di bengkel resmi yang sudah di tunjuk oleh dealer motor tersebut.

3. Kerusakan Karena Servis di Bengkel Luar

Selain itu, jika kalian melakukan servis selain dibengkel resmi dan terjadi kerusakan, maka pihak dealer tidak akan bertangung jawab. Ini sama dengan poin sebelumnya, dimana jika kalian melakukan servis di bengkel luar maka garansi motor akan gugur.

Baca Juga :  Inovasi Nyeleneh Driver Ojol Serasa Naik Kendaraan Kelas Eksekutif

4. Pemakaian yang Tidak Wajar

Dalam menggunakan sepeda motor kita hendaknya harus mengikuti semua pedoman dan petunjuk penggunaan yang sudah di tetapkan.

Jika mengalami tabrakan atau terjatuh saat penggunaan karena kelalaian pengguna, atau motor digunakan dalam kegiatan perlombaan atau balapan, memodifikasi seperti pemasangan aksesoris yang tidak seharusnya akan mengakibatkan garansi motor menjadi hangus.

Selain itu, menggunakan bahan bakar ataupun minyak pelumas (oli) yang tidak sesuai dengan rekomendasi yang tertera pada buku pedoman pemilik juga menggugurkan garansi kendaraan.

5. Memodifikasi Kelistrikan

Terakhir penyebab garansi motor ditolak adalah mengenai perubahan atau modifikasi pada bagian kelistrikan. Pengguna kerap kali memodifikasi kelistrikan untuk memasang alarm motor atau lampu yang berbeda dari standar pabrikan.

Apabila ketahuan melakukan modifikasi seperti ini, maka hal itu bisa menghanguskan garansi motor anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *