Yuk Cari Tahu Penyebab Radiator Mobil Bocor

Yuk Cari Tahu Penyebab Radiator Mobil Bocor

quota.ID – Salah satu yang kerap di keluhkan oleh pemilik kendaraan roda empat adalah masalah panas mesin berlebih atau overheat ketika melakukan perjalanan jauh. Penyebab utamanya, biasanya adalah radiator mobil mengalami kebocoran.

Terjadinya kebocoran pada komponen pendingin mesin ini, akan menyebabkan air radiator terbuang sia-sia. Padahal, fungsi air ini bertujuan untuk mendinginkan mesin mobil itu sendiri.

Muat Lebih

Banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan mengecek kondisi radiator mobil mereka. Karena letaknya yang berada dalam kap mesin, tak jarang banyak pengguna yang enggan melakukan pengecekan rutin sendiri.

Baca Juga :  Benahkah Ban Tubeless Bisa Lebih Awet Jika diisi Nitrogen ?

Lalu, apa sebenarnya penyebab terjadinya kebocoran radiator mobil ini ? mengutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, ada empat penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Penyebab Radiator Mobil Bocor

  • Waktu Pemakaian

Usia mobil termasuk komponen radiator menjadi salah satu penyebab mengapa radiator mobil sering mengalami kebocoran.

Umumnya, kendaraan yang sudah memasuki usia pakai menginjak usia 5 tahun, maka komponen radiator juga akan mulai bermasalah. Segera lakukan pengencekan, jika radiator sudah terlihat retak atau bocor, segeralah bawa ke tempat servis untuk di lakukan penggantian komponen dengan yang baru.

  • Saluran Tersumbat

Berikutnya, penyebab radiator mobil mengalami kebocoran adalah tersumbanya saluran pada radiator itu sendiri.

Ini kerap dialami oleh mereka yang sering menggunakan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisi air radiator. Hal tersebut lama-lama akan mengakibatkan munculnya kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator.

Baca Juga :  Hanya dibuat 40 Unit, Hypercar Besutan Pagani dibanderol Rp 49 M

Ketika saluran ini terseumbat,  maka panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas pada komponen radiator.

Karena itu, ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan secara rutin tiap 30 ribu km atau 40 ribu km supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya. Selain itu, pastikan untuk selalu menggukan air khusus untu radiator.

  • Terkena Benda Asing

Letak radiator yang berada tepat di depa kendaraan memungkinkan benda-benda asing seperti kerikil masuk ke dalam kompnen ini.

Seperti kita ketahui, agar radiator bisa menangkap udara segar, maka komponen ini diposisikan di depan mesin yang dilindungi dengan kisi-kisi atau grill yang terbuka.

Kan tetapi, hal tersebut membuat radiator juga berisiko terkena batuan kerikil atau hewan-hewan yang terbang. Saat radiator bertrabrakan dengan benda-benda asing tersebut, bukan tak mungkin kisi-kisi atau dinding radiator akan mengalami kerusakan dan akhirnya muncul kebocoran.

  • Karet atau Plastik Sudah Getas

Fungsi dan letak komponen radiator mobil yang saling berdekatan dengan mesin utama mobil membuat komponen pendukung lainnya juga seringkali bisa mengalami kegetasan.

Baca Juga :  Ingat, Aturan Baru Larang Skuter Listrik Untuk Dimodifikasi

Misalnya, komponen selang radiator yang terbuat dari karet dan tabung reservoir yang terbuat dri plastik seringkali getas akibat kondisi ini. Apabila tabung plastik yang terkena panas terus menerus bisa memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator kendaraan milik anda.

Dengan mengetahui penyebabnya, maka pengecekan rutin bisa anda lakukan. Apabila radiator mobil anda menunjukan gejala kebocoran sebaiknya segera atasi masalah tersebut agar tidak sampai menjadi masalah yang cukup serius nantinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *