Waduh, Xiaomi Jadi Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

quota.IDWaduh, Xiaomi Jadi Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi – Smartphone saat ini menjadi perangkat yang dimiliki hampir setiap orang guna menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Dalam memilih smartphone, mayoritas pengguna akan mempertimbangkan spesifikasi ponsel, mulai dari RAM, Chipset atau fitur kameranya.

Namun, tak banyak dari para pengguna yang memperhatikan tingkat radiasi yang di pancarkan oleh smartphone ketika berniat untuk meminang samrtphone baru.

Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Kantor Federal Jerman, mereka telah melakukan penelitian guna menemukan perangkat smartphone mana saja yang memancarkan radiasi maksimum dan juga yang paling sedikit dalam memaparkan radiasi.

Baca Juga :  Sering Lakukan Ini Saat Masih Muda, Bisa Cegah Alzheimer Saat Tua

Dari data yang dihimpun oleh Statista, ternyata di temukan fakta bahwa perangkat smartphone buatan perusahaan asal Tiongkok, Xiaomi menempati peringkat teratas sebagai perangkat pemancar radiasi tertinggi, di susul oleh OnePlus.

Dalam laporan yang lebih detail, disebutkan bahwa smartphone dari pabarikan Xiaomi dan OnePlus diketahui yang memancarkan radiasi paling maksimum.

Ini merupakan perangkat yang paling banyak digunakan dan disukai di kelas menengah.

Tipe smartphone Xiaomi Mi A1, merupakan varian smartphone Xiaomi yang memancarkan radiasi maksimal. Sementara OnePlus 5T berada di posisi kedua. Xiaomi Mi Max 3 dan OnePlus 6T menduduki perangkat dengan radiasi tinggi di posisi ke tiga dan empat.

 

Dari 16 ponsel dalam daftar yang dihimpun oleh Statista, diketahui bahwa Xiaomi dan OnePlus memiliki delapan varian perangkat yang tercatat sebagai ponsel yang memancarkan radiasi tertinggi.

Baca Juga :  Apa Perbedaan Libra dan Bitcoin, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Tak hanya Xiaomi dan OnePlus, beberapa merk lain seperti HTC, Google, Apple, Sony, dan ZTE juga tercatat memiliki perangkat dengan radiasi tinggi, termasuk salah satunya adalah smartphone kelas premium keluaran Apple.

Secara khusus, varian iPhone 7 dan iPhone 8 merupakan perangkat dengan Specific Absorption Rate (SAR) masing-masing 1,3 Wk dan 1,32 Wk. Sementara duo Pixel 3 milik Google memiliki nilai SAR masing-masing 1,33 Wk dan 1,39 Wk.

Martin Armstrong, seorang Data Journalist mengatkan “Faktanya kedua perusahaan tersebut terwakili dalam daftar ini, dengan 8 dari 16 handset teratas dibuat oleh salah satunya. Ponsel Apple premium seperti iPhone 7 dan iPhone 8 yang baru dirilis juga ada di sini, seperti halnya handset terbaru Google,”

Baca Juga :  Asus Rilis Laptop Baru, ZenBook Pro Duo dengan Layar Ganda 4K

Dalam pengujian dilakukan tersebut, berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kantor Federal Jerman untuk Radiasi dan Perlindungan, perangkat yang masuk dalam kategori “Aman” ketika penyerapannya di bawah 0,60 Wk.

Sementara itu, pabrikan smartphone asal Korea Selatan, ternyata memiliki perangkat smartphone dengan tingkat radiasi yang paling sedkit.

Misalnya, varian Galaxy Note 8  tercatat sebagai ponsel dengan tingkat penyerapan paling sedikit yakni 0,17 Wk. Perangkat Samsung lainnya yang memiliki tingkat radiasi rendah antaranya Galaxy A8, Galaxy S8+, Galaxy S7 edge, Galaxy S9+, galaxy J6+, Galaxy J4+, dan Galaxy S8.

Tak hanya Samsung, berdasarkan hasil pengujian Motorola juga diketahui memiliki paparan tingkat radiasi yang rendah.

Topic:

Just For You