Stress Ternyata Bisa Picu Timbulnya Penyakit Kanker

quota.ID – Alami stress yang berlebihan akibat beban pekerjaan atau masalah yang tengah di hadapi, menurut penelitan sejumlah ahli kesehatan ternyata bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

Stres kronis yang di hadapi oleh seseorang apabila tak di atasi dengan tepat diketahui memiliki sejumlah dampak negatif pada tubuh.

Dalam sebuah laporan penelitian kesehatan terbaru menyebutkan, bahwa satress kronis ini dapat memicu berkembangnya peradangan dan penyakit kardiometabolik.

Seperti dilansir dari laman Medical Daily, stres yang di alami ini dapat menyebabkan munculnya kanker yang merupakan penyakit yang cukup berbahaya.

Baca Juga :  Hindari Dua Cara Ini Saat Menyeduh Teh Celup, Biar Makin Nikmat

Dalam penelitian yang dilakukan sebelumnya juga menyebutkan bahwa pada jenis penyakit kanker tertentu, stress yang dialami oleh penderita juga dapat mempercepat pertumbuhan dan memperburuk penyakit kanker ini.

Sementara itu, laman National Cancer Institute menyebutkan bahwa dalam sejumlah penelitian ditemukan fakta yang membuktikan bahwa terdapat kaitan langsung antara kanker dan stres.

Shelley Tworoger, associate professor dari the Moffitt Cancer Center in Tampa United States od America , menyebutkan bahwa terdapat sejumlah faktor yang menghubungkan risiko kanker dengan kondisi mental seseorang yang mengalami stress.

Dalam penelitian tersebut di jelaskan bahwa stres kronis ini dapat membuat tubuh mengaktifkan jalur yang membantu produksi hormon stres yang disebut oleh Tworoger tidak baik bagi kondisi kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Jus Kubis, Minuman Alami Untuk Cegah dan Obati Diabetes

Aktivitas tersebut dapat mempengaruhi tubuh dalam hal metabolisme, serta sejumlah hal yang seharusnya melindungi tubuh.

Stres kronis yang dihadai oleh seseorang bisa melemahkan sistem imun tubuh sehingga menyebabkan sel kanker menyebar ke seluruh tubuh karena tak adanya perlindungan alami.

Elisa Bandera, profesor dan kepala bidang Cancer Epidemiology and Health Outcomes di Rutgers Cancer Institute, New Jersey menjelaskan, “Terdapat bukti kuat bahwa stres kronis dapat mempengaruhi risiko kanker dan pertumbuhannya ketika ketahanan tubuh tak ada,” ungkap Elisa

Dari hasil penelitian kesehatan terbaru yang dilakukan oleh Shelley Tworoger bersama dengan timnya ini menemukan fakta bahwa orang yang secara sosial terasing memiliki risiko 1,5 lebih besar mengalami kanker ovarium.

Baca Juga :  Mau Tahu Manfaat Buah Avokad Untuk Kulit, Simak Ulasannya Berikut Ini

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Tworoger tersebut juga di jelaskan, bahwa ketika tingkat stres seorang pasien kanker mengalami penurunan, maka kualitas hidup yang dimilikinya juga akan meningkat.

Karena itu, menurunkan dan mengendalikan stres yang berlebih akibat pekerjaan ataupun masalah lain bisa menjadi cara yang cukup ampuh untuk mencegah munculnya kanker pada seseorang atau setidaknya untuk mengurangi gejala penyakit tersebut.

Selain, itu menjalani pola hidup sehat juga merupakan cara yang cukup efektif untuk terhindar dari serangan penyakit berbahaya seperti kanker ini.

Topic:

Just For You